Penataan Hukum Lingkungan: Studi Kasus Poncan Marine Resort Kota Sibolga

Tulisan Dr.Ir.Hamzah Lubis,SH.,M.Si berjudul “Penataan Hukum Lingkungan: Studi Kasus Poncan Marine Resort Kota Sibolga”, telah dimuat pada  Seminar Nasional Tantangan Pembangunan Berkelanjutan dan Perubahan Iklim di Indonesia , oleh Program Pascasarjana USU - BLHSU, Medan, 2 Juni 2012, hal.156-162 

Hamzah Lubis, Bsc.,Ir.,SH.,M.Si,Dr
*Dewan Daerah Perubahan Iklim Provsu *Mitra Baharai Provsu *Komisi Amdal Provsu
*Komisi Amdal  Medan *Pusat Kajian  Energi Terbarukan-ITM *Jejaring HAM KOMNAS HAM-RI
*KSA XLII/1999 LEMHANNAS *aktifis hukum/ham/lingkungan/pendidikan




5 comments:

  1. NAMA : FERDYANTO ANDREAS PARDEDE
    NIM : 17 202 003
    KELAS : 4M1
    TUGAS : PENGENDALIAN LINGKUNGAN INDUSTRI



    Menurut saya,


    Penataan lingkungan sangatlah penting karena dengan kita menata lingkungan dengan baik maka lingkungan itu sendiri bisa kita jadikan tempat wisata yang sangat mengagumkan bahkan tetengga luar atau bisa di sebut bangsa asing akan datang ke tempat kita hanya untuk melihat pemandangan lingkungan kita yang tertata rapi,aman,nyaman dan asri.
    Akan tetapi jika kita ingin membuat lingkungan kita itu menjadi tempat wisata yang bisa di kagumi oleh khalayak ramai kita harus mempertimbangkan bagian hal apa saja yang akan di rugikan jika kita sudah tau dan menelusuri lebih dalam berikanlah atau buat solusi yang tepat dalam pembuatan tempat wisata tersebut dan bergeraklah secara berurutan agar tidak ada yang dirugikan.
    oleh karena itu,kita butuh hukum yang sangat kondusif untuk menjaga lingkungan kita trsebut agr lingkungan kita itu tetap terjaga dan terkontrol dengan baik agar orang yang ingin merusakkya akan berpikir secara mendalam akibat perbuatan yang di lakukannya.jadi untuk itu marilah kita sama-sama menjaga kelestarian lingkungan kita tersebut.
    sekian dan terima kasih.

    ReplyDelete
  2. Nama:Deby Syahputra
    Nim:17202018(4m1)
    M.kuliah: pengendalian lingkungan industri

    Assalamualaikum wr.wb.

    Pendapat saya,

    Pembangunan poncan marine resort sebagai objek ekosistem belum sepenuhnya baik, karena tidak memperhitungkan keseimbangan , keserasian,kelestarian lingkungan hidup dalam penyusunan rencana tata ruang/penataan ruang.
    Apabila dalam perencanaan tata ruang selalu disatukan dengan pengembangan, sehingga menjadi unsur simpang siur dengan rencana pengembangan.dan penetapan rencana tata ruang lebih banyak di dominasi oleh keputusan politik, sehingga objektivitas terhadap karakteristik wilayah menjadi tidak dapat berjalan dengan bqik.

    Apabila dalam menghadapi otonomi daerah setiap daerah di tuntut untuk meningkatkan pendapatan asli daerah, sehingga setiap upaya pemanfaatan tata ruang di upayakan harus dapat memberikan sumbangan nilai ekonomi bagi daerah.

    Pada penataan di bidang lingkungan hidup oleh para pelaku kegiatan di bidang lingkungan hidup mutlak di perlukan untuk mencegah dampak negatif dari kegiatan yang dilakukan.menurut struktur ketatanegaraan diera otonomi daerah koordinasi pengelolaan lingkungan termasuk peralatan hukum berada ditingkat nasional, provinsi,kabu kabup,dan kota.karena itu di perlukan sama yg baik antara insitusi di tingkat pusat.
    Dqlam hal ini kementerian negara lingkungan hidup dengan bapeda provinsi Utamanya dalam hal penguatan kapasitas di bidang penegakan hukum.

