MK.AEE- 5. SUMBER-SUMBER ENERGI


                                               

AUDIT DAN EFISIENSI ENERGI-1

SUMBER-SUMBER ENERGI

1.    Pendahuluan
Sepanjang sejarah manusia, kemajuan-kemajuan besar dalam kebudayaan selalu diikuti oleh meningkatnya konsumsi energi. Sekarang, konsumsi energi kelihatannya berhubungan langsung dengan tingkat kehidupan penduduk serta derajat industrialisasi suatu negara. Negara-negara yang mempunyai persediaan suplai energi yang besar ternyata mengalami pula laju pertumbuhan industri serta kenaikan produk nasional bruto yang sebanding. Dalam banyak kasus, tersedianya energi dengan harga murah telah mengakibatkan pemakaian energi yang tidak efisien rian di beberapa tempat menyebabkan terjadinya kerusakan ekologi. Namun, adalah jelas bahwa untuk menaikkan tingkat kehidupan bagian terbesar penduduk dunia, konsumsi energi sekarang ini rnestilah betul-betul ditingkatkan. Gambar 1 menunjukkan hubungan antara konsumsi energi per kapita dengan tingkat kehidupan, yang diukur dengan besarnya produk nasional bruto per kapita dari berbagai negara di dunia. Pada masa kini, beberapa negara yang kebetulan mempunyai suplal energi berharga murah menggunakan pula kekayaannya itu sebagai senjata politik dan ekonomi yang potensial guna mencapai tujuan-tujuan politik yang tak akan tercapai dengan cara-cara diplomatik biasa. oleh karena "pemerasan energi" (energy blackmail) ini, penduduk negara-negara yang mempunyai ketergantungan pada energi menjadi semakin sadar akan perlunya konversi, konservasi dan pengembangan sumber-sumber energi baru.
 












Gambar-1. Ketergantungan produk nasional  bruto  terhadap  konsumsi  energi (1968)
Upaya pencarian, pengembangan dan penggalian sumber-sumber baru ini adalah tanggung iawab para ilmuian, insinyur-insinyur ketenagaan serta para teknisi. Untuk memenuhi hal ini,  tentulah mereka harus mempunyai pengetahuan yang cukup tentang berbagai bentuk, sumber-sumber, teknik pengkonversian serta metoda-metoda konservasi energi tersebut, berikut batasan-batasan dan masalah-masalah yang berkaitan dengannya.
Pada pertengahan pertama abad keduapuluh, sumber-sumber energi digali dengan pertimbangan utama adalah faktor ekonomi biaya rendah. sekarang, para insinyur ketenagaan harus memperhatikan tiga "E", yakni energi, ekonomi dan ekologi. Jadi, insinyur modern harus mengembangkan sistem-sistem yang dapat memproduksi energi dalam jumlah yang besar, dengan biaya yang rendah serta mempunyai dampak minimal terhadap lingkungan. Menyetimbangkan ketiga "E" ini secara tepat, adalah tantangan utama teknologi masa kini.


2. Hubungan Massa dan Energi
Pernyataan hukum pertama termodinamika pada mulanya menyatakan bahwa, energi haruslah lestari dalam setiap proses. Postulat yang sehubungan dengan ini menyatakan bahwa massa tak dapat diciptakan maupun dimusnahkan. Namun, pada tahun 1922, Albert  Einstein membuat hipotesis bahwa energi sebenarnya dihubungkan dengan persamaan berikut :

                                                 E = m.c2


di mana E adalah energi yang dilepaskan, dalam joule, m adalah massa sebenarnya, dalam kilogram, yang dikonversi menjadi energi, dan c adalah kecepatan cahaya (3 x 108 m/det).

Persamaan ini sebenarnya menunjukkan proses yang reversibel, namun yang penting adalah bahwa jumlah massa dan energi mesti tetap kekal dalam setiap proses konversi energi. Bila persamaan ini  dipakai, akan kelihatan bahwa sejumlah kecil massa yang benar-benar ada menghasilkan sejumlah besar energi. Sebuah pembangkit tenaga dengan pembakaran batubara berkapasitas 600.000 kWe (subskrip e menunjukkan bahwa yang dimaksud adalah energi listrik) yang bekerja secara kontinu, mengkonsumsi sekitar 220 ton batubara per jam atau sekitar 2.000.000 ton batubara per tahun. Sebuah pembangkit tenaga nuklir, yang bekerja secara kontinu dengan kapasitas 600.000 kWe,  mengkonsumsi sekitar 1 ton bahan bakar uranium per tahun. Massa bahan bakar aktual yang dikonversi menjadi energi pada kedua sistem ini adalah sekitar 640 g atau kurang dari lj lb per tahun. Jika energi diproduksi atau dilepaskan, seperti pada reaksi kimia atau nuklir, mestilah ada pengurangan massa yang sebanding mengikuti proses tersebut.  Bila rujukan dibuat bagi energi nuklir atau kimia, itu sebenarnya akan berarti merujuk ke massa total dari reaktan yang dapat dikonversi menjadi bentuk-bentuk yang lain melalui suatu jenis proses konversi.

3. Kelasifikasi dan Jenis Energi
Ada dua jenis umum energi - energi transisional (transitional energy) dan energi tersimpan (stored energy). Energi transisional adalah energi yang sedang bergerak, dan dapat berpindah melintasi suatu batas sistem. Energi tersimpan, sebagaimana yang ditunjukkan oleh namanya, adalah energi yang mewujud sebagai massa, posisi dalam medan gaya, dan lainJain. Bentuk tersimpan ini biasanya dapat dengan mudah dikonversi ke dalam bentuk energi transisional.
Karena belum adanya metoda atau sistem pengklassifikasian energi yang dapat diterima secara umum, tulisan ini akan membagi bentuk-bentuk energi ke dalam 6 kelompok atau klassifikasi utama. Keenam kelompok atau kategori tersebut adalah :
1.       energi mekanik,
2.       energi listrik,
3.       energi elektromagnetik,
4.       energi kimia,
5.       energi nuklir dan
6.       energi panas (termal).

