ORGANISASI- PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN
“Allah tidak akan mengubah kondisi suatu kaum, sampai mereka mengubahnya sendiri.” (Q.S Al-Ra'd - 11)
Kotak: Para pakar sepakat bahwa keberhasilan seseorang itu hanya 15-20% ditopag oleh IQ selebihnya 80-85% ditentukan oleh EQ. Salahsatu cara untuk mendapatkan EQ adalah terlibat dalam organisasi. Olehkarena itu, organisasi memberi peran penting untuk keberhasilan.
Permainan: Rancanglah sebuah organisasi yang akan anda pimpinan ke depan (organaisasi bisnis, perdagangan, jasa, sosial dan lainnya). Buatlah bagan organisasi, alur intruksi dan job discription masing-masing.
Pengantar
Materi kuliah organisasi diambil dari
tulisan Salamadian berjudul: Pengertian Organisasi : Tujuan,
Bentuk, Ciri & Unsur-Unsur Organisasi dalam : https://salamadian.com/pengertian-organisasi-adalah/. Menurutnya, organisasi ada berbagai bidang yang
tentunya akan membutuhkan organisasi yang baik untuk mencapai tujuan yang
diinginkan secara optimal. Maka memahami makna organisasi itu sendiri akan
lebih membantu dalam melaksanakan pekerjaan secara tim dengan sebaik mungkin.
Tidak hanya itu, ternyata ada beberapa jenis serta bentuk organisasi yang berbeda sesuai dengan tujuannya masing-masing yang juga perlu untuk diketahui.
Pengertian dan Tujuan
Organisasi
Organisasi adalah sebuah wadah untuk sekumpulan
orang yang bekerja sama secara rasional serta sistematis yang terpimpin atau terkendali
untuk mencapai tujuan tertentu memanfaatkan sumber daya yang ada di dalamnya. Sementara
dalam dunia bisnis, organisasi merupakan sekelompok orang yang melakukan
kolaborasi untuk mencapai tujuan secara komersial dengan struktur yang jelas
serta memiliki budaya kerja khusus.
Berikut beberapa tujuan organisasi yang secara umum
banyak dijadikan sebagai tujuan dari pembangunan organisasi tersebut yaitu :
- Meningkatkan kemandirian serta kemampuan dari sumber daya yang
dimiliki
- Wadah yang digunakan untuk individu yang memang ingin memiliki
jabatan, penghargaan serta pembagian kerja yang jelas
- Wadah untuk memiliki pengawasan dan kekuasaan
- Membantu setiap individu yang ada di dalamnya agar dapat meningkatkan
pergaulan serta memanfaatkan waktu luang secara lebih optimal serta
bermanfaat
- Wadah yang membantu mencari keuntungan bersama-sama dengan kerja sama
yang sudah terbagi dengan baik
- Membantu untuk pengelolaan lingkungan bersama-sama
- Mencapai tujuan secara efektif dan efisien sesuai dengan yang telah
menjadi tujuan awal sebuah organisasi
Organisasi memang harus jelas tujuan serta berbagai
hal yang akan dilakukan di dalamnya tertuang dalam visi dan misi organisasi.
Tentunya hal ini harus sudah ditentukan sejak awal karena berkaitan dengan
pembagian tugas serta bentuk kerja sama yang akan dilakukan masing-masing
anggota yang ada di dalamnya.
Sehingga tujuan ini menjadi poin yang sangat
penting dimiliki sebuah organisasi dalam mengoptimalkan kinerja yang ada di
dalamnya.
Unsur-Unsur Organisasi
Untuk bisa menjalankan sebuah organisasi secara
optimal maka diperlukan kelengkapan unsur dasar dalam organisasi itu sendiri.
Dengan adanya kelengkapan unsur tersebut maka organisasi dalam terlaksana
dengan baik. Berikut beberapa unsur yang harus ada dalam organisasi adalah :
- Anggota organisasi yang terdiri dari pemimpin yang mengatur organisasi
secara umum, manajer yang mengepalai unit tertentu sesuai fungsi bidang
kerjanya dan orang-orang yang bekerja di bawah manajer. Penyebutan ini
biasanya disesuaikan dengan jenis organisasinya masing-masing
- Kerja sama menjadi bagian penting dalam sebuah organisasi, dengan
adanya kerja sama yang baik maka tujuan organisasi dapat dicapai
bersama-sama. Sehingga adanya tingkatan anggota akan membantu memudahkan
dalam mengatur bagian kerja untuk menjalin kerja sama yang lebih baik
- Tujuan organisasi akan menjadi arah perjalanan organisasi tersebut
dalam menentukan kegiatan yang dilakukan nantinya
- Lingkungan seperti kondisi sosial, budaya, ekonomi dan teknologi
menjadi pendukung dalam mencapai tujuan dari organisasi yang telah
ditentukan sebelumnya
- Peralatan adalah sarana seperti materi, budget dan barang modal
lainnya yang dapat menjadi tempat bekerja atau berkumpulnya organisasi
- Komunikasi tentunya akan sangat mempengaruhi bagaimana setiap anggota organisasi dapat bekerjasama dengan baik. Komunikasi yang baik akan sangat mendukung perkembangan organisasi secara lebih optimal sesuai dengan proses kerja yang sudah diatur sedemikian rupa.