    Wassalamu'alaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  3. Nama : Ramadhan
    Nim : 15202013
    M.k : penelitian lingkungan industri

    Assalamu'alaikum pak Hamzah Lubis
    Menurut saya dinasti pariwisata seharusnya tidak hanya bicara soal penaatan hukum tetapi ada masalah yg sangat sering di jumpai yg juga menjadi faktor kemajuan sebuah destinasi, seperti biasanya permasalahan mainstream dari suatu desa yang memiliki potensi wisata seperti infrastruktur jalan, jembatan, listrik, pipanisasi air, jaringan komunikasi dan lain-lain. Selain itu permasalahan bisa juga bersifat non fisik, tapi bersifat sosial. Misalnya, bisa saja desa yang memiliki potensi keindahan alam namun dari sisi keamanannya kurang. Penanganan permasalahan sosial ini memerlukan pendekatan multidimensi tertentu yang tepat sehingga akan membuat kenyamanan para pengunjung dan memberikan efek kepuasan tersendiri.
    Terimakasih, wassalam mu'alaikum

    ReplyDelete
  4. Nama : Usy boby sinaga
    Nim :17 202 023
    M.k : Penelitian Lingkungan Industri
    Kelas :4m1

    menurut saya dinasti pariwisata tidak hanya membahas tentang sebuah penataan hukum karena sering kita jumpai di lingkungan hidup kemajuan sebuah destinasi.
    Pada penataan di bidang lingkungan hidup oleh para pelaku kegiatan di bidang lingkungan hidup mutlak di perlukan untuk mencegah dampak negatif dari kegiatan yang dilakukan.menurut struktur ketatanegaraan diera otonomi daerah koordinasi pengelolaan lingkungan termasuk peralatan hukum berada ditingkat nasional, provinsi,kabu kabup,dan kota.karena itu di perlukan sama yg baik antara insitusi di tingkat pusat.
    Dqlam hal ini kementerian negara lingkungan hidup dengan bapeda provinsi Utamanya dalam hal penguatan kapasitas di bidang penegakan hukum.

    ReplyDelete
  5. NAMA:DONI FAISAL SINAGA
    NIM :17 202 024
    KLS :4M1
    MATA KULIAH:PENELITIAN LINGKUNGAN INDUSTRI


    Menurut pendapat saya:
    untuk penataan lingkungan sangatlah penting karena dengan kita menata lingkungan kita dengan baik dan bagus,maka lingkungan itu sendiri bisa kita jadikan tempat wisata yang bagus bahkan bisa saja dibuat jadi tempat berkunjung bagi orang orang penting atau bahkan untuk tempat negara negara lain atau negara tetanga bisa di sebut bangsa asing akan datang ke tempat kita hanya untuk melihat pemandangan lingkungan tersebut yang asri,aman,dan nyaman.
    Akan tetapi jika kita ingin membuat lingkungan kita itu menjadi tempat wisata yang bisa di kagumi oleh khalayak ramai kita harus mempertimbangkan bagaimana caranya dan apa saja yang akan di rugikan,kita harus menelusuri terlebih dahulu lebih dalam dan berikanlah pendapat atau buat solusi yang tepat dalam pembuatan tempat wisata tersebut dan bergeraklah secara berurutan agar tidak ada yang dirugikan.
    oleh karena itu,kita butuh hukum yang sangat kondusif untuk menjaga lingkungan kita trsebut agar lingkungan kita itu tetap terjaga dan terkontrol dengan baik agar orang yang ingin merusakkya akan berpikir secara mendalam akibat perbuatan yang dia lakukan atau kita bisa saja buat denda atau hukuman buat orang yang merusaknya.
    Sekian pendapat dari saya

    ReplyDelete