Konservasi Ikan Endemik "Terubuk"


   Dr.Ir.Hamzah Lubis,SH.,M.Si
Dosen ITM dan Ketua LPBI NU-SU

Bila anda ke Labuhan Batu, Provinsi Sumatera Utara-Indonesia, singgah dan makan sebuah rumah makan. Anda  mengambil seekor ikan terubuk atau memilih  gulai telur ikan, berapa harganya? Anda memesan 1 batang lemang telur Ikan Terbukuk? Rumah makan dan anda menilainya pasti dibawah Rp.100.000 bahkan dibawah Rp.50.000. Itulah “nilai pasar” dari seekor ikan. Padahal para ahli lingkungan dan aktifis lingkungan menilai seekor ikan bukan berdasarkan harga pasar tapi nilai sumberdaya alamnya dengan metoda valuasi ekonomi. Nilai valuasi ekonomi bisa ratusan  kali dari nilai ekonominya.
Sumberdaya alam adalah aset (natural asset) selain menyediakan barang yang dapat dimanfaatkan  secara langsung, juga menghasilkan jasa yang tidak bisa dinilai melalui mekanisme pasar. Jasa sumberdya alam dapat dianalisis berdasarkan pemanfaatan dan derajat barang.          Nilai pasar sumberdaya alam adalah nilai konsumsi atau pemanfaatan sumberdaya alam  dilakukan. Misalnya sumberdaya ikan  dapat  dimanfaatkan untuk menghasilkan produksi, ikan  dijual ke pasar (marketable output) atau  sumberdaya ikan dimanfaatkan untuk rekreasi.

Price tag  SDA
Ketika sumberdaya ikan dimanfaatkan untuk rekreasi, maka  outputnya berbeda. Nilai sumberdaya ikan, bukan lagi  sebatas ikan yang dijual dalam bentuk uang, tapi kepuasan rekreasi yang tidak terukur dengan uang (pasar). Penilaian harga sumberdaya alam sepeti ini disebut “ valuasi ekonomi”.
            Derajat sifat barang publik  dari sumberdaya alam, adalah kendali  terhadap akses sumberdaya . Misalnya pemanfaatan jasa oleh suatu pihak akan mempengaruhi pemanfaatan oleh pihak lain? Ketiadaan kendali terhadap akses sumberdaya tidak berarti  bahwa semua pihak akan menilai sumberdaya dengan penilaian yang sama.
Barang dan jasa yang dihasilkan dari sumberdaya alam memberikan manfaat baik langsung maupun tidak langsung bagi kebutuhan manusia. Manfaat langsung dapat berupa komoditas maupun jasa yang dapat dkonsumsi langsung oleh manusia. Manfaat tidak langsung dapat berupa manfaat dari fungsi-fungsi ekologis yang dihasilkan dari sumberdaya alam. Misalnya pencegah banjir, penjaga keseimbangan ekosistem, penyediaan keanekaragamanan hayati dan lainnya. Sumerdaya alam memilik nilai yang tinggi baik nilai ekonomis maupun nilai ekologis bagi kelangsungan hidup manusia.
Secara formal konsep ini disebut sebagai keinginan untuk membayar (willingness to pay) seeorang terhadap barang dan jasa yang dihasilkan oleh sumberdaya alam dan lingkungan. Dengan menggunakan pengukuran ini, nilai ekologis dari ekosistem bisa di “terjemahkan” ke dalam bahasa ekonomi dengan mengukur nilai moneter dari barang dan jasa. Sebagai contoh, jika ekosistem mengalami kerusakan akibat polusi, maka nilai yang hilang akibat degradasi lingkungan dapat diukur dari keinginan seseroang untuk membayar agar lingkungan tersebut kembali ke aslinya atau mendekati bentuk aslinya.
Memang benar diakui, ada kelemahan dalam pengukuran  keinginan membayar ini. Misalnya, meskipun sebagian barang dan jasa yang dihasilkan dari sumberdaya alam dapat  diukur nilainya karena diperdagangkan  sebagian lagi seperti keindahan pantai atau laut, kebersihan, keaslian alam tidak diperdagangkan sehingga tidak atau sulit diketahui  nilainya karena masyarakat tidak membayarnya secara langsung.
 Selain itu, karena masyarakat tidak familier dengan cara jasa seperti ini, keinginan membayar mereka juga sulit diketahui. Walaupun demikian, dalam pengukuran nilai sumberdaya alam, tidak selalu bahwa nilai tersebut diperdagangkan untuk mengukur nilai moneternya. Yang diperlukan disini adalah pengukuran seberapa besar keinginan  kemampuan membayar (purchasing power) masyarakat untuk memperoleh barang dan jasa dari sumberdaya. Sebaliknya bisa pula diukur dari sisi lain, yakni  seberapa besar masyarakat harus diberikan konpensasi  untuk menerima pengorbanan atas hilangnya barang dan jasa dari sumberdaya alam dan lingkungan.
Pengertian nilai (value) khususnya yang menyangkut barang dan jasa  yang dihasilkan oleh sumberdaya alam dan lingkungan memang bisa saja berbeda bila dipandang dari perspektif berbeda. Sebagai contoh, dari sisi ekologi misalnya nilai dari satu kawaasan lindung bisa berarti pentingnya kawasan tersebut sebagai tempat produksi  bagi speseies ikan tertentu atau fungsi ekologis lainnya. Dari sisi konservasi kawasan lindung memiliki arti bagi pelestarian keanekaragaman hayati serta perlindungan spesies tertentu. Perbedaan mengenai konsep nilai tersebut tentu saja akan menyulitkan dalam memahami pentingnya suatu ekosistem.

Ikan Terubuk
Para ahli ekonomi sumberdaya alam dan aktifis lingkungan, menilai seekor ikan  sebagai produk sumberdaya alam dengan nilai sumberdaya alam.  Salahsatu alat ukur yang mudah dengan memberikan harga  “price tag” terhadap sumberdaya alam.        Secara umum nilai ekonomi sumberdaya alam didefenisikan sebagai pengukuran jumlah maksimum seseorang ingin mengorbankan barang dan jasa untuk memperoleh barang dan jasa lainnya.
Ikan Terubuk (Tenualosa ilisha) adalah ikan dengan Kelas Actinopterygii, Ordo Clupeiformes, Famili Clupeidae, Genus Tenualosa, Spesies Tenualosa ilisha dengan nama lokal Ikan Terubuk atau Pias.  Ciri umum ikan Terubuk: 1. Tubuh umumnya memanjang ramping (streamline), 2. Memiliki tapis insang (gill raker), 3. Badan polos (tidak ditemukan bintik hitam di sepanjang tubuhnya), 4. Sirip ekor panjang dan merucing, 5. Panjang tubuh maksimum ltotctllength) 72 cm dan 6. Tubuh berwarna  keperakan. Habitat Penyebaran di Indonesia, ikan Terubuk dewasa hidup di perairan laut dan melakukan  ruaya pemijahan ke perairan tawar dj Daerah Aliran sungai Barumun, Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi sumatera utara.

Konservasi Ikan Terubuk
Ikan Terbuk perlu dijaga keberadaan dan ketersediaannya, agar  Ikan   pada habitat  alaminya di perairan Kabupaten Labuhanbatu tetap tersedua dan lestari. Salah satu upaya yang terbaik dilakukan dengan melakukan konservasi Ikan Teruruk . Melalui bergai kajian dan usulan konservasi Ikan Terbuk, maka Pemerintah telah menetapkan konservasi Ikan Terubuk di Sungai dan anak sungai Barumun, Sumatera Utara.
 Melalui Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Nomor 34/KEPMEN-KP/2016 tertanggal 2 Agustus 2016, pemerintah menetapkan Status Perlindungan Terbatas Ikan Terubuk  sebagai jenis ikan yang dilindungi. Sebagai perlindungan terbatas, maka perlindungan Ikan Terubuk dilakukan untuk periode waktu dan wilayah sebaran tertentu. Perlindungan terbatas untuk wilayah sebaran tertentu, yaitu sepanjang jalur ruaya pemijahan Ikan Terubuk di Daerah Aliran Sungai Barumun- dengan peta dan titik koordinat yang telah ditetapkan.
Perlindungan terbatas untuk periode waktu tertentu meliputi larangan penangkapan Ikan Terubuk saat pemijahan selama 6 (enam) hari saat peralihan bulan gelap ke bulan terang (tanggal 5 sampai dengan tanggal 10 kalender hijriah) pada bulan  Januari sampai  dengan bulanApril setiap tahunnya. Demikian juga larangan penangkapan Ikan Terubuk saat  pemijahan selama 6 (enam) hari saat peralihan bulan terang ke bulan gelap (tanggal 20 sampai dengan tanggal 25 bulan hijriah) pada bulan Januaari simpai dengan bulan April setiap tahunnya.
Perindungan terbatas Ikan Terubuk ini berlaku sepernuhnya, dengan pengecualian terhadap ketentuan perlindungan terbatas diperbolehkan untuk kegiatan  penelitian dan pengembangan. Perlindungan terbatas untuk wilayah sebaran tertentu, yaitu sepanjang jalur ruaya pemijahan Ikan Terubuk di Daerah Aliran Sungai Barumun.
            Semoga dengan penetapan Kawan Perlindungan Terbatas  Ikan Terbuk, akan menjaga kelestarian Ikan Terbuk di Labuhan Batu, Sumatera Utara. Diharapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama, Pemerintah Provinsi mengusulkan Perlindungan Terbatas untuk Ikan Batak di Sungai Asahan, perlindungan Penyu di Sorkam, perlindungan Tiram di Tapian Nauli Kabupaten Tapanuli Tengah dan Kerang Anak Dara di Asahan. Dengan demikian, tidak akan ada biota endemik dan dilindungi yang akan akan punah di Sumatera Utara. Setuju, kan....

Tulisan ini telah dimuat pada Surat Kabar Perestasi Reformasi di Medan, Indonesia, Nomor 542, tanggal 6 Agustus 2018, halaman 6, kolom 1-7



CONSERVATION OF "MIXED" ENDEMIC FISH

Dr.Ir.Hamzah Lubis, SH., M.Sc.
ITM lecturer and LPBI Chairman NU-SU

If you go to Labuhan Batu, North Sumatra-Indonesia Province, stop by and eat a restaurant. You take a crushed fish or choose fish egg curry, how much is it? Do you order 1 stick of Lemang Telur Bench Fish? The restaurant and you judge it must be under Rp.100,000 even below Rp.50,000. That is the "market value" of a fish. Whereas environmentalists and environmental activists assess a fish not based on market prices but the value of its natural resources by economic valuation methods. Economic valuation values ​​can be hundreds of times the economic value.
Natural resources are assets (natural assets) besides providing goods that can be used directly, also producing services that cannot be assessed through market mechanisms. Natural resource services can be analyzed based on the use and degree of goods. The value of the natural resource market is the value of consumption or use of natural resources. For example fish resources can be used to produce production, fish are sold to the market (marketable output) or fish resources are used for recreation.

Price tag Natural Resources
When fish resources are used for recreation, the output is different. Value of fish resources, no longer limited to fish sold in the form of money, but recreational satisfaction that is not measured by money (market). Assessment of natural resource prices is called "economic valuation".
The degree of the nature of public goods from natural resources is the control of access to resources. For example, the use of services by a party will affect the utilization by others? The lack of control over access to resources does not mean that all parties will assess resources with the same assessment.
Goods and services produced from natural resources provide benefits both directly and indirectly for human needs. Direct benefits can be in the form of commodities or services that can be consumed directly by humans. Indirect benefits can be in the form of benefits from ecological functions generated from natural resources. For example prevention of flooding, guarding ecosystem balance, providing biodiversity and others. Sumerdaya alam has a high value both economic value and ecological value for human survival.
Formally this concept is referred to as the desire to pay (willingness to pay) someone to the goods and services produced by natural resources and the environment. By using this measurement, the ecological value of the ecosystem can be "translated" into the language of the economy by measuring the monetary value of goods and services. For example, if the ecosystem is damaged by pollution, the value lost due to environmental degradation can be measured by the desire of an individual to pay for the environment to return to its original or close to its original form.
It is true that there are weaknesses in measuring this willingness to pay. For example, even though some of the goods and services produced from natural resources can be measured because they are traded in part, such as the beauty of the beach or sea, cleanliness, the authenticity of nature is not traded, so it is not difficult to know its value because the people do not pay it directly.
In addition, because people are not familiar with this type of service, their willingness to pay is also difficult to know. However, in measuring the value of natural resources, it is not always that the value is traded to measure its monetary value. What is needed here is a measurement of how much you want the ability to pay (purchasing power) of the community to obtain goods and services from resources. Conversely, it can also be measured from the other side, namely how much the community must be compensated to receive sacrifices for the loss of goods and services from natural resources and the environment.
Understanding values, especially those concerning goods and services produced by natural resources and the environment, can indeed be different if viewed from a different perspective. For example, in terms of ecology, for example the value of one protected area can mean the importance of the area as a production place for certain fish species or other ecological functions. In terms of conservation protected areas have meaning for the preservation of biodiversity and the protection of certain species. The difference regarding the concept of value will certainly make it difficult to understand the importance of an ecosystem.

