Pemakalah Nasional Anti Korupsi

Berita berjudul: "Hamzah Lubis, Pemakalah Seminar Nasional Anti Korupsi" adalah press release PW Lakpesdam  NU Sumatera Utara ke harian lokal terbitan Medan, bulan Desember 2011 (Penyunting)



HAMZAH LUBIS:
 PEMAKALAH SEMINAR NASIONAL ANTI KORUPSI


Partnership for Governance Reform dan UNODC dengan dukungan Pemerintah Norwegian melakukan seminar dan lokakarya nasional Orang Kampung Melawan Korupsi, sekaligus meluncurkan buku hasil pelaksanaan program Partnership for Governance Reform dan UNODC bekerjasama dengan 15 (lima belas) mitra dengan judul ”Orang Kampung Melawan Korupsi”. Kegiatan seminar dan lokakarya disertai peluncuran buku ini, yang akan dilaksanakan pada Rabu - Kamis, 21 - 22 Desember 2011 di Hotel Four Season, Jl. HR. Rasuna Said, Jakarta 12920. Pada seminar dan lokakarya disertai peluncuran buku ini, Ketua Lakpesdam NU Sumatera Utara, Ir.Hamzah Lubis, SH, M.Si diundang sebagai pembicara bersama pembicara lain.
Hamzah Lubis, menyampaikan makalahnya yang berdjudul Melahirkan Generasi Jujur melalui Pembinaan dai, pembinaan sekolah diikuti dengan kantin kejujuran.  Dalam makalahnya ia menjelaskan bahwa pendekatan kesejahteraan (kenaikan gaji, renumerasi) dan pendekatan hukum  (polisi, jaksa, hakim) ternyata  telah “gagal” dalam meberantas kosupsi. Masalahnya menurut Hamzah Lubis bukan pada tingkat ekonomi “kesejahteran dan bukan pda masalah “hukum tapi moral “kejujuran” pelaku korupsi. Pada tatan moral ini, menurut Hamzah Lubis, PB.NU telah membentuk Gerakan Nasional Pemberantasan Korupsi. NU telah berkomitmen untuk terlibat dalam upaya pemberantasan korupsi  baik dalam internal organisasi, warganya maupun dalam bermasyarakat. Karenanya pengurus NU di seluruh Indonesia, para ulama dan tokoh NU menyambut dengan suka cita dan mendorong  Gerakan Nasional Pemberantasan Korupsi menjadi jihat agama. (Hl).


No comments:

Post a Comment