Ciri-Ciri Organisasi
Ada beberapa hal yang dapat menjadi ciri-ciri
sebuah organisasi yaitu sebagai berikut :
- Memiliki anggota atau sekelompok orang di dalamnya yang berjumlah 2
orang atau lebih untuk bisa menjalankan organisasi sesuai dengan tujuan
yang telah ditentukan
- Memiliki tujuan organisasi yang akan dicapai bersama. Sehingga
kegiatan yang dilakukan di dalamnya akan lebih jelas
- Saling bekerja sama menjadi ciri khas utama dalam organisasi karena
bagaimanapun setiap anggota yang ada di dalamnya harus bisa saling
membantu untuk mencapai tujuan organisasi
- Peraturan yang dibuat untuk kepentingan setiap anggota dalam
organisasi tentu sangat penting untuk membatasi sumber dayanya tetap bisa
bekerja sama dengan baik dalam menjalankan pekerjaannya
- Pembagian tugas yang sinergis akan dilakukan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan dalam organisasi tersebut, tentunya juga dengan pertimbangan bidang berdasarkan tujuan organisasi yang ditentukan.
Bentuk-Bentuk Organisasi
Bentuk organisasi dibedakan berdasarkan strukturnya
untuk membedakan satu sama lain. Berikut beberapa bentuk organisasi yang banyak
ditemui yaitu :
- Organisasi garis dan staf terdapat dua kelompok orang yaitu yang
melaksanakan tugas pokok organisasi untuk mencapai tujuan dan orang yang
menjalankan pekerjaan sesuai bidang keahliannya. Sehingga biasanya
pembagian tugas akan lebih terarah dan bukan hanya berasal dari pemimpin
tertinggi organisasi
- Organisasi garis adalah yang paling sederhana dengan adanya jumlah
anggota yang sedikit dengan adanya pimpinan tertinggi kemudian ada anggota
lainnya yang menjalankan pekerjaan sesuai pembagian yang diberikan
- Organisasi fungsional memiliki pembagian tugas kinerja yang sudah
diberikan oleh para petingginya, sehingga anggota yang ada di bawahnya
tinggal menerima instruksi bahkan bisa mendapatkan beberapa instruksi
sekaligus
- Organisasi komite atau biasa juga disebut dengan panitia yang diberikan kekuasaan tertentu serta melakukan rundingan untuk memutuskan berbagai hal berkaitan dengan kegiatan organisasi mencapai tujuannya.
Jenis-Jenis Organisasi
Organisasi ternyata memiliki beragam berdasarkan
berbagai pertimbangan yaitu sebagai berikut :
- Berdasarkan hubungan personal terbagi menjadi organisasi formal yang
resmi biasanya ada juga yang sudah memiliki badan hukum dan informal yang
terbentuk karena kesamaan minat atau pribadi atau kebutuhan suatu tujuan
bersama
- Dari jumlah orang ada organisasi tunggal dengan semua tugas berasal
dari satu pimpinan dan organisasi komisi yang memiliki dewan untuk
masing-masing bidang pekerjaan
- Menurut tujuannya ada organisasi sosial yang bersifat non profit dan
yang mencari keuntungan
- Berdasarkan kehidupan di masyarakat ada jenis organisasi kesehatan,
pendidikan, pertanian dan jenis lainnya sesuai bidang yang ada di
masyarakat
- Berdasarkan fungsi serta tujuan yang dilayani yaitu organisasi
politik, pemelihara seperti peduli lingkungan, integratif dan produksi
secara khusus sesuai tujuannya
- Berdasarkan pihak yang menggunakan manfaat organisasi ada mutual benefit
organization yang dinikmati angotanya, commonwealth
organization yang dinikmati masyarakat umum, service
organization dinikmati pelanggan khusus dan bussiness akan
dinikmati para konsumennya
- Dalam lalu lintas kekuasan terbagi menjadi 3 yaitu lini atau lurus
yaitu kekuasaan hanya mengalir dari pimpinan organisasi, lini atau staf
pimpinan akan dibantu dengan kepala staf yang ada di bawahnya secara
langsung dan fungsional yang fungsi di dalamnya akan dipimpin oleh orang
yang sudah ahli di bidangnya.
Setelah memahami berbagai hal terkait organisasi
maka akan lebih mudah dalam mendirikan serta menjalankan organisasi tersebut
dengan baik dan benar.
Jika dikembangkan dengan cara yang tepat maka sudah
tentu siapapun yang berada di dalamnya juga akan mendapatkan banyak pengalaman
serta pembelajaran, selain itu manfaat dari organisasi ini juga dapat dirasakan
oleh lebih banyak orang lagi.
Sehingga tidak hanya tujuan tercapai tetapi juga menguntungkan banyak pihak di sekitar organisasi tersebut.
Tugas Kuliah:
Buatlah
rangkuman materi kuliah dan berilah catatan penting menurut anda. Kirimkan
tugas ke WA group paling lama 7 (tujuh) hari setelah kuliah.
No comments:
Post a Comment