Kolaborasi PW LPBI NU SU Dengan Perusahaan dan PT


KOLABORASI PW LPBI NU-SU  DENGAN PERUSAHAAN DAN PT

            Telah terjadi kolaborasi antara organisasi sosial keagamaan dengan beberapa perusahaan dan perguruan tinggi untuk melaksanakan kegiatan bersama dalam bentuk seminar dan buka puasa. Kolaborasi antara Pimpinan Wilayah Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (PW.LPBI NU) Sumatera Utara perusahaan diantaranya Pertamina Regional-1, PTPN-3, PDAM Tirtanadi, Rahmad Galery. Kolaborasi untuk seminar ketahanan pangan, Rabu, 6 Juni 2018 nanti. Demikian disampaikan Dr.Ir.Hamzah Lubis,SH,M.Si Ketua PW LPBI-NU SU kepada wartawan baru-baru ini.
            Lebih lanjut Hamzah Lubis menjelaskan, kegiatan dimulai dengan Pelantikan Pimpinan Wilayah LPBI Nahdlatul Ulama Sumatera Utara priode 2018-2022, dilanjutkan dengan Seminar Mencari Solusi Ketahanan Pengan Nahdiyyin Dalam Pusaran Kerusakan Lingkungan dan Perubahan Iklim dan buka puasa bersama.
Seminar akan menampilkan 8 orang pemakalah dengan berbagai topik yang berkaitan dengan pangan dan kerusakan lingkungan. Pemakalah adalah Prof.Dr.KH.Saidurrahman,M.Ag /Rektor Universitas Islam Sumatera Utara,  Dr.Khadijah El Ramija Lubis,Spi.,MP/ Kepala BPTP BALITBANGTAN-Sumatera Utara, Prof.Dr.Ir.Abdul Rauf,MP /Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara, Dr.Ir.Hj.Sabrina, M.Si /mantan Staf Ahli Menteri Bidang Pangan KLHK-RI yang telah mendapat penugasan sebagai Sekda Provinsi Sumatera Utara yang juga  Pembina IKA PSL S2/S3 Universitas Sumatera Utara.
Pemakalah dari kalangan internal PW LPBI NU-SU adalah Dr.Ir.Hamzah Lubis,SH.,M.Si/  Tenaga Ahli Lingkungan Balitbang Provinsi Sumut-Anggota Dewan Daerah Perubahan Iklim Provinsi Sumatera Utara yang juga Ketua PW LPBI NU-SU, Prof Dr.Ir.Ilmi Abdullah MSc/Direktur  Kawasan Industri Medan (KIM)/guru besar Institut Teknologi Medan yang juga Wakil Ketua PW LPBI NU-SU, Dr.Said Muzambiq, M.Si/ Ka.Prodi T.Geologi Institut Teknologi Medan (ITM)/Dewan Riset Daerah Sumatera Utara yang juga Wakil Ketua PW LPBI NU-SU dan Dr.Muslim Marpaung, M.Si/ Dosen Politeknik Negeri Medan (Polmed) Wakil Ketua PW LPBI NU-SU.
Seminar nasional ini menurut Dr.Hamzah Lubis dalam upaya mengantisipasi penyempitan lahan pertanian akibat berbagai pembangunan di sektor lainnya serta akibat kerusakan lingkungan. Ia memberi contoh meningkatnya pencemaran gas rumah kaca menyebabkan pemanasan global, berkorelasi dengan  perubahan iklim, curah hujan, bajir, longsor, kenaikan permukaan laut, penyempitan lahan, meningkatnya savana, perubahan pola penyakit tanaman dan lainnya. Karena anggota Nahdlatul Ulama sebagian besar berada di pedesaan sebagai petani dan nelayan, maka seminar ini dilaksanakan sebagai antisipasi, tuturnya.
Permasalahan pangan, salah satunya, ketergantungan akan beras. Ketika 10 tahun Indonesia merdeka (1954) porsi beras dalam memenuhi pangan pokok rnasyarakat hanya 53,5 persen, sisanya dipenuhi dari ubi kayu 22,26 persen, jagung 18,9 persen, dan umbi-umbian 4,99 persen. Tahun 1981, pola konsumsi pangan pokok bergeser drastis. Beras menempati porsi 81,1 persen, ubi kayu 10,02 persen dan jagung 7,82 persen. Pada 1999, konsumsi ubi kayu tinggal 8,83 Persen dan jagung 3,1 persen.  Sedangkan 10 provinsi yang paling banyak mengkonsumsi umbi-umbian adalah: 1. Papua 30,39 persen, 2.Maluku 12,69 persen 3.Papua Barat 9,94 persen 4.Maluku Utara 9,23 persen  5. Sulawesi Tengah 5,10 persen 6.Sulawesi Tenggara 4,47 persen, 7. Nusa Tenggara Timur 3,00 persen  8. Sulawesi Utara 1,53 persen, 9.Jawa Timur 2,28 persen, 10.Lampung 2,27 persen. Inilah salahsatu permasalahan pangan kita, tuturnya.

Kegiatan ini, mendapat dukungan perguruan tinggi dari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), Universitas Nahdlatul Ulama Sumata Utara (UNUSU), Institut Teknologi Medan (ITM). Dukungan dari pemerintah melalui Balai Pengembangan Teknologi Pangan Balitbangtan Sumatera Utara dan dari  MTDA,SD, SMP NU Medan.  
            Bimbingan dan pengarahan atas pelantikan PW LPBI NU-SU priode 2018-2022 serta yang membuka seminar ketahanan pangan ini oleh  Ketua PW Nahdlatul Ulama Sumatera Utara Drs.Kh.Afifiddin Lubis, M.Si. Kegiatan ini direncanakan akan dihadiri utusan Cabang-Cabang NU se Sumatera Utara, PW NU Sumatera Utara, utusan lembaga dan banom NU Sumatera Utara dan warga NU lainnya. (hl)

No comments:

Post a Comment