Broken Fish
Natural resource economists and environmental activists, assess a fish as a natural resource product with the value of natural resources. One of the easy measuring tools is by giving a price tag to natural resources. In general the economic value of natural resources is defined as the measurement of the maximum number of people wanting to sacrifice goods and services to obtain other goods and services.
Terubuk Fish (Tenualosa ilisha) are fish with Class of Actinopterygii, Order Clupeiformes, Family Clupeidae, Genus Tenualosa, Species of Tenualosa ilisha with the local name of Terubuk Fish or Pias. Characteristics of Terubuk fish: 1. The body generally extends slender (streamlined), 2. Has gill filter (gill raker), 3. Plain body (no black spots found along its body), 4. Long and curing tail fin, 5. Length maximum body ltotctllength) 72 cm and 6. silvery body. Distribution Habitats in Indonesia, Adult Broken fish live in marine waters and perform spawning to freshwater in the Barumun River Basin, Labuhanbatu Regency, North Sumatra Province.

Broken Fish Conservation
Opened fish need to be maintained their existence and availability, so that fish in their natural habitat in the waters of Labuhanbatu Regency remain available and sustainable. One of the best efforts is done by conserving the Worst Fish. Through socializing studies and conservation proposals for Opened Fish, the Government has determined the conservation of Terukuk Fish in the River and Barumun tributaries, North Sumatra.
 Through the Decree of the Minister of Maritime Affairs and Fisheries of the Republic of Indonesia Number 34 / KEPMEN-KP / 2016 dated August 2, 2016, the government determined the Limited Protection Status of Terubuk Fish as protected fish species. As limited protection, the protection of the Teruk Fish is carried out for a certain period of time and area. Protection is limited to certain areas of distribution, namely along the spawning paths of Broken Fish in the Barumun River Basin - with maps and coordinates that have been set.
Limited protection for a certain period of time includes the prohibition on catching Teruk Fish during spawning for 6 (six) days during the transition from the dark to the bright moon (the 5th to the 10th of the hijri calendar) in January to April every year. Likewise, the prohibition on catching Teruk Fish during spawning for 6 (six) days during the transition of the bright moon to the dark moon (the 20th to the 25th of the hijri month) in January the hoop with April each year.
Limited protection of the Teruk Fish is fully applicable, with the exception of the limited protection provisions allowed for research and development activities. Protection is limited to certain areas of distribution, that is, along the spawning path of Broken Fish in the Barumun River Basin.
Hopefully with the determination of the Friend of Limited Protection of the Opened Fish, it will maintain the sustainability of the Opened Fish in Labuhan Batu, North Sumatra. It is expected that in the not too distant future, the Provincial Government proposes Limited Protection for Batak Fish in the Asahan River, protection of turtles in Sorkam, protection of oysters in Tapian Nauli, Central Tapanuli District and Kerang Anak Dara in Asahan. Thus, there will be no endemic and protected biota that will become extinct in North Sumatra. Agree, right ...

This article has been published in the Reformation Perestation Newspaper in Medan, Indonesia, Number 542, August 6, 2018, page 6, column 1-7







64 comments:

  1. Nama:candra.z.sibarani
    Nim:17202013
    Jurusan:teknik mesin
    M.kuliah :pengendalian limbah industri

    Menurut saya,

    Sumberdaya alam adalah aset (natural asset) selain menyediakan barang yang dapat dimanfaatkan secara langsung, juga menghasilkan jasa yang tidak bisa dinilai melalui mekanisme pasar. Jasa sumberdya alam dapat dianalisis berdasarkan pemanfaatan dan derajat barang. Nilai pasar sumberdaya alam adalah nilai konsumsi atau pemanfaatan sumberdaya alam dilakukan. Misalnya sumberdaya ikan dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan produksi, ikan dijual ke pasar (marketable output) atau sumberdaya ikan dimanfaatkan untuk rekreasi.
    Ketika sumberdaya ikan dimanfaatkan untuk rekreasi, maka outputnya berbeda. Nilai sumberdaya ikan, bukan lagi sebatas ikan yang dijual dalam bentuk uang, tapi kepuasan rekreasi yang tidak terukur dengan uang (pasar). Penilaian harga sumberdaya alam sepeti ini disebut “ valuasi ekonomi”.
    Derajat sifat barang publik dari sumberdaya alam, adalah kendali terhadap akses sumberdaya . Misalnya pemanfaatan jasa oleh suatu pihak akan mempengaruhi pemanfaatan oleh pihak lain? Ketiadaan kendali terhadap akses sumberdaya tidak berarti bahwa semua pihak akan menilai sumberdaya dengan penilaian yang sama.
    Barang dan jasa yang dihasilkan dari sumberdaya alam memberikan manfaat baik langsung maupun tidak langsung bagi kebutuhan manusia. Manfaat langsung dapat berupa komoditas maupun jasa yang dapat dkonsumsi langsung oleh manusia. Manfaat tidak langsung dapat berupa manfaat dari fungsi-fungsi ekologis yang dihasilkan dari sumberdaya alam. Misalnya pencegah banjir, penjaga keseimbangan ekosistem, penyediaan keanekaragamanan hayati dan lainnya. Sumerdaya alam memilik nilai yang tinggi baik nilai ekonomis maupun nilai ekologis bagi kelangsungan hidup manusia.

    ReplyDelete
  2. Nama : Zunedi Marbun
    Nim : 17202181
    Mata kuliah : Pengendalian Lingkungan Industri



    Konservasi ikan Terubuk

    Ikan Terubuk (Tenualosa macrura danTenualosa ilisha) merupakan jenis sumberdaya ikan yang dapat diperbaharui, apabila dimanfaatkan secara lestari maka dapat menjadi sumber pendapatan bagi generasi saat ini dan generasi yang akan datang.
    Aktivitas penangkapan Ikan Terubuk sudah berlangsung sejak tahun 1960-an, dan masih terus berlangsung sampai dengan saat ini. Apabila dibandingkan dengan periode tahun 1960-an, saat ini populasi Ikan Terubuk sudah jauh mengalami penurunan dan sudah semakin sulit ditangkap. Penurunan populasi ini disebabkan karena penangkapan Ikan Terubuk pada saat sedang melakukan ruaya memijah untuk diambil telurnya dan diperjualbelikan dengan harga yang tinggi. 
    Selain kegiatan penangkapan, pencemaran yang terjadi di sepanjang Daerah Aliran Sungai juga turut memberikan andil yang besar bagi kelestarian Ikan Terubuk .
    Pemerintah daerah dan masyarakat pada dasarnya menyadari bahwa saat ini populasi Ikan Terubuk sudah jauh mengalami penurunan dan memerlukan Iangkah-Iangkah antisipatif untuk menghindari ancaman kepunahan. Dengan dasar-dasar pertimbangan di atas, upaya pengelolaan Ikan Terubuk diarahkan pada upaya pemanfaatan yang lestari, yaitu pemanfaatan yang berimbang dengan upaya perlindungan dan pelestarian sehíngga sumberdaya Ikan Terubuk dapat tetap lestari untuk dapat dimanfaatkan oleh generasi sekarang dan generasi yang akan datang .
    Konservasi Ikan Terubuk pada dasarnya merupakan sasaran jangka panjang yang ideal untuk dapat dicapai di masa yang akan datang. Dari visi diatas tergambar bahwa perlunya upaya agar sumberdaya Ikan Terubuk tetap dapat dijaga keberadaannya, dan dapat tersedia untuk dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan sebagai sumber penghidupan masyarakat generasi sekarang dan generasi yang akan datang.Untuk dapat menjaga kelestarian dan keberadaan Ikan tersebut diperlukan berbagai upaya yang saling sinergis, mulai dari pengaturan kegiatan penangkapan sampai dengan upaya menciptakan kondisi perairan yang dapat mendukung kehidupan Ikan Terubuk.

    ReplyDelete
  3. Nama:Pandu Pradana
    Nim:16202041
    XPLI EXTENTION
    Jurusan teknik mesin

    Menurut pendapat saya:
    Ikan terubuk adalah ikan yang hidup di sungai barumun labuhan batu,sumatera utara.Populasi dari ikan terubuk ini harus tetap dijaga dengan berbagai cara agar ikan terubuk tidak punah dan dapat tetap tumbuh di perairan sumatera utara.Ikan jenis air tawar ini harus di kembang biakkan di perairan tawar di sekitar sungai barumun,agar menjadi sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar.Sanksi yang tegas juga harus diberikan bagi siapa yang merusak ataupun melakukan penangkapan di waktu yang telah ditetapkan.Sungai barumun juga harus dijaga kelestariannya dan jangan sampai tercemar karena dapat mengganggu populasi ikan terubuk yang ada disana.

    ReplyDelete
  4. Nama:Joshua Andreano Telaumbanua
    Nim:16202174
    XPLI EXTENTION
    Jurusan Teknik Mesin

    Menurut Pendapat Saya :
    Ikan terubuk adalah sumber daya ikan yang harus dijaga dan diperbaharui kelestariannya supaya tidak punah. Apabila terus menerus nelayan menangkap ikan terubuk semakin lama ikan terubuk akan punah dan akan mengalami penurunan.
    Pemerintah sekarang sudah menyadari bahwa ikan terubuk makin lama populasi sulit ditemukan dan sangat langkah maka pemerintah harus menghindari ancaman kepunahan ikan terubuk dengan bertindak tegas kepada yang menangkap dan memperjualbelikan ikan terubuk. Seperti sekarang Pemerintah sudah mengeluarkan keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Nomor 34/KEPMEN-KP/2016 tanggal 2 Agustus 2016 tentang Penetapan Status Perlindungan Terbatas Jenis Ikan Terubuk (Tenualosa Macrura ) supaya bertujuan menjaga populasi yang semakin menurun dan menjadi populasi kelestariannya menjadi meningkat, ikan terubuk mengalami penurunan populasinya disebabkan karena aktivitas penangkapan yang dilakukan pada saat ikan terubuk melakukan pemijahan, dengan tujuan mengambil telurnya, karena telur ikan terubuk mempunyai nilai jual yang tinggi. Dengan dikeluarakan Pemertintah keputusan Penetapan Status Perlindungan Terbatas Jenis Ikan Terubuk (Tenualosa Macrura ) dapat menjaga kelestarian ikan terubuk supaya tidak punah.

    ReplyDelete
  5. Meningkatnya kebutuhan manusia dan tekanan terhadap Iingkungan khususnya sumberdaya hayati laut, mengakibatkan terjadinya penurunan popuIasi beberapa biota perairan. Hal tersebut menyebabkan beberapa biota perairan menjadi Iangka dan terancam punah. Salah satu biota perairan yang terancam punah yang dimaksud di antaranya adalah Ikan Terubuk (Tenualosa macrura dan Tenualosa ilisha) yang berada di perairan Bengkalis, Riau dan Labuhanbatu, Sumatera Utara, dimana merupakan dua pesies dari lima spesies terubuk yang ada di dunia. Dalam rangka Konservasi Ikan Terubuk, Kementerian Kelautan dan Perikanan telah menetapkan ikan tersebut sebagai jenis ikan yang dilindungi secara terbatas, melalui Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor Per.59/Men/2011 tentang Penetapan Status Perlindungan Terbatas Ikan Terubuk (Tenualosa macrura) dan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 43/KEPMEN-KP/2016 tentang Penetapan Status Perlindungan Terbatas Ikan Terubuk (Tenualosa ilisha). Walaupun demikian, upaya konservasi jenis Ikan Terubuk tidaklah cukup hanya dengan menetapkan status perlindungannya, diperlukan upaya pengelolaan perikanan Ikan Terubuk yang berkelanjutan. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi dan rencana aksi pengelolaan konservasi Ikan Terubuk di Indonesia. Dengan adanya strategi dan rencana aksi pengelolaan Ikan Terubuk di Indonesia ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi para stakeholder terkait untuk menentukan prioritas kegiatan konservasi, serta merancang program yang selaras dengan kebutuhan menjaga keberlanjutan populasi Ikan Terubuk dan habitatnya, sehingga kondisi Ikan Terubuk di alam menjadi Iebih baik dalam 5 tahun mendatang.