Dalam termodinarnika, energi mekanik didefinisikan sebagai suatu energi yang dapat digunakan untuk mengangkat suatu benda. Sistem satuan untuk energi mekanik yang umum digunakan di Amerika serikat adalah foot pound (pon kaki) untuk energi dan horsepower (tenagakuda) bagi satuan daya. Dalam tulisan  ini yang akan dipakai umumnya adalah satuan-satuan Standar Internasional (.SI). Dalam sistem ini satuan energi adalah joule (atau watt-detik) dan satuan daya adalah watt.
Bentuk transisional dari energi mekanik disebut kerja. Energi mekanik dapat disimpan dalam bentuk energi potensial maupun energi kinetik. Energi potensial adalah energi yang diperoleh oleh material tertentu sebagai akibat dari posisinya dalam suatu medan gaya. Termasuk di dalamnya energi medan gravitasi, energi yang berkaitan dengan suatu fluida yang terkornpressi, energi yang berkaitan dengan posisi suatu bahan lerromagnetik dalam suatu medan magnit, clan energi yang berkaitan dengan regangan elastis seperti pada pegas dan batang puntiran (torsion bars). Energi kinetik adalah energi yang berkaitan dengan massa material tertentu akibat gesekan relatifnya terhadap benda lain. Roda giia (flywheel) adalah suatu contoh dari sebuah sistem yang menyimpan energi mekanik dalam bentuk energi kinetik. Energi mekanik adalah suatu bentuk energi yang sangat terpakai dan dapat dengan mudah dan efisien dikonversi menjadi bentuk energi yang lain.
Energi listrik adalah jenis energi yang berkaitan dengan arus dan akumulasi elektron. Energi jenis ini umumnya dinyatakan dalam satuan daya dan waktu, misalnya watt-jam atau kilowattjam. Bentuk transisional dari energi llstrik adalah aliran elektron, biasanya melalui sebuah konduktor dari jenis tertentu. Energi listrik dapat disimpan sebagai energi medan elektrostatik atau sebagai energi medan induksi. Energi medan elektrostatik adalah energi yang berkaitan dengan medan listrik yang dihasilkan oleh terakumulasinya muatan (elektron) pada pelat-pelat kapasitor. Energi medan induksi, yang kadang-kadang disebut energi medan elektron.ragnetik, adalah energi yang berkaitan dengan medan magnit yang timbul akibat aliran elektron melalui kumparan induksi. Energi listrik, seperti energi mekanik, adalah bentuk energi yang sangat terpakai karena ia dapat dengan mudah dan efisien dikonversi menjadi bentuk energi yang lain.
Energi elektromagnetik adalah suatu bentuk energi yang berkaitan dengan radiasi elektromagnetik. Energi radiasi biasanya dinyatakan dalam satuan energi yang sangat kecil seperti elektronvolt (ev) atau juta-elektronvolt (Mev). Satuan energi ini juga biasa dipakai pada evaluasi energi nuklir.
Radiasi elektromagnetik adalah suatu bentuk energi murni , artinya tidak berkaitan dengan massa. Radiasi ini terjadi hanya sebagai energi transisional yang bergerak dengan kecepatan cahaya, c. Kecepatan gelombang c adalah sama dengan hasil perkaiian frekuensi v, dalam siklus per detik atau hertz, dan panjang gelombang  (lamda) dalam meter, dari radiasi tersebut. Energi E dari gelombang-gelombang ini berbanding langsung dengan frekuensi radiasi v dan dinyatakan dengan hubungan sebagai berikut:
 



di mana E adalah energi dalam joule,h adalah konstanta planck (6,626 x 10-34 J.s), v adalah frekuensi, dan ... adalah panjang gelombang. Gelombang elektromagnetik ini  lebih energetik bila panjang gelombangnya lebih pendek dan frekuensinya lebih tinggi.

Berdasarkan sumber radiasi atau panjang gelombang (energi), radiasi eiektromagnetik dapat dibagi atas beberapa kelas yang berbeda. Radiasi gamma adalah jenis yang paling energetik dari energi elektromagnetik ini dan kebanyakan adalah hasil emanasi inti atom. Jenis berikutnya yang sangat energetik adalah sinar-x, yang dihasilkan akibat keluar-orbitnya elektron. Radiasi thermal adalah radiasi elektromagnetik yang timbul akibat getaran atom. Kelompok energi elektromagnetik yang ini sangat besar, termasuk di antaranya adalah radiasi temperatur tinggi atau radiasi ultraviolet dan kelompok kecil radiasi tampak, serta kelompok radiasi temperatur rendah atau infra merah. Radiasi gelombang milimeter dan gelombang mikro adalah bentuk paling energetik berikutnya dari radiasi dan dipakai untuk radar serta microwave cookers. Bentuk yang terakhir radiasi elektromagnetik adalah radiasi gelombang radio. Spektrum eiektromagnetik ditunjukkan pada Gambar 2.
 













