IKA PSL USU The Best: USU Sediakan Lahan Bangunan Fasilitas Kumpul IKA PSL


IKA PSL-USU  THE BEST: USU SEDIAKAN LAHAN BANGUNAN  FASILITAS  KUMPUL IKA PSL 
                
Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, Dr.Ir.Hj.Sabrina,M.Si  menyambut antusias pelaksanaan Diskusi  Ilmiah “Pengurangan Gas CO,  Penghematan BBM Pada Kenderaan dan Industri”. Menurutnya, aplikasi diskusi ilmiah ini akan mengurangi gas rumah kaca, pemanasan global, perubahan iklim dengan segala dampaknya. Oleh karena itu ia memprovokasi  IKA PSL-USU responsip terhadap permasalahan lingkungan dengan melakukan diskusi-diskusi ilmiah dan gerak nyata. Hasil diskusi disarankan direkomendasikan ke Pemprov Sumatera Utara dan intansi terkait. Hal ini disampaikannya pada sambutan dan membuka Acara Penyerahan Bantuan IKA PSL-USU dari Ketua Umum Dr.Ir.Hamzah Lubis,SH,M.Si kepada Ketua Prodi PSL-USU Dr.Miswar Budi Mulya,M.Si dirangkaikan dengan diskusi ilmiah, di Kampus USU, Kamis 30 Agustus 2018.
Beberapa contoh kajian yang diminta  Sabrina: pencemaran CO sebagai gas rumah kaca, penghematan BBM, kematian ikan di Danau Toba, keaanekaragaman salak Sidempuan, keanekaragaman anggrek Toba, anti nyamuk lokal dan lainnya. Dalam tindak nyata, ia meminta IKA PSL-USU menjadi garda terdepan dalam aksi cinta sumberdaya alam lokal seperti mengkonsumsi buah lokal, berwisata di dalam negeri, membuat koleksi/bank keanekaragaman hayati, projek percontohan kampung PSL, membangun joglo di USU untuk tempat berdiskusi dan lainnya.
Kegiatan ini dihadiri utusan dari Dinas Perhubungan Sumatera Utara, Dinas Perhubungan Kota Medan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Utara, Dinas ESDM Provinsi Sumatera Utara, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Kopertis Wilayah-1, perguruan tinggi di Medanm mahasiswa dan alumni PSL-USU.

IKPSL-The Best
Pada bagian lain, Prof.Dr.Robert Sibarani,MS Direktur Sekolah Pascasarjana USU secara spontan dalam sambutannya menggaungkan slogan “IKA PSL  The Best”. Slogan yang disampaikan berulang-ulang, sebagai respon atas kegiatan  IKA PSL 2018-2023 diketuai Dr.Ir.Hamzah Lubis,SH,M.Si yang telah melakukan “Seminar Nasional Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan Hidup untuk Ketahanan Pangan” 28 Maret 2018 dengan proseding ber ISBN, mensupport kegiatan SPS-USU, pemberian bantuan ke PSL, diskusi Ilmiah penghematan BBM kenderaan-industri dan berbagai kegiatan produktif lainnya. Menurut Robert Sibarani, alumni memiliki peran penting dalam akreditasi dan pengembangan Prodi. 
Robert Sibarani juga menyedikan lahan yang strategis di depan Gedung SPS USU untuk dibangun menjadi joglo IKA PSL-USU, tempat kumpul, diskusi dan pameran  keunggulan alumni dan kegiatan positif lainnya. Desainnya diserahkan kepada alumni. Fasilitas pemeliharaaan seperti kebersihan, listrik, jaringan internat disediakan SPS USU. Ia juga bila diperlukan akan membantu alumni untuk memasukkan tulisannya ke jurnalp-jurnal  internasional terpercaya.

Penghematan BBM
Diskusi ilmiah yang dipandu Dr.Indra Utama,M.Si Ketua Dewan Pakar IKA PSL-USU menampilkan Abdul Hakim Daulay,MSi alumni PSL 1998 dibantu M.Amin Daulay,M.Si dari  PT. Bandung Eco Sinergi Teknologi. Dalam paparannya, diprediksi tahun 2018 Sumatera Utara memiliki kenderaan 5.315.181 unit dan  1.545 pabrik yang semuanya memerlukan bbm.  Kenaikan konsumsi bbm berakibat meningkatkan pencemaran udara, hujan asam, penurunan kesehatan, penurunan ekonomi masyarakat, perubahan iklim, pemanasan global dan peningkatan impor bbm. 
Abdul Hakim menawarkan perbaikan proses pembakaran di dalam mesin dengan perbaikan kualitas bbm untuk  mendapatkan pembakaran sempurna dengan organik “eco racing”. Melalui hasil uji di ITB, Dishub, Lemigas, Petrolab, Dynotest, Auto 200, Astra Internasional, Tunas Daihatsu, PT Wika Karya Pramitra, diperoleh perbaikan kualitas bbm, gas buang dan performance mesin. Peningkatan 5-10  Research Octane Number (RON) untuk bbm prenium, 2-5 Cetane Number (CN) untuk mesin diesel;  uji gas buang CO menjadi nol;  performance mesin menambah tenaga, akselarasi, menghilangkan knocking dan  meningkatnhya umut mesin. Dampak turunan penghematan bbm 40-50% untuk kenderaan dan 20-30% untuk mesin pabrik.
Hasil uji coba pada mesin genset di PKS Bencah Kelubi PT.Wira Karya Paramitra,  Riau dengan mencampur 885 liter solar dengan 19 pil Eco-Diesel menghasilkan penghematan bbm 29%. Dengan konsumsi bbm 12.00 l/bln, harga PPN Rp.9.538 sebesar Rp.33.192.240/bln, dikurangi pembelian 226 pil Eco-Diesel a.Rp.30.000 sebesar Rp.6.780.000, maka pembiayaan menjadi Rp.26.412.240,-

Rekomendasi Diskusi
Menurut Dr.Ir.Hamzah Lubis,SH,M.Si Ketua Umum IKA PSL-USU, diskusi ilmiah ini telah menghasilkan alternatif  pengurangan pencemaran, pengurangan bbm dengan segala turunannya. Dengan memakai eco racing secara umum akan terjadi penguranan bbm lk.30-40%, penghematan pengeluaran bbm lk.30-40%, pe-nol-an gas CO, pengurangan gas CO2 lk.30-40%, pengurangan gas SOx lk.30-40%, pengurangan gas NOx lk.30-40%,  impor bbm lk.30-40%, peningkatan mutu kesehatan dan lainnya.
”Kita mendukung dan akan merekomendasikan ke Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan masyarakat luas pemakaian eco racing ini”, tuturnya. Ini tidak berarti IKA PSL terlibat dalam bisnis ini, tapi IKA PSL pasti mendukung semua bisnis yang menyelamatkan lingkungan. Ia mengharapkan para pengambil kebijakan, alumni dan masyaraat luas terlibat dalam mensosialisasikan, memakai,  bahkan dalam bisnis lingkungan ini akan mempercepat perbaikan mutu lingkungan di Sumatera Utara.(hl)





No comments:

Post a Comment