    Nama:samuel siregar
    Nim:17202166
    Kls:4m4
    Jurusan:teknik mesin

    ReplyDelete
  6. Nama : David J. H. Simarmata
    Nim : 18202076
    Jurusan : Teknik Mesin
    M.Kuliah : Pengendalian Lingkungan Industri

    Menurut pendapat saya,
    Ikan Terubuk adalah ikan yang memiliki habitat hidup di perairan laut dan melakukan ruaya pemijahan ke perairan tawar di daerah aliran sungai Barumun, Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara. Ikan Terubuk ini harus dijaga kelestarian hidupnya di habitat alaminya di perairan Kabupaten Labuhanbatu.
    Seperti yang ditulis Dr.Ir.Hamzah Lubis, SH., M.Si dengan pembahasan:”Konservasi Ikan Endemik Terubuk” ini, saya sangat setuju seperti apa yang tertulis dalam tulisan beliau tersebut. Peraturan pemerintah yang mengatur penangkapan ikan dalam waktu dan wilayah sebaran tertentu bisa membantu terjaganya populasi Ikan Terubuk yang ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama : Jeffrey Pebryan Anderson
      NIM : 18202143
      Mata Kuliah : PLI
      EXTENTION

      Pendapat saya sangat setuju dengan komentar teman saya ini, bahwa populasi ikan terubuk sangat perlu dijaga bahwa penangkapan bebas oleh ikan tersebut dapat mengurangi populasi ikan tersebut, dan juga dapat merusak ekosistemnya. dengan terjadinya pengurangan ekosistem ikan tersebut juga memiliki dampak besar terhadap penghasilan masyarakat sekitar juga nantinya.

      Delete
  7. Nama : Jeffrey Pebryan Anderson
    NIM : 18202143
    XPLI EXTENTION
    Jurusan Teknik Mesin

    Menurut pendapat saya
    Seperti kita ketahui bahwa habitat ikan terubuk hidup di perariran laut yang bermigrasi ke perairan tawar yang sekarang di daerah aliran air sungai Barumun, Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara, dan menjadi salah satu tempat wisatawan menjadi khas dengan masakan ikan terubuknya. dengan harga tersebut ikan itu dapat dijangkau oleh kalangan apa saja, namun dalam hal tersebut kita juga perlu untuk membudidayakan ikan tersebut, tidak hanya untuk di tangkap dan di perjual belikan saja. lama kelamaan akan menjadi kepunahan ikan tersebut.
    Saya setuju dengan tulisan oleh bapak Dr.Ir.Hamzah Lubis, SH., M.Si dimana dia memperjuangkan dengan adanya "Konservasi Ikan Terubuk" tersebut dengan cara pemerintah yang mengatur penangkapan ikan dalam waktu dan wilayah sebaran tertentu dapat menjaga perkembangan dan habitat aslinya serta populasi ikan tersebut tidak berkurang. sehingga masyarakat Labuhanbatu dapat penghasilan dari ikan tersebut.

    ReplyDelete
  8. NAMA:BERLIN PADANG
    NIM:17202029
    KELAS:4M1
    JURUSAN:TEKNIK MESIN
    M.KULIAH:PENGENDALIAN LIMBAH INDUSTRI (PLI)

    Menurut pendapat saya,

    Pada bahagian ini seperti yang kita ketahui dan yang kita lihat bahwasnya kebutuhan manusia terhadap ikan setiap waktu akan mengalami peningkatan.
    dan kita tau juga seiring meningkatnya kebutuhan tersebut maka kita harus mempertimbangkan akan regenerasi dari ikan tersebut dengan kebutuhan manusia.
    tentunya agar berlangsung dengan sesuai yang di inginkan maka harus perlu yang namanya keseimbangan .

    Begitu juga dengan kebutuhan manusia akan ikan terubuk , seperti yang kita ketahui bahwa harga jual ikan terubuk pada saat ini memang tidak terlalu mahal kita jumpai dipasaran
    masih bisa terjangkau oleh semua lapisan masyarakat

    hal ini lah yang menjadi kekhawatiran bahkan sebagai ancaman bagi ikan terubuk yang apabila perkembang biakan ikan terubuk tersebut tidak diperdulikan, maka kemungkinan besar ikan terubuk akan mengalami yang namanya kepunahan.

    Ikan Terbuk perlu dijaga keberadaan dan ketersediaannya, agar Ikan pada habitat alaminya di perairan Kabupaten Labuhanbatu tetap tersedia dan lestari. Salah satu upaya yang terbaik dilakukan dengan melakukan konservasi Ikan Teruruk . Melalui bergai kajian dan usulan konservasi Ikan Terbuk, maka sangat berterimakasih kepada Pemerintah yang telah menetapkan konservasi Ikan Terubuk di Sungai dan anak sungai Barumun, Sumatera Utara.
    dan berterimakasih juga kepada setiap orang yang telah peduli akan kelestarian ikan terubuk tersebut.
    semoga ikan terubuk tidak mengalami kepunahan.

    sekian dan terimakasih.

    ReplyDelete
  9. Nama : Hery Boston Panjaitan
    Nim : 17202184
    Jurusan : Teknik Mesin
    MK : Pengendalian Lingkungan Industri

    Menurut pendapat saya,
    Sumberdaya alam adalah aset (natural asset) selain menyediakan barang yang dapat dimanfaatkan secara langsung, juga menghasilkan jasa yang tidak bisa dinilai melalui mekanisme pasar. Jasa sumberdya alam dapat dianalisis berdasarkan pemanfaatan dan derajat barang. Nilai pasar sumberdaya alam adalah nilai konsumsi atau pemanfaatan sumberdaya alam dilakukan. Misalnya sumberdaya ikan dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan produksi, ikan dijual ke pasar (marketable output) atau sumberdaya ikan dimanfaatkan untuk rekreasi.
    Ketika sumberdaya ikan dimanfaatkan untuk rekreasi, maka outputnya berbeda. Nilai sumberdaya ikan, bukan lagi sebatas ikan yang dijual dalam bentuk uang, tapi kepuasan rekreasi yang tidak terukur dengan uang (pasar). Penilaian harga sumberdaya alam sepeti ini disebut “ valuasi ekonomi”.
    Derajat sifat barang publik dari sumberdaya alam, adalah kendali terhadap akses sumberdaya . Misalnya pemanfaatan jasa oleh suatu pihak akan mempengaruhi pemanfaatan oleh pihak lain? Ketiadaan kendali terhadap akses sumberdaya tidak berarti bahwa semua pihak akan menilai sumberdaya dengan penilaian yang sama.
    Barang dan jasa yang dihasilkan dari sumberdaya alam memberikan manfaat baik langsung maupun tidak langsung bagi kebutuhan manusia. Manfaat langsung dapat berupa komoditas maupun jasa yang dapat dkonsumsi langsung oleh manusia. Manfaat tidak langsung dapat berupa manfaat dari fungsi-fungsi ekologis yang dihasilkan dari sumberdaya alam. Misalnya pencegah banjir, penjaga keseimbangan ekosistem, penyediaan keanekaragamanan hayati dan lainnya. Sumerdaya alam memilik nilai yang tinggi baik nilai ekonomis maupun nilai ekologis bagi kelangsungan hidup manusia.

    ReplyDelete
  10. Nama :DHIMAS KURNIAWAN
    Nim :17202196
    Jurusan :Teknik Mesin
    Mata Kuliah :Pengendalian Lingkungan Industri

    Menurut saya

    Ikan terubuk ini adalah kuliner yang lumayan diminati khususnya di labuhan batu,mulai dari ikan sampai telurnya pun banyak yang menyukai,ikan terubuk ini adalah sumberdaya yang dapat diperbaharui maka sangat disayangkan jika tidak ada budidaya atau semacamnya untuk mencegah kepunahannya dikarenakan telurnya pun disukai para pencinta ikan ini,untuk budidaya ikan ini haruslah ada campur tangan pemerintah mengsosialisasikan kepada masyarakat cara budidaya yang baik terhadap ikan ini agar tidak punah,tidak hanya ikan terubuk ini banyak lagi sumberdaya kita yang harus kita jaga,kita lestarikan bersama.

    ReplyDelete
  11. Nama :Rizki Norman
    Nim :16202158
    Xpli :Extention
    Jurusan:Teknik Mesin

    Assalamualaikum warahmatullahi wr.wb

    Menurut pendapat saya:

    Ikan terubuk perlu di jaga keberadaan dan ketersediaannya,agar Ikan pada habitat alaminya di perairan kabupaten Labuhan Batu tetap tersedia dan lestari.Salah satu upaya yang terbaik di lakukan dengan melakukan konservasi Ikan Terubuk.Melalui berbagai kajian dan usaha konservasi Ikan Terubuk,Maka pemerintah telah menetapkan konservasi Ikan Terubuk di sungai dan anak sungai Barumun,Suma Suma Utara.Melalui keputusan menteri kelautan dan perikanan,pemerintah menetapkan status perlindungan terbatas Ikan Terubuk sebagai jenis ikan yang di lindungi.perlindungan terbatas untuk periode waktu tertentu meliputi larangan penangkapan Ikan Terubuk saat pemijahan selama 6(enam)hari saat peralihan bulan gelap ke bulan terang(tanggal 5 sampai dengan tanggal 10 kalender Hijriyah)pada bulan Januari sampai dengan bulan April setiap tahunnya.Semoga dengan penetapan kawasan perlindungan terbatas Ikan Terubuk,akan menjaga KELESTARIAN IKAN TERUBUK di labuhan batu Sumatra Utara agar supaya tidak punah.

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. NAMA : FERDYANTO ANDREAS PARDEDE
    NIM : 17 202 003
    KELAS: 4M1
    TUGAS: PENGENDALIAN LINGKUNGAN INDUSTRI


    Menurut pendapat saya,


    Mengenai konservasi ikan endemik "TERUBUK" harus tetap di jaga kelestariannya agar kehidupannya tetap bertambah terus menerus supaya manusi dapat menikmatinya hingga ke anak cucunya.karena jenis ikan terubu ini memiliki khasiat yang sangat penting untuk kesehatan akan tetapi bukan hanya jenis ikan terubu ini saja juga melainkan semua jenis ikan baik yang ada di air tawar juga di air laut karena semua jenis ikan ini memiliki khasit berbagai macam untuk kesehan jika,ikan ini punah maka anak cucu kita nantinya tidak akan dapat untuk menikmati jenis ikan ini.
    oleh karena itu,kita harus tetap menjaga kelestarinnya secara bersamasama karena jika hanya pemerintah saja ataupun hanya sebagian masyarakat saja kita tidak akan dapat menjaga secara kondusif.
    sekian dan terima kasih.

    ReplyDelete
  14. Nama:Deby Syahputra
    Nim:17202018(4m1)
    M.kuliah: pengendalian lingkungan industri

    Assalamualaikum wr.wb.

    Pendapat saya,

    Sangat setuju dengan tulisan dari Dr.Ir Hamzah Lubis,SH.,M.SI
    Bahwa ikan terubuk adalah ikan endemik yang sangat perlu di jaga keberadaan dan ketersediaan nya.sebagai upaya untuk melestarikan dan mengembangbiakan,mengingat ikan tersebut ikan yang hidup di air tawar,sehingga seiring berjalannya waktu ke waktu ikan spesies ini terus mengalamai penurunan atau semangkin sedikit populasi nya.

    Agar ikan endemik itu bisa terus bertahan dan populasi nya meningkat lagi perlu dilaksanakan konservasi sumber daya ikan yang ada di kabupaten labuhan batu provinsi Sumatera Utara.

    Dimana prinsip konservasi,sudah di jelaskan melalui keputusan menteri kelautan dan perikanan RI nomor 34/KEPMEN-KP/2016 tertanggal 2 Agustus 2016, pemerintah menetapkan status perlindungan terbatas,mqka perlindungan ikan terubuk dilakukan untuk periode waktu dan wilayah sebaran tertentu.
    Dengan adanya konservasi, mengatakan upaya perlindungan, pelestarian,dan pemanfaatan sumber daya ikan, termasuk di dalamnya adalah ekosistem,jenis,dan kesinambungan dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas nilai dan keanekaragaman sumber daya alam.

    Wassalamu'alaikum wr.wb

    ReplyDelete
  15. nama :usy boby sinaga
    nim :17 202 023
    m.K :pengendalian lingkungan indusri
    kelas :4m1

    menurut pendapat saya

    Saya setuju dengan tulisan oleh bapak Dr.Ir.Hamzah Lubis, SH., M.Si dimana dia memperjuangkan dengan adanya "Konservasi Ikan Terubuk" tersebut dengan cara pemerintah yang mengatur penangkapan ikan dalam waktu dan wilayah sebaran tertentu dapat menjaga perkembangan dan habitat aslinya serta populasi ikan tersebut tidak berkurang. sehingga masyarakat Labuhanbatu dapat penghasilan dari ikan tersebut.