Energi kimia adalah energi yang keluar sebagai hasil interaksi elektron di mana dua atau lebih atom dan/atau molekul-moiekul berkombinasi menghasilkan senyawa kimia yang stabil. Energi kimia hanya dapat terjadi dalam bentuk energi-tersimpan. Jika energi dilepaskan dalam suatu reaksi kimia, reaksi tersebut dinamakan reaksi eksotermis. Energi yang dilepaskan ini umumnya dinyatakan dalam satuan kalori atau British thermal unit (Btu) per satuan massa bahan bakar yang bereaksi. Pada beberapa reaksi kimia, energi diserap dan reaksi ini dinamakan reaksi endotermis. Sumber energi bahan bakar yang paiing penting bagi manusia adalah reaksi kimia eksotermis tersebut yang disebut pula pembakaran. Reaksi pembakaran melibatkan oksidasi dari bahan bakar fossil.
Energi nuklir adalah bentuk energi lain yang hanya ada sebagai energi tersimpan  bisa lepas akibat interaksi partikel dengan atau di dalam inti atom. Energi ini dilepaskan sebagai hasil usaha partikel-partikel untuk mendapatkan konfigurasi yang lebih stabil. Energi yang dikeluarkan ini biasanya dinyatakan dalam satuan juta-elektron per reaksi. Reaksi nuklir secara umum dapat dibagi atas tiga jenis, yakni, peluluh- radioaktif, fisi dan fusi.
Proses peluluhan radioaktif adalah suatu proses di mana hanya satu inti yang tak stabil, yakni sebuati radioisotop, secara acak meluluh membentuk konfigurasi yang lebih stabil, dengan keluarnya partikel-partikel dan energi.
Reaksi fisi, yang merupakan proses utama pada reaktor nuklir, terjadi ketika sebuah inti bermassa berat menyerap sebuah netron dan inti senyawa terangsang (exited compound nucleus) yang  dihasilkannya pecah menjadi dua atau lebih inti dengan keluarnya energi.
Reaksi annihilation umumnya disebut sebagai suatu reaksi nuklir, padahal sebenarnya adalah suatu reaksi terpisah yang tidak harus ada kaitannya dengan inti atom. Reaksi ini adalah suatu reaksi konversi energi puncak, di mana seluruh massa reaktan dikonversi menjadi energi. Pada reaksi annihilation, zat dan anti zat bergabung dan dikonversi menjadi energi elektromagnetik. Reaksi ini, adalah satu-satunya reaksi di mana partikel-partikel atom dihancurkan secara sempurna, namun satu-satunya reaksi jenis ini yang pernah diketahui terjadi secara alamiah, melibatkan partikel-partikel sub atom dan ini bukanlah reaksi yang penting.
Klasifikasi utama yang terakhir adalah energi termal. Energi ini berkaitan dengan getaran atomik dan molekular. Energi termal adalah bentuk energi dasar dengan arti kata, semua bentuk energi lain dapat dikonversi secara penuh ke energi ini, tetapi pengkonversian energi termal menjadi bentuk energi lain dibatasi oleh hukum kedua termodinamika. Bentuk transisional dari energi termal adalah panas dan umumnya dinyatakan dalam satuan kalori atau British thermal unit. Energi termal dapat disimpan hampir pada semua media sebagai panas sensibel maupun panas laten. Penyimpanan panas sensibel diikuti dengan kenaikan temperatur, sementara penyimpanan panas
laten diikuti dengan perubahan fase dan bersifat isotermis.


4. Sumber-sumber Energi
Sumber-sumber energi dapat dikelompokkan ke dalam dua kategori umum – energi celestial atau energi perolehan (income energy), yakni energi yang mencapai bumi dari angkasa luar, dan energi modal (capitai energy), yakni energi yang telah ada pada, atau di dalam bumi. Energi perolehan termasuk di antaranya adalah energi surya dan energi buian, sedangkan sumber-sumber energi modal di antaranya adalah sumber energi atom dan panas bumi (geotermal).
Sumber-sumber energi celestial sebenarnya termasuk semua sumber yang mungkin menyediakan energi untuk bumi dari angkasa luar. Di antaranya adalah elektromagnetik, energi partikel dan gravitasional dari bintang-bintang, planet-planet dan bulan, begitu juga energi potensial meteor yang sedang memasuki atmosfir bumi. Sumber energi celestial yang berguna hanyalah energi elektromagnetik dari mataharinya bumi, yang disebut sebagai energi surya langsung, serta energi potensial dari bulannya bumi yang menghasilkan aliran pasang. Pemakaian energi celestial sangatlah atraktif karena sumbernya yang kontinu atau tak terhabiskan (non depletable) dan karenanya sifat-nya yang relatif bebas polusi - suatu pertimbangan yang sangat penting.
Energi surya langsung juga membangkitkan beberapa sumber-sumber energi tak langsung yang tak terhabiskan. Pemanasan surya bersama dengan rotasi bumi, menghasilkan beberapa arus konveksi besar dalam bentuk angin di atmosfir dan arus laut di samudera. Penyerapan energi surya juga membangkitkan gradien panas yang besar dalam lautan yang, tentu saja, potensial untuk memproduksi tenaga. Sebagai tambahan, penguapan permukaan air menimbulkan awan, yang, bila terkondensasi menjadi hujan pada ketinggian yang cukup, akan menjadi sumber hidloelektrik atau te
naga air. Angin juga menimbulkan gelombang-gelombang lautan yang besar dan mempunyai potensi untuk membangkitkan energi.
Sumber utama lainnya dari energi celestial atau energi perolehan ialah energi bulan, terutama yang berupa energi gravitasi bulan. Energi gravitasi bulan ini dimanifestasikan terutama dalam bentuk gelombang air-pasang yang mempunyai variasi dari beberapa inci hingga sekitar 25 atau 30 feet di pantai Passamaquoddy yang merupakan suatu bagian dari pantai Fundy yang terletak antara Maine di Amerika Serikat dengan New Brunswick di Kanada.
 















