Sekda Provsu Akan Buka Diskusi Ilmiah Penghematan BBM IKA PSL-USU


Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Dr.Ir.Hj.Sabrina,M.Si direncanakan akan membuka Diskusi Ilmiah “Pengurangan Gas CO,  dan Penghematan BBM Pada Kenderaan dan Industri” dirangkaikan dengan Penyerahan Bantuan Alumni IKA PSL USU kepada Prodi PSL SPS USU, pada hari Kamis, 30 Agustus 2018 di Aula Gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara, Padang Bulan, Medan. Demikian dikatan Ketua Umum  Ikatan Alumni Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (IKA PSL) Sekolah Pascasarjana USU, Dr.Ir.Hamzah Lubis,SH,M.Si kepada wartawan baru-baru ini.
Dalam diskusi ilmiah ini nara sumber Abdul Hakim Daulay,M.Si  Alumni S2 PSL SPS-USU th.1998, akan menyadikan kajian ilmiah, uji laboratorium dan pengalaman  berbagai pemakai kenderaan yang dapat menghemat bbm sampai 50% dan untuk mesin industri sampai 29%. Ini berarti terjadi pengurangan polusi sebesar 50% dari kenderaan dan 29% dari mesin industri yang berdampak positif bagi pengurangan gas rumah kaca (CO2), meningkatkan kesehatan (menolkan CO). Hamzah Lubis yang aktifis lingkungan ini mewanti-wanti bahwa IKA PSL tidak terlibat dengan bisnis ini, namun secara pribadi akan mendukung semua usaha yang dilakukan semua pemakai kenderaan dan industri untuk efisiensi, penghematan bahan baku, penghematan bbm, pemanfaatan sisa industri sampai pada daur ulangnya. Ia berharap para para pengambil kebijakan, pemilik kenderaana dan industri dapat menghadari diskusi yang terbuka untuk umum ini.
Kegiatan yang berlangsung mulai Pk.15.30 Wib ini dirangkaikan dengan pemberian bantuan alumni kepada Programstudi PSL SPS USU sebagai almamaternya. Nilai sumbangan tidak seberapa, tapi sebagai kontribusi untuk almamater, turu Hamzah Lubis merendah. Diharapkan Dr.Miswar Budi Mulya,M.Si Ketua Prodi S2/S3 PSL USU akan menerima bantuan. Direktur SPS USU Prof.Dr.Robert Sibarani,M.S. selain akan memberikan kata sambutan atas kegiatan ini diharapkan akan memberi pengarahan kepada pengursu IKA PSL priode 2018-2022 yang baru mendapat SK dari SPS USU.
            Pengurus IKA PSL terdiri atas Ketua Umum Dr.Ir.Hamzah Lubis, SH.,M.Si dengan ketua-ketua Drs.Hotman Manurung, M.Si, Siti Bayu Nasution, S.Si, M.Si,  Dr. M.Ali musri S, M.Si dan  Dra. Suriati Lubis, M.Si. Sekretaris Umum           Ir. Anung Gunawan,M.Si dengan sekretaris-sekretaris  Drs. Eka Adiputra, M.Si ,  Dr.Ir.Ma’rifatin Zahrah,M.Si, Dr.Ir.Rumila Harahap, Mtdan  Dr.Rena  Arifah. Bndahara Mayang Sari Yeanny, S.Si, M.Si      dengan wakil bendahara Hj. Endang Maryanti, SKM.,M.Si, Dr.Ir.Kimberly  Febrina Kodrad, MS, M.Kes,MT serta pengurus bidang-bidang. Dalam konposisi pengurusan terdapat Dewan Pakar diketuai Dr.H.Indra Utama,SE, M.Si dengan SekretarisDr.Ir.Said Muzambiq,M.Si serta Dewan Pengarah diantaranya dr. Fatni Sulani, M.Si, DTMH, Dr.Hj. Ir. Sabrina, M.Si, Dr.Ir.Hj.Hidayati,M.Si, Ir. Alwin, M.Si dan Idham, SH, M.Si. (Hl)

No comments:

Post a Comment