    ReplyDelete
  16. NAMA:DONI FAISAL SINAGA
    NIM :17 202 024
    KLS :4M1
    MATA KULIAH:PENGENDALIAN LINGKUANGAN INDUSTRI


    Menurut pendapat saya:
    Saya sangatlah setuju dengan tulisan dari Dr.Ir Hamzah Lubis,SH.,M.SI
    Bahwa ikan terubuk adalah ikan endemik yang sangat perlu di jaga keberadaannya dan kelestarianya.sebagai upaya untuk melestarikan dan mengembangbiakan,mengingat ikan tersebut ikan yang hidup di air tawar,sehingga seiring berjalannya waktu ke waktu ikan spesies ini terus mengalamai penurunan atau semangkin sedikit populasi nya.
    Agar ikan endemik itu bisa terus bertahan dan populasi nya meningkat lagi perlu dilaksanakan konservasi sumber daya ikan yang ada di kabupaten labuhan batu provinsi Sumatera Utara.
    Dimana prinsip konservasi,sudah di jelaskan melalui keputusan menteri kelautan dan perikanan RI nomor 34/KEPMEN-KP/2016 tertanggal 2 Agustus 2016, pemerintah menetapkan status perlindungan terbatas,mqka perlindungan ikan terubuk dilakukan untuk periode waktu dan wilayah sebaran tertentu.
    Dengan adanya konservasi, mengatakan upaya perlindungan, pelestarian,dan pemanfaatan sumber daya ikan, termasuk di dalamnya adalah ekosistem,jenis,dan kesinambungan dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas nilai dan keanekaragaman sumber daya alam.
    Sekian pendapat dari saya terimakasih.

    ReplyDelete
  17. NAMA :DEDI NIKO PERANGINANGIN
    NIM:17202005
    KELAS:4M1
    MATA KULIAH :PENGENDALIAN LINGKUNGAN INDUSTRI

    menurut pendapat saya

    Ikan yang langka spesies nya harus lah dilindungi dan kalau bisa perlindungan nya harus penuh jangan hanya saat penetasan telur nya saja...
    Tapi harus selamanya dilindungi.

    Saya sangat setuju dengan tulisan Bapak Dr.Ir Hamzah Lubis,SH.M.si
    Tentang konservasi ikan terubuk
    Dan semoga dengan adanya perlindungan terhadap ikan terubuk ini akan membuat ikan terubuk dapat berkembang dan semakin banyak lagi

    Sekian dari saya terimakasih

    ReplyDelete
  18. Nama:Masyudi
    Nim:17202011
    Kelas:4M1
    Mata Kuliah:Pengendalian Limbah industri

    Menurut pendapat saya

    Didalam dokumen rencana aksi pengelolaan ikan terubuk yang akan berlaku selama 5 tahun ini juga memuat rencana revitalisasi kearifan lokal "semah" ikan terubuk. Nilai-nilai kearifan lokal seperti semah terubuk, saat ini tidak lagi berlangsung. Dari beberapa informasi yang diperoleh, penyebabnya adalah: pertama, sulitnya memenuhi persyaratan dalam melaksanakan upacara ini, seperti menghadirkan sejumlah batin-batin yang berasal dari keturunan Datuk Laksamana Raja Di Laut yang pada saat ini sudah tidak ada lagi. Kedua, besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk melaksanakan upacara semah tersebut dan ketiga, kurangnya kepercayaan banyak orang akan upacara ini dapat menghasilkan ikan terubuk menjadi melimpah. Padahal dari semah terubuk ini tersimpan nilai-nilai pelestarian atau konservasi terhadap ikan terubuk yang sudah dilakukan oleh orang-orang terdahulu.

    Mengingat betapa pentingnya dokumen rencana aksi pengelolaan ikan terubuk bagi semua para stakeholder terkait baik yang aktif secara langsung maupun tidak langsung dalam upaya konservasi ikan terubuk dan habitatnya, dan/atau yang kebijakannya bisa mempengaruhi kelestarian ikan terubuk dan habitatnya. Maka diharapkan pada tahun ini Dokumen NPOA ikan terubuk sudah ditetapkan oleh SK Dirjen Kelautan, Pesisir, dan Pulau – Pulau Kecil.

    Sekian terima kasih.

    ReplyDelete
  19. Nama:Ilhafiz Dimas Prayoga Damanik
    Nim:17202039
    Kelas:4M1
    Mata Kuliah: Pengendalian Lingkungan IndusrIn

    Asalamaualaikum We.Wb

    Menurut pendapat saya,
    Sumberdaya alam adalah aset (natural asset) selain menyediakan barang yang dapat dimanfaatkan secara langsung, juga menghasilkan jasa yang tidak bisa dinilai melalui mekanisme pasar. Jasa sumberdya alam dapat dianalisis berdasarkan pemanfaatan dan derajat barang. Nilai pasar sumberdaya alam adalah nilai konsumsi atau pemanfaatan sumberdaya alam dilakukan. Misalnya sumberdaya ikan dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan produksi, ikan dijual ke pasar (marketable output) atau sumberdaya ikan dimanfaatkan untuk rekreasi.
    Ketika sumberdaya ikan dimanfaatkan untuk rekreasi, maka outputnya berbeda. Nilai sumberdaya ikan, bukan lagi sebatas ikan yang dijual dalam bentuk uang, tapi kepuasan rekreasi yang tidak terukur dengan uang (pasar). Penilaian harga sumberdaya alam sepeti ini disebut “ valuasi ekonomi”.
    Derajat sifat barang publik dari sumberdaya alam, adalah kendali terhadap akses sumberdaya . Misalnya pemanfaatan jasa oleh suatu pihak akan mempengaruhi pemanfaatan oleh pihak lain? Ketiadaan kendali terhadap akses sumberdaya tidak berarti bahwa semua pihak akan menilai sumberdaya dengan penilaian yang sama.
    Barang dan jasa yang dihasilkan dari sumberdaya alam memberikan manfaat baik langsung maupun tidak langsung bagi kebutuhan manusia. Manfaat langsung dapat berupa komoditas maupun jasa yang dapat dkonsumsi langsung oleh manusia. Manfaat tidak langsung dapat berupa manfaat dari fungsi-fungsi ekologis yang dihasilkan dari sumberdaya alam. Misalnya pencegah banjir, penjaga keseimbangan ekosistem, penyediaan keanekaragamanan hayati dan lainnya. Sumerdaya alam memilik nilai yang tinggi baik nilai ekonomis maupun nilai ekologis bagi kelangsungan hidup manusia.

    Reply

    ReplyDelete
  20. Nama : RUDI PRANATA
    Nim : 17202026
    Mata kuliah : Pengendalian Lingkungan Industri



    Konservasi ikan Terubuk

    Ikan Terubuk (Tenualosa macrura danTenualosa ilisha) merupakan jenis sumberdaya ikan yang dapat diperbaharui, apabila dimanfaatkan secara lestari maka dapat menjadi sumber pendapatan bagi generasi saat ini dan generasi yang akan datang.
    Aktivitas penangkapan Ikan Terubuk sudah berlangsung sejak tahun 1960-an, dan masih terus berlangsung sampai dengan saat ini. Apabila dibandingkan dengan periode tahun 1960-an, saat ini populasi Ikan Terubuk sudah jauh mengalami penurunan dan sudah semakin sulit ditangkap. Penurunan populasi ini disebabkan karena penangkapan Ikan Terubuk pada saat sedang melakukan ruaya memijah untuk diambil telurnya dan diperjualbelikan dengan harga yang tinggi.
    Selain kegiatan penangkapan, pencemaran yang terjadi di sepanjang Daerah Aliran Sungai juga turut memberikan andil yang besar bagi kelestarian Ikan Terubuk .
    Pemerintah daerah dan masyarakat pada dasarnya menyadari bahwa saat ini populasi Ikan Terubuk sudah jauh mengalami penurunan dan memerlukan Iangkah-Iangkah antisipatif untuk menghindari ancaman kepunahan. Dengan dasar-dasar pertimbangan di atas, upaya pengelolaan Ikan Terubuk diarahkan pada upaya pemanfaatan yang lestari, yaitu pemanfaatan yang berimbang dengan upaya perlindungan dan pelestarian sehíngga sumberdaya Ikan Terubuk dapat tetap lestari untuk dapat dimanfaatkan oleh generasi sekarang dan generasi yang akan datang .
    Konservasi Ikan Terubuk pada dasarnya merupakan sasaran jangka panjang yang ideal untuk dapat dicapai di masa yang akan datang. Dari visi diatas tergambar bahwa perlunya upaya agar sumberdaya Ikan Terubuk tetap dapat dijaga keberadaannya, dan dapat tersedia untuk dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan sebagai sumber penghidupan masyarakat generasi sekarang dan generasi yang akan datang.Untuk dapat menjaga kelestarian dan keberadaan Ikan tersebut diperlukan berbagai upaya yang saling sinergis, mulai dari pengaturan kegiatan penangkapan sampai dengan upaya menciptakan kondisi perairan yang dapat mendukung kehidupan Ikan Terubuk.

    ReplyDelete
  21. NAMA:Muhammad refa dwi paldy
    NIM:17202025
    KELAS:4M1
    JURUSAN:TEKNIK MESIN
    M.KULIAH:PENGENDALIAN LIMBAH INDUSTRI (PLI)

    Menurut pendapat saya,

    Pada bahagian ini seperti yang kita ketahui dan yang kita lihat bahwasnya kebutuhan manusia terhadap ikan setiap waktu akan mengalami peningkatan.
    dan kita tau juga seiring meningkatnya kebutuhan tersebut maka kita harus mempertimbangkan akan regenerasi dari ikan tersebut dengan kebutuhan manusia.
    tentunya agar berlangsung dengan sesuai yang di inginkan maka harus perlu yang namanya keseimbangan .

    Begitu juga dengan kebutuhan manusia akan ikan terubuk , seperti yang kita ketahui bahwa harga jual ikan terubuk pada saat ini memang tidak terlalu mahal kita jumpai dipasaran
    masih bisa terjangkau oleh semua lapisan masyarakat

    hal ini lah yang menjadi kekhawatiran bahkan sebagai ancaman bagi ikan terubuk yang apabila perkembang biakan ikan terubuk tersebut tidak diperdulikan, maka kemungkinan besar ikan terubuk akan mengalami yang namanya kepunahan.

    Ikan Terbuk perlu dijaga keberadaan dan ketersediaannya, agar Ikan pada habitat alaminya di perairan Kabupaten Labuhanbatu tetap tersedia dan lestari. Salah satu upaya yang terbaik dilakukan dengan melakukan konservasi Ikan Teruruk . Melalui bergai kajian dan usulan konservasi Ikan Terbuk, maka sangat berterimakasih kepada Pemerintah yang telah menetapkan konservasi Ikan Terubuk di Sungai dan anak sungai Barumun, Sumatera Utara.
    dan berterimakasih juga kepada setiap orang yang telah peduli akan kelestarian ikan terubuk tersebut.
    semoga ikan terubuk tidak mengalami kepunahan.

    sekian dan terimakasih.

    ReplyDelete
  22. Nama : SAMUEL SIMANJUNTAK
    Nim : 17202034
    Mata kuliah : Pengendalian Lingkungan Industri



    Konservasi ikan Terubuk

    Ikan Terubuk (Tenualosa macrura danTenualosa ilisha) merupakan jenis sumberdaya ikan yang dapat diperbaharui, apabila dimanfaatkan secara lestari maka dapat menjadi sumber pendapatan bagi generasi saat ini dan generasi yang akan datang.
    Aktivitas penangkapan Ikan Terubuk sudah berlangsung sejak tahun 1960-an, dan masih terus berlangsung sampai dengan saat ini. Apabila dibandingkan dengan periode tahun 1960-an, saat ini populasi Ikan Terubuk sudah jauh mengalami penurunan dan sudah semakin sulit ditangkap. Penurunan populasi ini disebabkan karena penangkapan Ikan Terubuk pada saat sedang melakukan ruaya memijah untuk diambil telurnya dan diperjualbelikan dengan harga yang tinggi.
    Selain kegiatan penangkapan, pencemaran yang terjadi di sepanjang Daerah Aliran Sungai juga turut memberikan andil yang besar bagi kelestarian Ikan Terubuk .
    Pemerintah daerah dan masyarakat pada dasarnya menyadari bahwa saat ini populasi Ikan Terubuk sudah jauh mengalami penurunan dan memerlukan Iangkah-Iangkah antisipatif untuk menghindari ancaman kepunahan. Dengan dasar-dasar pertimbangan di atas, upaya pengelolaan Ikan Terubuk diarahkan pada upaya pemanfaatan yang lestari, yaitu pemanfaatan yang berimbang dengan upaya perlindungan dan pelestarian sehíngga sumberdaya Ikan Terubuk dapat tetap lestari untuk dapat dimanfaatkan oleh generasi sekarang dan generasi yang akan datang .
    Konservasi Ikan Terubuk pada dasarnya merupakan sasaran jangka panjang yang ideal untuk dapat dicapai di masa yang akan datang. Dari visi diatas tergambar bahwa perlunya upaya agar sumberdaya Ikan Terubuk tetap dapat dijaga keberadaannya, dan dapat tersedia untuk dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan sebagai sumber penghidupan masyarakat generasi sekarang dan generasi yang akan datang.Untuk dapat menjaga kelestarian dan keberadaan Ikan tersebut diperlukan berbagai upaya yang saling sinergis, mulai dari pengaturan kegiatan penangkapan sampai dengan upaya menciptakan kondisi perairan yang dapat mendukung kehidupan Ikan Terubuk.