                             Gambar-3.Trubin PLT Pasang La Rance

Telah ada beberapa proposal yang dibuat untuk memanfaatkan tenaga air pasang ini untuk memproduksi listrik, termasuk di antaranya sebuah rancangan suatu sistem listrik air pasang  berdaya 800 hingga 14.000 MWe di pantai Passamaquoddy. Sistem tersebut terdiri dari sebuah dam yang menghadap ke arah datangnya gelombang pasang dan dapat menyalurkan air keluar-masuk melalui sejumlah turbin air reversibel di dalam dam. Dua sistem listrik air pasang telah selesai dibangun. Rusia membangun sebuah pusat tenaga listrik air pasang kecil berdaya 2MWe di Kislaya Cuba, kira-kira 600 mil ke arah utara Murmanks. Prancis telah pula membangun sistem listrik air pasang ini di Rance Estuary di lepas pantai Channel-Island, Prancis, berdaya 240 MWe. Sistem yang
menggunakan 24 turbin ini ditunjukkan pada Gambar 3, dan pusat pembangkit ini juga dipakai sebagai sebuah pumped storage system. Pada waktu kebutuhan daya rendah, unit-unit motor-generator dibalikkan dan air laut dipompakan ke dalam muara yang nantinya akan melepaskannya ke laut pada waktu kebutuhan daya mencapai puncak.
Potensi total dari seluruh sistem tenaga air pasang dunia diperkirakan sekitar 64.000 MWe. Walaupun ini adalah daya yang sangat besar, namun bila dibandingkan dengan kapasitas pembangkit listrik di Amerika Serikat tahun 1970 yang sebesar 356.800 MWe itu, tentulah ini relatif kecil. Meskipun pemakaian tenaga air pasang bukanlah merupakan penyelesaian bagi kebutuhan energi dunia, namun sumber ini bersifat "tak terhabiskan" dan energi tersebut pada dasarnya adalah bebas polusi.
Sumber utama energi modal yang digunakan sekarang ini adalah energi atom. Istilah energi atom, seperti yang dipakai di sini, mempunyai arti sebagai suatu energi yang dilepaskan sebagai hasil dari suatu reaksi tertentu yang melibatkan atom-atom - termasuk energi nuklir dan kimia. Energi nuklir dan kimia telah dibahas sampai batas tertentu sebelum ini, dan pengkonversian dari bentuk-bentuk energi ini akan dijelaskan lebih terperinci pada bagian lain.
Sumber-sumber utama terakhir dari energi bahan bakar yang tersedia adalah energi geotermal (panas bumi). Sumber ini sebenarnya adalah  energi termal yang terperangkap di bawah dan di dalam lapisan-lapisan (crust) padat bumi. Energi ini mengejawantah sebagai uap, air panas, dan/atau karang panas (hot rock) dan dilepaskan secara alamiah dalam bentuk fumarol, geyser, sumber air panas, dan letusan gunung api. Meskipun di bawah kulit bumi tersebut terdapat cadangan energi termal yang sangat besar, belumlah memungkinkan untuk membornya melalui kulit bumi tersebut, walaupun beberapa percobaan telah dilakukan. Konsekuensinya, cadangan energi geotermal yang terpakai hanyalah yang terdapat pada kantong-kantong yang terperangkap di antara kulit bumi, dan beberapa kantong yang terdapat di dekat active fault lines.


 




















                         Gambar-5.Energi Panas Terperangkap di Bumi


Pemanfaatan energi geotermal bukanlah suatu teknologi baru karena sumur uap geotermal yang pertama telah digali di Larderello, Italia, pada tahun 1904 dan kapasitas pusat pembangkit itu sekarang adalah 370 MWe. Perusahaan the Pacific Gas and Electric Company mengoperasikan sebuah kompleks tenaga geotermal berdaya 400 MWe di Geyserville, California. Pada Gambar 5 dapat dilihat sebuah sistem pembangkit tenaga geotermal.







 










                 Gambar-5. Diagram skematis penyimpanan geotjermal

Banyak orang yang sedang mempromosikan tenaga geotermal sebagai suatu sumber utama energi bebas polusi. Namun, bila diteliti lebih dalam, energi geotermal ini tidaklah sepenuhnya bebas polusi sebagaimana yang dipromosikan itu. Polusi udara pada instalasi geotermal mungkin merupakan masalah yang penting oleh karena adanya emissi gas-gas radioaktif berat dan hidrogen sulfida (H2S), yang merupakan suatu gas beracun. Oleh karena kondisi uap yang relatif buruk, suatu pembangkit tenaga geotermal biasanya membuang energi panas ke lingkungannya tiga kali lebih besar daripada yang dibuang oleh suatu unit pembangkit tenaga konvensional yang menggunakan bahan bakar fossil, per satuan daya listriknya. Ini dinamakan "polusi termal". Sumber-sumber mata air  panas geotermal mempunyai kandungan mineral yang cukup tinggi, sehingga pembuangan air dinginnya menjadi masalah pula. Masalah lain yang juga serius berkenaan dengan penggunaan energi geotermal ini adalah kemungkinan terjadinya penurunan tanah atau longsor serta naiknya aktivitas seismik, khususnya bila air diinjeksikan ke karang-panas (hot rock) untuk mengeluarkan energi termal tersebut.









                                     Tabel 1. Proyek-Proyek Geothermal
 











Sebuah ringkasan tentang status pusat-pusat pembangkit tenaga geotermal sekarang ini serta perkembangannya yang diharapkan di masa dekat ini ditunjukkan pada Tabel-1. Sementara di bawah kulit bumi dalam lapisan panas (hot mantle) dan inti cair (molten core) terdapat sejumlah besar energi termal yang terperangkap, energi geotermal yang dapat dikeluarkan dari kulit bumi itu ternyata cukup terbatas. Selanjutnya, kantong-kantong ini biasanya menjadi kosong apabila energi dikeluarkan. Taksiran total energi yang dapat dikeluarkan dari daerah-daerah goetermal utama di bumi adalah sekitar 3 .000.000 MWth . tahun.

5. Pemanfaatan Energi
Sejak awal sejarah, dengan semakin banyaknya sumber-sumber energi baru yang ditemukan serta dengan semakin berkembangnya metoda konversi yang baru dan lebih baik, penggunaannya oleh manusia pun semakin meningkat. Sumber energi yang mula sekali digunakan ialah tenaga otot - mula-mula yang dipunyai oleh manusia sendiri, lalu belakangan dari binatang pekerja. Suatu waktu di awal evolusi, manusia belajar untuk menghasilkan energi dari pembakaran karbohidrat  tumbuhan dan kayu). Disekitar tahun 3.000 sebelum masehi manusia belajar untuk memanfaatkan angin guna
menggerakkan perahu dan pada masa abad kegelapan manusia menggunakan tenaga angin untuk menggerakkan kincir angin. Tenaga air pertama sekali digunakan orang di masa sekitar tahun kelahiran Nabi Isa, tetapi baru di akhir abad kedelapan belas energi panas dipergunakan orang sebagai suatu sumber energi-mekanik berskala besar.
Adalah menarik untuk mengkaji sumber-sumber utama energi bahan bakar di Amerika Serikat selama 120 tahun terakhir ini sekaligus mengamati bagaimana sumber-sumber utama energi bahan bakar tersebut berubah. Di tahun 1850, lebih dari 90 persen energi bahan bakar berasal dari pembakaran kayu dan hasil-hasil perkayuan. Enam puluh tahun kemudian, yakni di tahun 1910, batubara menyediakan sekitar 80 persen energi bahan bakar tersebut dan pemakaian kayu turun menjadi 10 persen.
 













                   Gambar-X. Suplay – Konsumsi AS 1920-1076

Enam puluh tahun kemudian, di tahun 1970, 75 persen energi bahan bakar berasal dari pembakaran minyak dan gas alam dan 20 persen diberikan oleh batubara. Sekitar tahun 1970, Amerika Serikat mengkonsumsi kira-kira 70,8 x 1018 J (69 x 1015 Btu). Sumber-sumber dan penggunaan energi di Amerika Serikat dapat dilihat pada Tabel 2, dan data ini untuk masa 50 tahun terakhir ini ditunjukkan secara grafis pada Gambar 5.









               Gmbar-X. Sumber dan Penggunaan bahan bakar di AS
Sebuah diagram-alir yang menunjukkan sumber-sumber dan pemakaian energi sekitar tahun 1970 ditunjukkan pada Gambar 6. Adalah menarik untuk berspekulasi mengenai apa sumber utama energi bahan bakar yang akan digunakan pada tahun 2030, kira-kira 50 tahun lagi dari sekarang. Apakah itu adalah bahan bakar fossil, reaktor fisi, energi surya, reaktor fusi, atau beberapa sumber energi lain? Seseorang dapat saja menjumpai banyak "ahli energi" yang dapat meramalkan salah satu dari keempat sumber plus beberapa lagi yang lain yang"akan dominan pada tahun 2030. Proyeksi mengenai sumber dan konsumsi energi di Amerika Serikat untuk masa yang akan datang ditunjukkan pada Gambar .7.
 















                         Gambar-x. Perkiraankonsumsi dan sumber energi AS 1970-2000

Sumber:
Archie W.Culp.Jr., Darwin Sitompul.1989. Prinsip-Prinsip Konversi Energi. Erlangga, Jakarta. Hal.1-7

Tugas Mandiri:
1.       Jelaskan yang dimaksud dengan “eergy blacmail” dalam dunia energi?
2.       Jelaskan hubungan antara priduk nasional suatu negara dengan terhadap konsumsu energinya?
3.       Jelaskan hubungan massa dengan energi dan masaa depan energi ke depan?
4.       Untuk pembangkit energi yang sama, berikan gambaran perbandingan antara pemakaian masa batubara, minyak dan unklir untuk daya pembangkit yang sama?
5.       Jelaskan klasifikasi energi yang anda ketahui?
6.       Jelaskan sumber-sumber energi dan permasalahan masing-masing sumber energi?
7.       Jelaskan pemanfaatan eneri dari masing-masing sumber energi yang anda ketahui dn jelaskan cadangan energi ke dapatn?
8.       Bila anda menjadi pengambil kebijakan energi, bagaimana konsep energi yang akan anda terapkan?










 

94 comments:

  1. Nama:Bayu Eka Putra
    Nim:17202248
    Kelas:4M5
    M.kuliah:pengendalian Lingkungan Industri

    Mrnurut Pendapat Saya
    Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja. Adapun kerja adalah transfer energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Dalam istilah praktis, energi adalah segala sesuatu yang kita gunakan untuk memanipulasi dunia di sekitar kita.manusia sangat membutuhkan enrgi dalam kehidupan sehari-harinya,Wilayah Indonesia memang sangat luas dan terkandung sumber daya alam dan potensi enegi yang berlimpah, baik di dalam tanah atau di permukaan tanah. Beberapa di antaranya dapat dikembangkan menjadi energi alternative atau energi terbarukan contohnya energi matahari, air, angin dan sampah sebagai pengganti ataua alternative lain dari bahan bakar minyak yang setiap tahun terus menurun dan menyusut persediaanya.