    ReplyDelete
  23. Nama:Aldi winata
    Nim:17202032
    Jurusan:teknik mesin
    M.kuliah :pengendalian limbah industri

    Menurut saya,

    Sumberdaya alam adalah aset (natural asset) selain menyediakan barang yang dapat dimanfaatkan secara langsung, juga menghasilkan jasa yang tidak bisa dinilai melalui mekanisme pasar. Jasa sumberdya alam dapat dianalisis berdasarkan pemanfaatan dan derajat barang. Nilai pasar sumberdaya alam adalah nilai konsumsi atau pemanfaatan sumberdaya alam dilakukan. Misalnya sumberdaya ikan dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan produksi, ikan dijual ke pasar (marketable output) atau sumberdaya ikan dimanfaatkan untuk rekreasi.
    Ketika sumberdaya ikan dimanfaatkan untuk rekreasi, maka outputnya berbeda. Nilai sumberdaya ikan, bukan lagi sebatas ikan yang dijual dalam bentuk uang, tapi kepuasan rekreasi yang tidak terukur dengan uang (pasar). Penilaian harga sumberdaya alam sepeti ini disebut “ valuasi ekonomi”.
    Derajat sifat barang publik dari sumberdaya alam, adalah kendali terhadap akses sumberdaya . Misalnya pemanfaatan jasa oleh suatu pihak akan mempengaruhi pemanfaatan oleh pihak lain? Ketiadaan kendali terhadap akses sumberdaya tidak berarti bahwa semua pihak akan menilai sumberdaya dengan penilaian yang sama.
    Barang dan jasa yang dihasilkan dari sumberdaya alam memberikan manfaat baik langsung maupun tidak langsung bagi kebutuhan manusia. Manfaat langsung dapat berupa komoditas maupun jasa yang dapat dkonsumsi langsung oleh manusia. Manfaat tidak langsung dapat berupa manfaat dari fungsi-fungsi ekologis yang dihasilkan dari sumberdaya alam. Misalnya pencegah banjir, penjaga keseimbangan ekosistem, penyediaan keanekaragamanan hayati dan lainnya. Sumerdaya alam memilik nilai yang tinggi baik nilai ekonomis maupun nilai ekologis bagi kelangsungan hidup manusia.

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Nama : M.heryanta Tarigan
    Nim : 17202234
    Kelas : 4M5
    Jurusan : Teknik Mesin
    Mata kuliah : Pengemdalian Linngkungan Industri

    Menurut pendapat saya,

    Mengenai konservasi ikan endemik terubuk harus tetap di jaga kelestariannya agar kehidupannya tetap bertambah terus menerus supaya tidak terjadi kepunahan dan kita dapat menikmatinya hingga ke anak cucu.karena jenis ikan terubuk ini memiliki khasiat yang sangat penting untuk kesehatan akan tetapi bukan hanya jenis ikan terubuk ini saja juga melainkan semua jenis ikan baik yang ada di air tawar juga di air laut karena semua jenis ikan ini memiliki khasit berbagai macam untuk kesehan. jika terjadi kepunahan maka kita tidak bisa menikmatinya .oleh karena itu,kita harus tetap menjaga kelestarinnya secara bersama-sama karena jika hanya pemerintah saja ataupun hanya sebagian masyarakat saja kita tidak akan dapat menjaga tanpa ad campur tangan pemerintah.

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. Nama :Aldi winata
    Nim :16202032
    Kls : 4M1
    Jurusan:Teknik Mesin

    Assalamualaikum warahmatullahi wr.wb

    Menurut pendapat saya:

    Ikan terubuk perlu di jaga keberadaan dan ketersediaannya,agar Ikan pada habitat alaminya di perairan kabupaten Labuhan Batu tetap tersedia dan lestari.Salah satu upaya yang terbaik di lakukan dengan melakukan konservasi Ikan Terubuk.Melalui berbagai kajian dan usaha konservasi Ikan Terubuk,Maka pemerintah telah menetapkan konservasi Ikan Terubuk di sungai dan anak sungai Barumun,Suma Suma Utara.Melalui keputusan menteri kelautan dan perikanan,pemerintah menetapkan status perlindungan terbatas Ikan Terubuk sebagai jenis ikan yang di lindungi.perlindungan terbatas untuk periode waktu tertentu meliputi larangan penangkapan Ikan Terubuk saat pemijahan selama 6(enam)hari saat peralihan bulan gelap ke bulan terang(tanggal 5 sampai dengan tanggal 10 kalender Hijriyah)pada bulan Januari sampai dengan bulan April setiap tahunnya.Semoga dengan penetapan kawasan perlindungan terbatas Ikan Terubuk,akan menjaga KELESTARIAN IKAN TERUBUK di labuhan batu Sumatra Utara agar supaya tidak punah.

    ReplyDelete
  29. Nama : Helmi Andre
    Nim : 17202205
    Kelas : 4M5
    Jurusan : Teknik Mesin
    Mata kuliah : Pengemdalian Linngkungan Industri
    Menurut saya

    Ikan terubuk ini adalah kuliner yang lumayan diminati khususnya,mulai dari ikan sampai telurnya pun banyak yang menyukai,ikan terubuk ini adalah sumberdaya yang dapat diperbaharui maka sangat disayangkan jika tidak ada budidaya atau semacamnya untuk mencegah kepunahannya dikarenakan telurnya pun disukai para pencinta ikan ini,untuk budidaya ikan ini haruslah ada campur tangan pemerintah mengsosialisasikan kepada masyarakat cara budidaya yang baik terhadap ikan ini agar tidak punah,tidak hanya ikan terubuk ini banyak lagi sumberdaya kita yang harus kita jaga,kita lestarikan bersama

    ReplyDelete
  30. Nama :Aldi winata
    Nim :17202032
    Kls : 4M1
    Jurusan:Teknik Mesin

    Assalamualaikum warahmatullahi wr.wb

    Menurut pendapat saya:

    Ikan terubuk perlu di jaga keberadaan dan ketersediaannya,agar Ikan pada habitat alaminya di perairan kabupaten Labuhan Batu tetap tersedia dan lestari.Salah satu upaya yang terbaik di lakukan dengan melakukan konservasi Ikan Terubuk.Melalui berbagai kajian dan usaha konservasi Ikan Terubuk,Maka pemerintah telah menetapkan konservasi Ikan Terubuk di sungai dan anak sungai Barumun,Suma Suma Utara.Melalui keputusan menteri kelautan dan perikanan,pemerintah menetapkan status perlindungan terbatas Ikan Terubuk sebagai jenis ikan yang di lindungi.perlindungan terbatas untuk periode waktu tertentu meliputi larangan penangkapan Ikan Terubuk saat pemijahan selama 6(enam)hari saat peralihan bulan gelap ke bulan terang(tanggal 5 sampai dengan tanggal 10 kalender Hijriyah)pada bulan Januari sampai dengan bulan April setiap tahunnya.Semoga dengan penetapan kawasan perlindungan terbatas Ikan Terubuk,akan menjaga KELESTARIAN IKAN TERUBUK di labuhan batu Sumatra Utara agar supaya tidak punah.

    ReplyDelete
  31. Nama:Ricky Tanu Winata
    Nim:17202006
    Kelas:4M1
    Mata Kuliah:Pengendalian Limbah industri

    Menurut pendapat saya

    Didalam dokumen rencana aksi pengelolaan ikan terubuk yang akan berlaku selama 5 tahun ini juga memuat rencana revitalisasi kearifan lokal "semah" ikan terubuk. Nilai-nilai kearifan lokal seperti semah terubuk, saat ini tidak lagi berlangsung. Dari beberapa informasi yang diperoleh, penyebabnya adalah: pertama, sulitnya memenuhi persyaratan dalam melaksanakan upacara ini, seperti menghadirkan sejumlah batin-batin yang berasal dari keturunan Datuk Laksamana Raja Di Laut yang pada saat ini sudah tidak ada lagi. Kedua, besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk melaksanakan upacara semah tersebut dan ketiga, kurangnya kepercayaan banyak orang akan upacara ini dapat menghasilkan ikan terubuk menjadi melimpah. Padahal dari semah terubuk ini tersimpan nilai-nilai pelestarian atau konservasi terhadap ikan terubuk yang sudah dilakukan oleh orang-orang terdahulu.

    Mengingat betapa pentingnya dokumen rencana aksi pengelolaan ikan terubuk bagi semua para stakeholder terkait baik yang aktif secara langsung maupun tidak langsung dalam upaya konservasi ikan terubuk dan habitatnya, dan/atau yang kebijakannya bisa mempengaruhi kelestarian ikan terubuk dan habitatnya. Maka diharapkan pada tahun ini Dokumen NPOA ikan terubuk sudah ditetapkan oleh SK Dirjen Kelautan, Pesisir, dan Pulau – Pulau Kecil.

    Sekian terima kasih.

    ReplyDelete
  32. Nama:arlin copernikus s
    Nim:17202214
    Kelas:4M5
    Mata Kuliah:Pengendalian Limbah industri

    Menurut pendapat saya

    Didalam dokumen rencana aksi pengelolaan ikan terubuk yang akan berlaku selama 5 tahun ini juga memuat rencana revitalisasi kearifan lokal "semah" ikan terubuk. Nilai-nilai kearifan lokal seperti semah terubuk, saat ini tidak lagi berlangsung. Dari beberapa informasi yang diperoleh, penyebabnya adalah: pertama, sulitnya memenuhi persyaratan dalam melaksanakan upacara ini, seperti menghadirkan sejumlah batin-batin yang berasal dari keturunan Datuk Laksamana Raja Di Laut yang pada saat ini sudah tidak ada lagi. Kedua, besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk melaksanakan upacara semah tersebut dan ketiga, kurangnya kepercayaan banyak orang akan upacara ini dapat menghasilkan ikan terubuk menjadi melimpah. Padahal dari semah terubuk ini tersimpan nilai-nilai pelestarian atau konservasi terhadap ikan terubuk yang sudah dilakukan oleh orang-orang terdahulu.

    Mengingat betapa pentingnya dokumen rencana aksi pengelolaan ikan terubuk bagi semua para stakeholder terkait baik yang aktif secara langsung maupun tidak langsung dalam upaya konservasi ikan terubuk dan habitatnya, dan/atau yang kebijakannya bisa mempengaruhi kelestarian ikan terubuk dan habitatnya. Maka diharapkan pada tahun ini Dokumen NPOA ikan terubuk sudah ditetapkan oleh SK Dirjen Kelautan, Pesisir, dan Pulau – Pulau Kecil.

    Sekian terima kasih.

    ReplyDelete
  33. Nama: Dwiky Valery
    Nim:17 202 047
    Kelas:4M1
    Mata Kuliah:Penelitian Lingkungan Industri


    Assalamualaikum, Pak Amir Hamzah Menurut saya,
    Didalam dokumen rencana aksi pengelolaan ikan terubuk yang akan berlaku selama 5 tahun ini juga memuat rencana revitalisasi kearifan lokal "semah" ikan terubuk. Nilai-nilai kearifan lokal seperti semah terubuk, saat ini tidak lagi berlangsung. Dari beberapa informasi yang diperoleh, penyebabnya adalah: pertama, sulitnya memenuhi persyaratan dalam melaksanakan upacara ini, seperti menghadirkan sejumlah batin-batin yang berasal dari keturunan Datuk Laksamana Raja Di Laut yang pada saat ini sudah tidak ada lagi. Kedua, besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk melaksanakan upacara semah tersebut dan ketiga, kurangnya kepercayaan banyak orang akan upacara ini dapat menghasilkan ikan terubuk menjadi melimpah. Padahal dari semah terubuk ini tersimpan nilai-nilai pelestarian atau konservasi terhadap ikan terubuk yang sudah dilakukan oleh orang-orang terdahulu.

    Mengingat betapa pentingnya dokumen rencana aksi pengelolaan ikan terubuk bagi semua para stakeholder terkait baik yang aktif secara langsung maupun tidak langsung dalam upaya konservasi ikan terubuk dan habitatnya, dan/atau yang kebijakannya bisa mempengaruhi kelestarian ikan terubuk dan habitatnya. Maka diharapkan pada tahun ini Dokumen NPOA ikan terubuk sudah ditetapkan oleh SK Dirjen Kelautan, Pesisir, dan Pulau – Pulau Kecil.
    Sekian pendapat dari saya. Terimakasih.