    ReplyDelete

  2. Nama:Aldi winata
    Nim:17202032
    Kelas:4M1
    M.kuliah:pengendalian Lingkungan Industri

    Mrnurut Pendapat Saya
    Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja. Adapun kerja adalah transfer energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Dalam istilah praktis, energi adalah segala sesuatu yang kita gunakan untuk memanipulasi dunia di sekitar kita.manusia sangat membutuhkan enrgi dalam kehidupan sehari-harinya,Wilayah Indonesia memang sangat luas dan terkandung sumber daya alam dan potensi enegi yang berlimpah, baik di dalam tanah atau di permukaan tanah. Beberapa di antaranya dapat dikembangkan menjadi energi alternative atau energi terbarukan contohnya energi matahari, air, angin dan sampah sebagai pengganti ataua alternative lain dari bahan bakar minyak yang setiap tahun terus menurun dan menyusut persediaanya.

    ReplyDelete
  3. Nama:Ilhafiz Dimas Prayoga DMK
    Nim :17 202 039
    Kelas:4M1
    Matkul:Pengendalian Lingkungan Industri

    Asalamaualaikum We.Wb

    Menurut saya:
    nergi adalah bentuk dari suatu zat, substansi atau kekuatan/kemampuan yang sifatnya abstrak, susah untuk dibuktikan tetapi kemampuannya dapat kita rasakan, dengan kata lain energi adalah kemampuan untuk menghasilkan kerja. Avability adalah kemampuan suatu sistem untuk menghasilkan kerja yang berguna sehingga keberadaanya lebih realistik, mudah dibuat dan dapat dirasakan kegunaanya.


    Energi adalah sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai proses kegiatan seperti bahan bakar, listrik, energi mekanik dan energi panas. Sebagian besar energi dihasilkan dari sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi, air, batu bara, panas bumi, gambut, biomassa dan sebagainya, baik dihasilkan secara langsung maupun secara tidak langsung sehingga dapat dimanfaatkan sebagai energi.
    Sekian pendapat dari saya.Terima kasih.

    ReplyDelete
  4. Nama:Muhammad refa dwi paldy
    Nim :17 202 025
    Kelas:4M1
    Matkul:Pengendalian Lingkungan Industri

    Asalamaualaikum We.Wb

    Menurut saya:
    Bentuk transisional dari energi mekanik disebut kerja. Energi mekanik dapat disimpan dalam bentuk energi potensial maupun energi kinetik. Energi potensial adalah energi yang diperoleh oleh material tertentu sebagai akibat dari posisinya dalam suatu medan gaya. Termasuk di dalamnya energi medan gravitasi, energi yang berkaitan dengan suatu fluida yang terkornpressi, energi yang berkaitan dengan posisi suatu bahan lerromagnetik dalam suatu medan magnit, clan energi yang berkaitan dengan regangan elastis seperti pada pegas dan batang puntiran (torsion bars). Energi kinetik adalah energi yang berkaitan dengan massa material tertentu akibat gesekan relatifnya terhadap benda lain. Roda giia (flywheel) adalah suatu contoh dari sebuah sistem yang menyimpan energi mekanik dalam bentuk energi kinetik. Energi mekanik adalah suatu bentuk energi yang sangat terpakai dan dapat dengan mudah dan efisien dikonversi menjadi bentuk energi yang lain.
    Sekian pendapat dari saya.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  5. Nama:M heryanta Tarigan
    Nim :17202234
    Kelas:4M5
    Mata kuliah:Pengendalian Lingkungan

    Energi adalah sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai proses kegiatan seperti bahan bakar, listrik, energi mekanik dan energi panas. Sebagian besar energi dihasilkan dari sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi, air, batu bara, panas bumi, gambut, biomassa dan sebagainya, baik dihasilkan secara langsung maupun secara tidak langsung sehingga dapat dimanfaatkan sebagai energi.

    ReplyDelete
  6. Nama:Helmi Andre
    Nim :17202205
    Kelas:4M5
    Mata kuliah:Pengendalian Lingkungan industri
    Dalam istilah praktis, energi adalah segala sesuatu yang kita gunakan untuk memanipulasi dunia di sekitar kita.manusia sangat membutuhkan enrgi dalam kehidupan sehari-harinya,Wilayah Indonesia memang sangat luas dan terkandung sumber daya alam dan potensi enegi yang berlimpah, baik di dalam tanah atau di permukaan tanah

    ReplyDelete
  7. Nama : Boby Manurung
    Nim : 17202215
    Kelas : 4M5
    M.kuliah : Pengendalian Lingkungan Industri

    Menurut pendapat saya,
    Energi adalah sebuah sumber kekuatan atau tenaga yang sangat diperlukan bagi kehidupan manusia.Enegi ini memiliki banyak jenisnya seperti energi listrik, energi mekanik, energi potensial, energi nuklir dll.Pada hakekatnya manusia juga membutuhkan energi untuk dapat melakukan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari,dan itu berasal dari dalam tubuh manusia.

    Terimakasih.