    ReplyDelete
  34. Nama : Aldi rizaldi tanjung
    Nim : 17202007
    Mata kuliah : Pengendalian Lingkungan Industri



    Konservasi ikan Terubuk

    Ikan Terubuk (Tenualosa macrura danTenualosa ilisha) merupakan jenis sumberdaya ikan yang dapat diperbaharui, apabila dimanfaatkan secara lestari maka dapat menjadi sumber pendapatan bagi generasi saat ini dan generasi yang akan datang.
    Aktivitas penangkapan Ikan Terubuk sudah berlangsung sejak tahun 1960-an, dan masih terus berlangsung sampai dengan saat ini. Apabila dibandingkan dengan periode tahun 1960-an, saat ini populasi Ikan Terubuk sudah jauh mengalami penurunan dan sudah semakin sulit ditangkap. Penurunan populasi ini disebabkan karena penangkapan Ikan Terubuk pada saat sedang melakukan ruaya memijah untuk diambil telurnya dan diperjualbelikan dengan harga yang tinggi.
    Selain kegiatan penangkapan, pencemaran yang terjadi di sepanjang Daerah Aliran Sungai juga turut memberikan andil yang besar bagi kelestarian Ikan Terubuk .
    Pemerintah daerah dan masyarakat pada dasarnya menyadari bahwa saat ini populasi Ikan Terubuk sudah jauh mengalami penurunan dan memerlukan Iangkah-Iangkah antisipatif untuk menghindari ancaman kepunahan. Dengan dasar-dasar pertimbangan di atas, upaya pengelolaan Ikan Terubuk diarahkan pada upaya pemanfaatan yang lestari, yaitu pemanfaatan yang berimbang dengan upaya perlindungan dan pelestarian sehíngga sumberdaya Ikan Terubuk dapat tetap lestari untuk dapat dimanfaatkan oleh generasi sekarang dan generasi yang akan datang .
    Konservasi Ikan Terubuk pada dasarnya merupakan sasaran jangka panjang yang ideal untuk dapat dicapai di masa yang akan datang. Dari visi diatas tergambar bahwa perlunya upaya agar sumberdaya Ikan Terubuk tetap dapat dijaga keberadaannya, dan dapat tersedia untuk dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan sebagai sumber penghidupan masyarakat generasi sekarang dan generasi yang akan datang.Untuk dapat menjaga kelestarian dan keberadaan Ikan tersebut diperlukan berbagai upaya yang saling sinergis, mulai dari pengaturan kegiatan penangkapan sampai dengan upaya menciptakan kondisi perairan yang dapat mendukung kehidupan Ikan Terubuk.
    Reply

    ReplyDelete
  35. Nama:DWIKI PRABOWO
    Nim:17202016
    Kelas:4M1
    Jurusan Teknik Mesin

    Menurut Pendapat Saya :
    Ikan terubuk adalah sumber daya ikan yang harus dijaga dan diperbaharui kelestariannya supaya tidak punah. Apabila terus menerus nelayan menangkap ikan terubuk semakin lama ikan terubuk akan punah dan akan mengalami penurunan.
    Pemerintah sekarang sudah menyadari bahwa ikan terubuk makin lama populasi sulit ditemukan dan sangat langkah maka pemerintah harus menghindari ancaman kepunahan ikan terubuk dengan bertindak tegas kepada yang menangkap dan memperjualbelikan ikan terubuk. Seperti sekarang Pemerintah sudah mengeluarkan keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Nomor 34/KEPMEN-KP/2016 tanggal 2 Agustus 2016 tentang Penetapan Status Perlindungan Terbatas Jenis Ikan Terubuk (Tenualosa Macrura ) supaya bertujuan menjaga populasi yang semakin menurun dan menjadi populasi kelestariannya menjadi meningkat, ikan terubuk mengalami penurunan populasinya disebabkan karena aktivitas penangkapan yang dilakukan pada saat ikan terubuk melakukan pemijahan, dengan tujuan mengambil telurnya, karena telur ikan terubuk mempunyai nilai jual yang tinggi. Dengan dikeluarakan Pemertintah keputusan Penetapan Status Perlindungan Terbatas Jenis Ikan Terubuk (Tenualosa Macrura ) dapat menjaga kelestarian ikan terubuk supaya tidak punah.

    ReplyDelete
  36. Nama :NOFRENDY ADSMOND
    Nim : 17202017
    Kelas : 4M1
    Jurusan : Teknik Mesin
    Mata kuliah : Pengemdalian Linngkungan Industri
    Menurut saya

    Ikan terubuk ini adalah kuliner yang lumayan diminati khususnya,mulai dari ikan sampai telurnya pun banyak yang menyukai,ikan terubuk ini adalah sumberdaya yang dapat diperbaharui maka sangat disayangkan jika tidak ada budidaya atau semacamnya untuk mencegah kepunahannya dikarenakan telurnya pun disukai para pencinta ikan ini,untuk budidaya ikan ini haruslah ada campur tangan pemerintah mengsosialisasikan kepada masyarakat cara budidaya yang baik terhadap ikan ini agar tidak punah,tidak hanya ikan terubuk ini banyak lagi sumberdaya kita yang harus kita jaga,kita lestarikan bersama

    ReplyDelete
  37. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  38. NAMA : ALDY AZMI FADHILAH
    NIM : 17202008
    KELAS: 4M1
    MK : PLI

    menurut saya, budaya ikan terubuk ini harus diawasi, baik dari pemerintah juga wajib menjaganya, agar untuk antisipasi kepunahan ikan terubuk tersebut, dan lakukan sosialisasi kepada masyarakat agar untuk lebih mengutamakan kelestarian ikan tersebut

    ReplyDelete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. Nama : Fikri Yanda Pratama
    Nim : 17202139
    Kelas : 4M3
    Jurusan : Teknik Mesin
    Matkul : Pengendalian Lingkungan Industri

    Saya setuju dengan bapak Dr.Ir.Hamzah Lubis,SH.,M.Si atas konservasi "Ikan Terubuk" tersebut.Ikan terubuk tersebut haruslah dilestarikan dan dilakukan pembudidayaan agar populasi ikan terubuk tersebut nantinya tidak akan berkurang populasinya.oleh karena itu masyarakat juga dapat menjadikan ikan terubuk sebagai pendapatan lain ataupun juga bisa menjadi tempat rekreasi wisatawan yang ingin berkunjung.

    Terima Kasih.

    ReplyDelete
  41. Nama : Ade Trianta Sembiring
    Nim : 15 202 216
    Jurusan : Teknik Mesin
    Menurut saya:
    Sumberdaya alam merupakan aset (natural asset) selain menyediakan barang yang dapat dimanfaatkan secara langsung dan menghasilkan jasa yang tidak bisa dinilai melalui mekanisme pasar. Jasa sumberdya alam dapat dianalisis berdasarkan pemanfaatan dan derajat barang. Nilai pasar sumberdaya alam merupakan nilai konsumsi atau pemanfaatan sumberdaya alam dilakukan. Misalnya sumberdaya ikan dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan produksi, ikan dijual ke pasar (marketable output) atau sumberdaya ikan dimanfaatkan untuk rekreasi.
    Ikan Terubuk (Tenualosa macrura danTenualosa ilisha) merupakan jenis sumberdaya ikan yang dapat diperbaharui, apabila dimanfaatkan secara lestari maka dapat menjadi sumber pendapatan bagi generasi saat ini dan generasi yang akan datang.
    Aktivitas penangkapan Ikan Terubuk sudah berlangsung sejak tahun 1960-an, dan masih terus berlangsung sampai dengan saat ini. Apabila dibandingkan dengan periode tahun 1960-an, saat ini populasi Ikan Terubuk sudah jauh mengalami penurunan dan sudah semakin sulit ditangkap. Penurunan populasi ini disebabkan karena penangkapan Ikan Terubuk pada saat sedang melakukan ruaya memijah untuk diambil telurnya dan diperjualbelikan dengan harga yang tinggi.
    Ikan Terbuk perlu dijaga keberadaan dan ketersediaannya, agar Ikan pada habitat alaminya di perairan Kabupaten Labuhanbatu tetap tersedia dan lestari. Salah satu upaya yang terbaik dilakukan dengan melakukan konservasi Ikan Teruruk . Melalui bergai kajian dan usulan konservasi Ikan Terbuk, maka sangat berterimakasih kepada Pemerintah yang telah menetapkan konservasi Ikan Terubuk di Sungai dan anak sungai Barumun, Sumatera Utara.
    dan berterimakasih juga kepada setiap orang yang telah peduli akan kelestarian ikan terubuk tersebut.

    ReplyDelete
  42. nama:samuel siregar
    nim:17202166
    kelas:4m4
    mata kuliah:pengendalian lingkungan industri

    Ikan Terubuk adalah jenis ikan yang hidup di perairan estuaria, yaitu badan air setengah tertutup di wilayah pesisir dengan satu sungai atau lebih yang masuk ke dalamnya dan terhubung bebas dengan laut. Di Indonesia, ikan ini paling banyak ditemukan di Pulau Bengkalis dan Labuhanbatu.
    Di Labuhanbatu, Ikan Terubuk berasal dari Sungai Bilik yang berada di Desa Labuhan Bilik. Dahulu, Labuhan Bilik disebut Kota Terubuk karena banyak dijumpai Ikan Terubuk di sungainya, bahkan di desa ini dibangun sebuah tugu berbentuk Ikan Terubuk. Masyarakat Labuhan Bilik biasa memakan mentah daging dan telur Terubuk dengan campuran cabai, air jeruk nipis dan garam.
    Ikan Terubuk sangat unik. Selain hanya hidup di perairan estuaria, ikan ini bersifat hermafrodit proandri, yaitu berkelamin ganda. Ketika usianya dibawah satu tahun, ia berkelamin jantan dan pada tahun berikutnya berubah menjadi betina

    jadi menurut saya dengan populasi ikan terubuk,dulunya ikan terubuk sangatlah melimpah pada priode tahun 1961an kemudian mulai berkurang pada tahun 1970an dan jauh berkurang pada tahun 1980an populai ikan terubuk sudah sangat jauh berkurang atau menurun namun penurunan ini tidak hanya disebabkan oleh aktivitas penangkapan semata tetapi juga disebabkan oleh penurunan kualitas perairan atau pencemaran air terutama perairan sungai siak yang merupakan lokasi pemijahan utama ikan terubuk di perairan bengkalis

    ReplyDelete
  43. NAMA : JIMMI SITEPU
    NIM : 14 202 205

    Menururt saya ;
    Dari penjelasan di atas agar ikan terubuk di jaga keberadaan dan ketersediaannya,agar Ikan pada habitat alaminya di perairan kabupaten Labuhan Batu tetap tersedia dan lestari.Salah satu upaya yang terbaik di lakukan dengan melakukan konservasi Ikan Terubuk.Melalui berbagai kajian dan usaha konservasi Ikan Terubuk,Maka pemerintah telah menetapkan konservasi Ikan Terubuk di sungai dan anak sungai Barumun,Suma Suma Utara.Melalui keputusan menteri kelautan dan perikanan,pemerintah menetapkan status perlindungan terbatas Ikan Terubuk sebagai jenis ikan yang di lindungi.perlindungan terbatas untuk periode waktu tertentu meliputi larangan penangkapan Ikan Terubuk saat pemijahan selama 6(enam)hari saat peralihan bulan gelap ke bulan terang(tanggal 5 sampai dengan tanggal 10)pada bulan Januari sampai dengan bulan April setiap tahunnya.Semoga dengan penetapan kawasan perlindungan terbatas Ikan Terubuk,akan menjaga kelestarian terubuk di labuhan batu Sumatra Utara agar supaya tidak punah.
    Selain menyediakan barang yang dapat dimanfaatkan secara langsung dan menghasilkan jasa yang tidak bisa dinilai melalui mekanisme pasar. Jasa sumberdya alam dapat dianalisis berdasarkan pemanfaatan dan derajat barang. Nilai pasar sumberdaya alam merupakan nilai konsumsi atau pemanfaatan sumberdaya alam dilakukan. Misalnya sumberdaya ikan dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan produksi, ikan dijual ke pasar atau sumberdaya ikan dimanfaatkan untuk rekreasi. Ikan Terubuk merupakan jenis sumberdaya ikan yang dapat diperbaharui, apabila dimanfaatkan secara lestari maka dapat menjadi sumber pendapatan bagi generasi saat ini dan generasi yang akan datang.

    ReplyDelete
  44. NAMA : AGUS MAHENDRA
    NIM : 1720218
    KELAS : 4M3
    JURUSA : TEKNIK MESIN
    M.K : PLI

    Assalamualaikum wr.wb

    Menurut saya ikan terubuk memang harus wajib di lestarikan karna ikan tersebut termasuk ikan yg sudah langkah di sebab kan pencemaran limbah2 industri pabrik2 tidak bertanggung jawab, ikan tersebut adalah ikan endemik pesisir dan ikan tersebut itu mempunyai nilai jual yg sangat tinggi di pasaran.Jadi konserfasi ikan terubuk itu saya sangat mendukung sekali .


    sekian Wassalam

    ReplyDelete
  45. Nama :Muhammad Andika
    Nim : 17 202 130
    Kelas : 4M3
    M.Kuliah : PLI (Pengendalian Lingkungan Industri)

    Assalamu'alaikum....
    Menurut pendapat saya :

    Dari artikel ilmiah tersebut,sumber daya alam khususnya sumber daya ikan memang merupakan hal yang harus mendapatkan perhatian khusus,mengingat Ikan Terubuk merupakan ikan dengan nilai jual tinggi dengan populasi yang menurun,sehingga diperlukan konservasi untuk menjaga populasi serta keberlangsungan ikan Terubuk.

    Konservasi ini merupakan langkah yang baik dari pemerintah,akan tetapi pengendalian pencemaran air sungai juga harus diperhatikan tidak hanya pada wilayah konservasi melainkan pada sungai-sungai lain, karena pencemaran sungai juga akan berdampak bukan hanya pada ikan Terubuk tetapi pada makhluk hidup air lainnya.
    Terimakasih......

    ReplyDelete
  46. nama:rizky ramadhan
    nim:17202076
    kelas:4m2
    mata kuliah:pengendalian lingkungan industri

    Ikan Terubuk adalah jenis ikan yang hidup di perairan estuaria, yaitu badan air setengah tertutup di wilayah pesisir dengan satu sungai atau lebih yang masuk ke dalamnya dan terhubung bebas dengan laut. Di Indonesia, ikan ini paling banyak ditemukan di Pulau Bengkalis dan Labuhanbatu.
    Di Labuhanbatu, Ikan Terubuk berasal dari Sungai Bilik yang berada di Desa Labuhan Bilik. Dahulu, Labuhan Bilik disebut Kota Terubuk karena banyak dijumpai Ikan Terubuk di sungainya, bahkan di desa ini dibangun sebuah tugu berbentuk Ikan Terubuk. Masyarakat Labuhan Bilik biasa memakan mentah daging dan telur Terubuk dengan campuran cabai, air jeruk nipis dan garam.
    Ikan Terubuk sangat unik. Selain hanya hidup di perairan estuaria, ikan ini bersifat hermafrodit proandri, yaitu berkelamin ganda. Ketika usianya dibawah satu tahun, ia berkelamin jantan dan pada tahun berikutnya berubah menjadi betina

    jadi menurut saya dengan populasi ikan terubuk,dulunya ikan terubuk sangatlah melimpah pada priode tahun 1961an kemudian mulai berkurang pada tahun 1970an dan jauh berkurang pada tahun 1980an populai ikan terubuk sudah sangat jauh berkurang atau menurun namun penurunan ini tidak hanya disebabkan oleh aktivitas penangkapan semata tetapi juga disebabkan oleh penurunan kualitas perairan atau pencemaran air terutama perairan sungai siak yang merupakan lokasi pemijahan utama ikan terubuk di perairan bengkalis

    Reply

    ReplyDelete
  47. Nama : Samuel Jogian Sinaga
    Nim : 16 202 128
    Judul : Konservasi Ikan Endemik " Terubuk "

    Menurut pendapat saya,

    Sumber daya alam adalah aset (natural asset) selain menyediakan barang yang dapat dimanfaatkan secara langsung, juga menghasilkan jasa yang tidak bisa dinilai melalui mekanisme pasar. Jasa sumberdya alam dapat dianalisis berdasarkan pemanfaatan dan derajat barang. Nilai pasar sumberdaya alam adalah nilai konsumsi atau pemanfaatan sumberdaya alam dilakukan. Misalnya sumberdaya ikan dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan produksi, ikan dijual ke pasar (marketable output) atau sumberdaya ikan dimanfaatkan untuk rekreasi.
    Ketika sumberdaya ikan dimanfaatkan untuk rekreasi, maka outputnya berbeda. Nilai sumberdaya ikan, bukan lagi sebatas ikan yang dijual dalam bentuk uang, tapi kepuasan rekreasi yang tidak terukur dengan uang (pasar). Penilaian harga sumberdaya alam sepeti ini disebut “ valuasi ekonomi”.
    Derajat sifat barang publik dari sumberdaya alam, adalah kendali terhadap akses sumberdaya . Misalnya pemanfaatan jasa oleh suatu pihak akan mempengaruhi pemanfaatan oleh pihak lain? Ketiadaan kendali terhadap akses sumberdaya tidak berarti bahwa semua pihak akan menilai sumberdaya dengan penilaian yang sama.
    Barang dan jasa yang dihasilkan dari sumberdaya alam memberikan manfaat baik langsung maupun tidak langsung bagi kebutuhan manusia. Manfaat langsung dapat berupa komoditas maupun jasa yang dapat dkonsumsi langsung oleh manusia. Manfaat tidak langsung dapat berupa manfaat dari fungsi-fungsi ekologis yang dihasilkan dari sumberdaya alam. Misalnya pencegah banjir, penjaga keseimbangan ekosistem, penyediaan keanekaragamanan hayati dan lainnya. Sumerdaya alam memilik nilai yang tinggi baik nilai ekonomis maupun nilai ekologis bagi kelangsungan hidup manusia.

    Terima Kasih !

    ReplyDelete
  48. Nama : Ristuan D Purba
    Nim : 16202111
    Judul: Konservasi ikan Endemik "Terubuk"

    Menurut saya, Ikan Terbuk perlu dijaga keberadaan dan ketersediaannya, agar Ikan pada habitat alaminya di perairan Kabupaten Labuhanbatu tetap tersedia dan lestari. Salah satu upaya yang terbaik dilakukan dengan melakukan konservasi Ikan Teruruk . Melalui bergai kajian dan usulan konservasi Ikan Terbuk, maka sangat berterimakasih kepada Pemerintah yang telah menetapkan konservasi Ikan Terubuk di Sungai dan anak sungai Barumun, Sumatera Utara.

    ReplyDelete
  49. Nama   :   Afrilindo   Reta   Brema   Sembiring
    NIM   :   16202052
    Jurusan   :   Teknik   Mesin
    Mata   Kuliah   :   Audit   &   Efisiensi   Energi
    Sumberdaya alam adalah aset (natural asset) selain menyediakan barang yang dapat dimanfaatkan secara langsung, juga menghasilkan jasa yang tidak bisa dinilai melalui mekanisme pasar. Jasa sumberdya alam dapat dianalisis berdasarkan pemanfaatan dan derajat barang. Nilai pasar sumberdaya alam adalah nilai konsumsi atau pemanfaatan sumberdaya alam dilakukan. Misalnya sumberdaya ikan dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan produksi, ikan dijual ke pasar (marketable output) atau sumberdaya ikan dimanfaatkan untuk rekreasi.
    Ketika sumberdaya ikan dimanfaatkan untuk rekreasi, maka outputnya berbeda.
    Ikan Terbuk perlu dijaga keberadaan dan ketersediaannya, agar Ikan pada habitat alaminya di perairan Kabupaten Labuhanbatu tetap tersedia dan lestari. Salah satu upaya yang terbaik dilakukan dengan melakukan konservasi Ikan Teruruk . Melalui bergai kajian dan usulan konservasi Ikan Terbuk, maka sangat berterimakasih kepada Pemerintah yang telah menetapkan konservasi Ikan Terubuk di Sungai dan anak sungai Barumun, Sumatera Utara.
    dan berterimakasih juga kepada setiap orang yang telah peduli akan kelestarian ikan terubuk tersebut.
    semoga ikan terubuk tidak mengalami kepunahan.

    ReplyDelete

  50. Nana: Ady Syahputra Purba
    Nim: 16 202 105
    Mata Kuliah: Audit Dan Efisiensi Energi
    Judul: Konservasi Ikan Endemik “Terubuk”

    Menurut pendapat saya;
    Pada bahagian ini seperti yang kita ketahui dan yang kita lihat bahwasnya kebutuhan manusia terhadap ikan setiap waktu akan mengalami peningkatan.
    dan kita tau juga seiring meningkatnya kebutuhan tersebut maka kita harus mempertimbangkan akan regenerasi dari ikan tersebut dengan kebutuhan manusia.
    tentunya agar berlangsung dengan sesuai yang di inginkan maka harus perlu yang namanya keseimbangan .

    Begitu juga dengan kebutuhan manusia akan ikan terubuk , seperti yang kita ketahui bahwa harga jual ikan terubuk pada saat ini memang tidak terlalu mahal kita jumpai dipasaran
    masih bisa terjangkau oleh semua lapisan masyarakat

    hal ini lah yang menjadi kekhawatiran bahkan sebagai ancaman bagi ikan terubuk yang apabila perkembang biakan ikan terubuk tersebut tidak diperdulikan, maka kemungkinan besar ikan terubuk akan mengalami yang namanya kepunahan.

    Ikan Terbuk perlu dijaga keberadaan dan ketersediaannya, agar Ikan pada habitat alaminya di perairan Kabupaten Labuhanbatu tetap tersedia dan lestari. Salah satu upaya yang terbaik dilakukan dengan melakukan konservasi Ikan Teruruk . Melalui bergai kajian dan usulan konservasi Ikan Terbuk, maka sangat berterimakasih kepada Pemerintah yang telah menetapkan konservasi Ikan Terubuk di Sungai dan anak sungai Barumun, Sumatera Utara.
    dan berterimakasih juga kepada setiap orang yang telah peduli akan kelestarian ikan terubuk tersebut.
    semoga ikan terubuk tidak mengalami kepunahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama : Jeffrey Pebryan Anderson
      NIM : 18202143
      Mata Kuliah : PLI
      EXTENTION
      Jurusan Teknik Mesin

      Pendapat saya juga setuju dengan kawan tersebut bahwa untuk menjaga habitat ikan endermik ini sebaiknya bukan hanya pemerintah setempat, akan lebih baiknya ada juga pengarahan atau didikan dari pemerintah untuk masyarakat setempat agar menjaga kelestarian atau perkembang biakan ikan endermik tersebut, agar populasi ikan tersebut terjaga dan habitat alaminya tetap tersedia.

      Delete
  51. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  52. Nama : Fernandes
    Nim : 1620112
    MK : Audit dan efisiensi energi
    Menurut pendapat saya,
    Mengenai konservasi ikan endemik "TERUBUK" harus tetap di jaga kelestariannya agar kehidupannya tetap bertambah terus menerus supaya manusi dapat menikmatinya hingga ke anak cucunya.karena jenis ikan terubu ini memiliki khasiat yang sangat penting untuk kesehatan akan tetapi bukan hanya jenis ikan terubu ini saja juga melainkan semua jenis ikan baik yang ada di air tawar juga di air laut karena semua jenis ikan ini memiliki khasit berbagai macam untuk kesehan jika,ikan ini punah maka anak cucu kita nantinya tidak akan dapat untuk menikmati jenis ikan ini.
    oleh karena itu,kita harus tetap menjaga kelestarinnya secara bersamasama karena jika hanya pemerintah saja ataupun hanya sebagian masyarakat saja kita tidak akan dapat menjaga secara kondusif.

    ReplyDelete
  53. Nama: Bagas Prasetyo
    NIM: 16202102
    M.Kuliah: Audit & Efisiensi Energi

    Tanggapan: menurut Dr.Ir.Hamzah Lubis,SH.,M.Si ketika sumberdaya ikan dimanfaatkan untuk rekreasi, maka outputnya berbeda. Nilai sumberdaya ikan, bukan lagi sebatas ikan yang dijual dalam bentuk uang, tapi kepuasan rekreasi yang tidak terukur dengan uang (pasar). Penilaian harga sumberdaya alam sepeti ini disebut “ valuasi ekonomi”. Para ahli ekonomi sumberdaya alam dan aktivis lingkungan menilai seekor ikansebagai produk sumberdaya alam dangan nilai sumberdaya alam. Salah satu aset sumberdaya ikan di Labuhan Batu adalah ikan terubuk yang dijaga keberadaan dan ketersediaannya dan lestari.
    Kesimpulan: Konservasi Ikan Terubuk pada dasarnya merupakan sasaran jangka panjang yang ideal untuk dapat dicapai di masa yang akan datang. Dari visi diatas tergambar bahwa perlunya upaya agar sumberdaya Ikan Terubuk tetap dapat dijaga keberadaannya, dan dapat tersedia untuk dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan sebagai sumber penghidupan masyarakat generasi sekarang dan generasi yang akan datang.Untuk dapat menjaga kelestarian dan keberadaan Ikan tersebut diperlukan berbagai upaya yang saling sinergis, mulai dari pengaturan kegiatan penangkapan sampai dengan upaya menciptakan kondisi perairan yang dapat mendukung kehidupan Ikan Terubuk.