    ReplyDelete
  8. Nama : BINSAR SITORUS
    Nim : 17202217
    Kelas : 4M5
    M.kuliah : Pengendalian Lingkungan Industri

    Energi merupakan salah satu sumber kekuatan yang telah secara otomatis dibuthkan oleh manusia.energi juga bukan sepenuhnya hanya ditujukan kepada manusia saja akan tetapi energi juga dapat ditujukan kepada benda mati baik itu yang bersifat alamiah mapun non alamiah. pada prinsipnya energi dibutuhkan oleh makhluk hidup dan juga non-hidup(yang dibantu dengan mesin) guna untuk melakukan suatu aktivitas yang berfungsi sebagai dasar untuk melakukan sebuah kegiatan tersebut. pada dasarnya energi dapat dibagi menjadi beberapa bagian seperti:energi mekanik, energi listrik, energi nuklir, energi potensial,energi tata surya,energi biosolar,dll.

    ReplyDelete
  9. Nama:RUDI PRANATA
    Nim :17 202 026
    Kelas:4M1
    Matkul:Pengendalian Lingkungan Industri

    Asalamaualaikum We.Wb

    Menurut saya:
    nergi adalah bentuk dari suatu zat, substansi atau kekuatan/kemampuan yang sifatnya abstrak, susah untuk dibuktikan tetapi kemampuannya dapat kita rasakan, dengan kata lain energi adalah kemampuan untuk menghasilkan kerja. Avability adalah kemampuan suatu sistem untuk menghasilkan kerja yang berguna sehingga keberadaanya lebih realistik, mudah dibuat dan dapat dirasakan kegunaanya.


    Energi adalah sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai proses kegiatan seperti bahan bakar, listrik, energi mekanik dan energi panas. Sebagian besar energi dihasilkan dari sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi, air, batu bara, panas bumi, gambut, biomassa dan sebagainya, baik dihasilkan secara langsung maupun secara tidak langsung sehingga dapat dimanfaatkan sebagai energi.
    Sekian pendapat dari saya.Terima kasih.

    ReplyDelete
  10. Nama:MUHAMMAD PANJI SUKARNO
    Nim:17202249
    Kelas:4m5

    Menurut saya,
    Energi adalah sebuah sumber tenaga yg setiap manusia memilikinya dan juga semua mahkluk hidup pasti memilikinya. Dalam istilah praktis, energi adalah segala sesuatu yang kita gunakan untuk memanipulasi dunia di sekitar kita.manusia sangat membutuhkan enrgi dalam kehidupan sehari-harinya,Wilayah Indonesia memang sangat luas dan terkandung sumber daya alam dan potensi enegi yang berlimpah, baik di dalam tanah atau di permukaan tanah. Beberapa di antaranya dapat dikembangkan menjadi energi alternative atau energi terbarukan contohnya energi matahari, air, angin dan sampah sebagai pengganti ataua alternative lain dari bahan bakar minyak yang setiap tahun terus menurun dan menyusut persediaanya.Sebagian besar energi dihasilkan dari sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi, air, batu bara, panas bumi, gambut, biomassa dan sebagainya, baik dihasilkan secara langsung maupun secara tidak langsung sehingga dapat dimanfaatkan sebagai energi.

    ReplyDelete
  11. NAMA :SAMUEL SIMANJUNTAK
    Nim :17 202 034
    KELAS :4M1
    Matkul:Pengendalian Lingkungan Industri

    Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja. Adapun kerja adalah transfer energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Dalam istilah praktis, energi adalah segala sesuatu yang kita gunakan untuk memanipulasi dunia di sekitar kita.manusia sangat membutuhkan enrgi dalam kehidupan sehari-harinya,Wilayah Indonesia memang sangat luas dan terkandung sumber daya alam dan potensi enegi yang berlimpah, baik di dalam tanah atau di permukaan tanah. Beberapa di antaranya dapat dikembangkan menjadi energi alternative atau energi terbarukan contohnya energi matahari, air, angin dan sampah sebagai pengganti ataua alternative lain dari bahan bakar minyak yang setiap tahun terus menurun dan menyusut persediaanya.Sebagian besar energi dihasilkan dari sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi, air, batu bara, panas bumi, gambut, biomassa dan sebagainya, baik dihasilkan secara langsung maupun secara tidak langsung sehingga dapat dimanfaatkan sebagai energi.

    ReplyDelete
  12. Nama:zean samuel siregar
    Nim :17202226
    Kls :4m5


    Menurut saya pak.. Energi itu sudah pas untuk di jadi kan dasar bagi segala yang bergerak dibumi ini,karna tanpa adanya energi,kekuatan atau tenaga itu sudah pasti tidak ada.
    Sperti halnya manusia memerlukan makanan dan minuman sebagai sumber energi untuk dapat bergerak dan beraktivitas.
    Trimakasih

    ReplyDelete
  13. Nama:Arlin copernikus s
    Nim:17202214
    Kelas:4m5

    Menurut saya,
    Energi adalah sebuah sumber tenaga yg setiap manusia memilikinya dan juga semua mahkluk hidup pasti memilikinya. Dalam istilah praktis, energi adalah segala sesuatu yang kita gunakan untuk memanipulasi dunia di sekitar kita.manusia sangat membutuhkan enrgi dalam kehidupan sehari-harinya,Wilayah Indonesia memang sangat luas dan terkandung sumber daya alam dan potensi enegi yang berlimpah, baik di dalam tanah atau di permukaan tanah. Beberapa di antaranya dapat dikembangkan menjadi energi alternative atau energi terbarukan contohnya energi matahari, air, angin dan sampah sebagai pengganti ataua alternative lain dari bahan bakar minyak yang setiap tahun terus menurun dan menyusut persediaanya.Sebagian besar energi dihasilkan dari sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi, air, batu bara, panas bumi, gambut, biomassa dan sebagainya, baik dihasilkan secara langsung maupun secara tidak langsung sehingga dapat dimanfaatkan sebagai energi.