    ReplyDelete
  54. NAMA : ADE SYAHPUTRA
    NIM : 17202020
    KELAS: EXTENTION
    ASSALAMUALAIKUM

    Menurut Pendapat Saya :
    Ikan terubuk adalah sumber daya ikan yang harus dijaga dan diperbaharui kelestariannya supaya tidak punah. Apabila terus menerus nelayan menangkap ikan terubuk semakin lama ikan terubuk akan punah dan akan mengalami penurunan.

    ReplyDelete
  55. Nama : David J. H. Simarmata
    Nim : 18202076
    Jurusan : Teknik Mesin
    M.Kuliah : Pengendalian Lingkungan Industri

    Menurut pendapat saya,
    Ikan Terubuk adalah ikan yang memiliki habitat hidup di perairan laut dan melakukan ruaya pemijahan ke perairan tawar di daerah aliran sungai Barumun, Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara. Ikan Terubuk ini harus dijaga kelestarian hidupnya di habitat alaminya di perairan Kabupaten Labuhanbatu.

    Seperti yang ditulis Dr.Ir.Hamzah Lubis, SH., M.Si dengan pembahasan : ”Konservasi Ikan Endemik Terubuk” ini, saya sangat setuju seperti apa yang tertulis dalam tulisan beliau tersebut. Peraturan pemerintah yang mengatur penangkapan ikan dalam waktu dan wilayah sebaran tertentu bisa membantu terjaganya populasi Ikan Terubuk yang ada.

    ReplyDelete
  56. Nama : Seiya Gusmar Angger Putra
    NIM : 17202036
    Jurusan : Teknik Mesin
    Extention
    Didalam dokumen rencana aksi pengelolaan ikan terubuk yang akan berlaku selama 5 tahun ini juga memuat rencana revitalisasi kearifan lokal "semah" ikan terubuk. Nilai-nilai kearifan lokal seperti semah terubuk, saat ini tidak lagi berlangsung. Dari beberapa informasi yang diperoleh, penyebabnya adalah: pertama, sulitnya memenuhi persyaratan dalam melaksanakan upacara ini, seperti menghadirkan sejumlah batin-batin yang berasal dari keturunan Datuk Laksamana Raja Di Laut yang pada saat ini sudah tidak ada lagi. Kedua, besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk melaksanakan upacara semah tersebut dan ketiga, kurangnya kepercayaan banyak orang akan upacara ini dapat menghasilkan ikan terubuk menjadi melimpah. Padahal dari semah terubuk ini tersimpan nilai-nilai pelestarian atau konservasi terhadap ikan terubuk yang sudah dilakukan oleh orang-orang terdahulu.

    Mengingat betapa pentingnya dokumen rencana aksi pengelolaan ikan terubuk bagi semua para stakeholder terkait baik yang aktif secara langsung maupun tidak langsung dalam upaya konservasi ikan terubuk dan habitatnya, dan/atau yang kebijakannya bisa mempengaruhi kelestarian ikan terubuk dan habitatnya. Maka diharapkan pada tahun ini Dokumen NPOA ikan terubuk sudah ditetapkan oleh SK Dirjen Kelautan, Pesisir, dan Pulau – Pulau Kecil.

    ReplyDelete
  57. NAMA :KIKI ANDRIAN
    NIM :17202041
    KELAS :EXTENTION

    Agar ikan endemik itu bisa terus bertahan dan populasi nya meningkat lagi perlu dilaksanakan konservasi sumber daya ikan yang ada di kabupaten labuhan batu provinsi Sumatera Utara.
    Sumberdaya alam adalah aset (natural asset) selain menyediakan barang yang dapat dimanfaatkan secara langsung, juga menghasilkan jasa yang tidak bisa dinilai melalui mekanisme pasar.
    Dengan adanya konservasi, mengatakan upaya perlindungan, pelestarian,dan pemanfaatan sumber daya ikan, termasuk di dalamnya adalah ekosistem,jenis,dan kesinambungan dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas nilai dan keanekaragaman sumber daya alam.oleh karena itu,kita harus tetap menjaga kelestarinnya secara bersamasama karena jika hanya pemerintah saja ataupun hanya sebagian masyarakat saja kita tidak akan dapat menjaga secara baik

    ReplyDelete
  58. Nama :IVAN SUVANTRI SITUMORANG
    NIM : 18202153
    JURUSAN : TEKNIK MESIN EXT
    M.KULIAH : PENGENDALIAN LINGKUNGAN INDUSTRI

    Pendapat Saya,

    Ikan Terubuk (Tenualosa macrura danTenualosa ilisha) merupakan jenis sumber daya ikan yang dapat diperbaharui, apabila dimanfaatkan secara lestari maka dapat menjadi sumber pendapatan bagi generasi saat ini dan generasi yang akan datang. Populasi dari ikan terubuk ini harus tetap dijaga dengan berbagai cara agar ikan terubuk tidak punah dan dapat tetap tumbuh di perairan sumatera utara.Ikan jenis air tawar ini harus di kembang biakkan di perairan tawar di sekitar sungai barumun,agar menjadi sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Sanksi yang tegas juga harus diberikan bagi siapa yang merusak ataupun melakukan penangkapan di waktu yang telah ditetapkan.Sungai barumun juga harus dijaga kelestariannya dan jangan sampai tercemar karena dapat mengganggu populasi ikan terubuk yang ada disana.

    Seperti yang ditulis Dr.Ir.Hamzah Lubis, SH., M.Si dengan pembahasan:”Konservasi Ikan Endemik Terubuk” ini,Pemerintah sudah mengeluarkan keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Nomor 34/KEPMEN-KP/2016 tanggal 2 Agustus 2016 tentang Penetapan Status Perlindungan Terbatas Jenis Ikan Terubuk (Tenualosa Macrura ) supaya bertujuan menjaga populasi yang semakin menurun dan menjadi populasi kelestariannya menjadi meningkat, ikan terubuk mengalami penurunan populasinya disebabkan karena aktivitas penangkapan yang dilakukan pada saat ikan terubuk melakukan pemijahan, dengan tujuan mengambil telurnya, karena telur ikan terubuk mempunyai nilai jual yang tinggi. Dengan dikeluarakan Pemertintah keputusan Penetapan Status Perlindungan Terbatas Jenis Ikan Terubuk (Tenualosa Macrura ) dapat menjaga kelestarian ikan terubuk supaya tidak punah.

    ReplyDelete
  59. Nama : Risky Pratama Simbolon
    NIM : 17202290
    Jurusan : Teknik Mesin
    Extention


    Didalam dokumen rencana aksi pengelolaan ikan terubuk yang akan berlaku selama 5 tahun ini juga memuat rencana revitalisasi kearifan lokal "semah" ikan terubuk. Nilai-nilai kearifan lokal seperti semah terubuk, saat ini tidak lagi berlangsung. Dari beberapa informasi yang diperoleh, penyebabnya adalah: pertama, sulitnya memenuhi persyaratan dalam melaksanakan upacara ini, seperti menghadirkan sejumlah batin-batin yang berasal dari keturunan Datuk Laksamana Raja Di Laut yang pada saat ini sudah tidak ada lagi. Kedua, besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk melaksanakan upacara semah tersebut dan ketiga, kurangnya kepercayaan banyak orang akan upacara ini dapat menghasilkan ikan terubuk menjadi melimpah. Padahal dari semah terubuk ini tersimpan nilai-nilai pelestarian atau konservasi terhadap ikan terubuk yang sudah dilakukan oleh orang-orang terdahulu.

    Mengingat betapa pentingnya dokumen rencana aksi pengelolaan ikan terubuk bagi semua para stakeholder terkait baik yang aktif secara langsung maupun tidak langsung dalam upaya konservasi ikan terubuk dan habitatnya, dan/atau yang kebijakannya bisa mempengaruhi kelestarian ikan terubuk dan habitatnya. Maka diharapkan pada tahun ini Dokumen NPOA ikan terubuk sudah ditetapkan oleh SK Dirjen Kelautan, Pesisir, dan Pulau – Pulau Kecil.

    ReplyDelete
  60. NAMA :RIDWAN PRATAMA
    NIM :17202088
    KELAS:EXTENTION


    Agar ikan endemik itu bisa terus bertahan dan populasi nya meningkat lagi perlu dilaksanakan konservasi sumber daya ikan yang ada di kabupaten labuhan batu provinsi Sumatera Utara.
    Sumberdaya alam adalah aset (natural asset) selain menyediakan barang yang dapat dimanfaatkan secara langsung, juga menghasilkan jasa yang tidak bisa dinilai melalui mekanisme pasar.
    Dengan adanya konservasi, mengatakan upaya perlindungan, pelestarian,dan pemanfaatan sumber daya ikan, termasuk di dalamnya adalah ekosistem,jenis,dan kesinambungan dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas nilai dan keanekaragaman sumber daya alam.oleh karena itu,kita harus tetap menjaga kelestarinnya secara bersamasama karena jika hanya pemerintah saja ataupun hanya sebagian masyarakat saja kita tidak akan dapat menjaga secara baik

    ReplyDelete
  61. Nama : Ade Riwaldi
    NIM : 17202077
    Extention

    Pemerintah daerah dan masyarakat pada dasarnya menyadari bahwa saat ini populasi Ikan Terubuk sudah jauh mengalami penurunan dan memerlukan Iangkah-Iangkah antisipatif untuk menghindari ancaman kepunahan. Dengan dasar-dasar pertimbangan di atas, upaya pengelolaan Ikan Terubuk diarahkan pada upaya pemanfaatan yang lestari, yaitu pemanfaatan yang berimbang dengan upaya perlindungan dan pelestarian sehíngga sumberdaya Ikan Terubuk dapat tetap lestari untuk dapat dimanfaatkan oleh generasi sekarang dan generasi yang akan datang .
    Konservasi Ikan Terubuk pada dasarnya merupakan sasaran jangka panjang yang ideal untuk dapat dicapai di masa yang akan datang. Dari visi diatas tergambar bahwa perlunya upaya agar sumberdaya Ikan Terubuk tetap dapat dijaga keberadaannya, dan dapat tersedia untuk dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan sebagai sumber penghidupan masyarakat generasi sekarang dan generasi yang akan datang.Untuk dapat menjaga kelestarian dan keberadaan Ikan tersebut diperlukan berbagai upaya yang saling sinergis, mulai dari pengaturan kegiatan penangkapan sampai dengan upaya menciptakan kondisi perairan yang dapat mendukung kehidupan Ikan Terubuk.

    ReplyDelete
  62. Nama : Joy Perananta Meliala
    NIM : 18202100
    Kelas : 4M3
    Mata Kuliah : Pengendalian Lingkungan Industri


    Menurut pendapat saya,
    Sumberdaya alam adalah aset (natural asset) selain menyediakan barang yang dapat dimanfaatkan secara langsung, juga menghasilkan jasa yang tidak bisa dinilai melalui mekanisme pasar. Jasa sumberdya alam dapat dianalisis berdasarkan pemanfaatan dan derajat barang. Nilai pasar sumberdaya alam adalah nilai konsumsi atau pemanfaatan sumberdaya alam dilakukan. Misalnya sumberdaya ikan dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan produksi, ikan dijual ke pasar (marketable output) atau sumberdaya ikan dimanfaatkan untuk rekreasi.
    Ketika sumberdaya ikan dimanfaatkan untuk rekreasi, maka outputnya berbeda. Nilai sumberdaya ikan, bukan lagi sebatas ikan yang dijual dalam bentuk uang, tapi kepuasan rekreasi yang tidak terukur dengan uang (pasar). Penilaian harga sumberdaya alam sepeti ini disebut “ valuasi ekonomi”.
    Derajat sifat barang publik dari sumberdaya alam, adalah kendali terhadap akses sumberdaya . Misalnya pemanfaatan jasa oleh suatu pihak akan mempengaruhi pemanfaatan oleh pihak lain? Ketiadaan kendali terhadap akses sumberdaya tidak berarti bahwa semua pihak akan menilai sumberdaya dengan penilaian yang sama.
    Barang dan jasa yang dihasilkan dari sumberdaya alam memberikan manfaat baik langsung maupun tidak langsung bagi kebutuhan manusia. Manfaat langsung dapat berupa komoditas maupun jasa yang dapat dkonsumsi langsung oleh manusia. Manfaat tidak langsung dapat berupa manfaat dari fungsi-fungsi ekologis yang dihasilkan dari sumberdaya alam. Misalnya pencegah banjir, penjaga keseimbangan ekosistem, penyediaan keanekaragamanan hayati dan lainnya. Sumerdaya alam memilik nilai yang tinggi baik nilai ekonomis maupun nilai ekologis bagi kelangsungan hidup manusia.

    ReplyDelete