    ReplyDelete
  14. Nama: Dwiky Valery
    Nim:17 202 047
    Kelas:4M1
    Mata Kuliah:Penelitian Lingkungan Industri


    Assalamualaikum, Pak Amir Hamzah
    Menurut saya:
    Energi adalah bentuk dari suatu zat, substansi atau kekuatan/kemampuan yang sifatnya abstrak, susah untuk dibuktikan tetapi kemampuannya dapat kita rasakan, dengan kata lain energi adalah kemampuan untuk menghasilkan kerja. Avability adalah kemampuan suatu sistem untuk menghasilkan kerja yang berguna sehingga keberadaanya lebih realistik, mudah dibuat dan dapat dirasakan kegunaanya.

    Energi adalah sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai proses kegiatan seperti bahan bakar, listrik, energi mekanik dan energi panas. Sebagian besar energi dihasilkan dari sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi, air, batu bara, panas bumi, gambut, biomassa dan sebagainya, baik dihasilkan secara langsung maupun secara tidak langsung sehingga dapat dimanfaatkan sebagai energi.
    Sekian pendapat dari saya.Terima kasih.

    ReplyDelete
  15. Nama:Masyudi
    Nim:17202011
    Kelas:4M1
    M.kuliah:pengendalian Lingkungan Industri

    Mrnurut Pendapat Saya
    Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja. Adapun kerja adalah transfer energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Dalam istilah praktis, energi adalah segala sesuatu yang kita gunakan untuk memanipulasi dunia di sekitar kita.manusia sangat membutuhkan enrgi dalam kehidupan sehari-harinya,Wilayah Indonesia memang sangat luas dan terkandung sumber daya alam dan potensi enegi yang berlimpah, baik di dalam tanah atau di permukaan tanah. Beberapa di antaranya dapat dikembangkan menjadi energi alternative atau energi terbarukan contohnya energi matahari, air, angin dan sampah sebagai pengganti ataua alternative lain dari bahan bakar minyak yang setiap tahun terus menurun dan menyusut persediaanya.

    ReplyDelete
  16. Nama:Aldi rizaldi tanjung
    Nim:17202007
    Kelas:4M5
    M.kuliah:pengendalian Lingkungan Industri

    Mrnurut Pendapat Saya
    Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja. Adapun kerja adalah transfer energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Dalam istilah praktis, energi adalah segala sesuatu yang kita gunakan untuk memanipulasi dunia di sekitar kita.manusia sangat membutuhkan enrgi dalam kehidupan sehari-harinya,Wilayah Indonesia memang sangat luas dan terkandung sumber daya alam dan potensi enegi yang berlimpah, baik di dalam tanah atau di permukaan tanah. Beberapa di antaranya dapat dikembangkan menjadi energi alternative atau energi terbarukan contohnya energi matahari, air, angin dan sampah sebagai pengganti ataua alternative lain dari bahan bakar minyak yang setiap tahun terus menurun dan menyusut persediaanya.
    Reply

    ReplyDelete
  17. Nama :Dendi R Girsang
    Nim :17202201
    Kelas :4M5
    M.kuliah:Pemilihan Lingkungan Industri

    Menurut pendapat saya
    Energi tidak asing lagi kita dengar terutama kita yang berada dalam jenjang pendidikan.Saya rasa sekarang ini tampa energi kita pasti merasa ada yang kurang.untuk itu marilah kita sama sama menjaga sumberenergi yang ada di bumi imi dengan baik.

    Energi adalah sebuah sumber tenaga yg setiap manusia memilikinya dan juga semua mahkluk hidup pasti memilikinya. Dalam istilah praktis, energi adalah segala sesuatu yang kita gunakan untuk memanipulasi dunia di sekitar kita.manusia sangat membutuhkan enrgi dalam kehidupan sehari-harinya,Wilayah Indonesia memang sangat luas dan terkandung sumber daya alam dan potensi enegi yang berlimpah, baik di dalam tanah atau di permukaan tanah.

    ReplyDelete
  18. Nama:Ricky Tanu Winata
    Nim :17202006
    Kelas:4MI
    Mk :Pengendalian Lingkungan Industri

    Menurut Saya:

    Ada dua jenis umum energi - energi transisional (transitional energy) dan energi tersimpan (stored energy). Energi transisional adalah energi yang sedang bergerak, dan dapat berpindah melintasi suatu batas sistem. Energi tersimpan, sebagaimana yang ditunjukkan oleh namanya, adalah energi yang mewujud sebagai massa, posisi dalam medan gaya, dan lainJain. Bentuk tersimpan ini biasanya dapat dengan mudah dikonversi ke dalam bentuk energi transisional.
    Karena belum adanya metoda atau sistem pengklassifikasian energi yang dapat diterima secara umum, tulisan ini akan membagi bentuk-bentuk energi ke dalam 6 kelompok atau klassifikasi utama. Keenam kelompok atau kategori tersebut adalah :
    1. energi mekanik,
    2. energi listrik,
    3. energi elektromagnetik,
    4. energi kimia,
    5. energi nuklir dan
    6. energi panas (termal).

    Dalam termodinarnika, energi mekanik didefinisikan sebagai suatu energi yang dapat digunakan untuk mengangkat suatu benda. Sistem satuan untuk energi mekanik yang umum digunakan di Amerika serikat adalah foot pound (pon kaki) untuk energi dan horsepower (tenagakuda) bagi satuan daya. Dalam tulisan ini yang akan dipakai umumnya adalah satuan-satuan Standar Internasional (.SI). Dalam sistem ini satuan energi adalah joule (atau watt-detik) dan satuan daya adalah watt.

    ReplyDelete
  19. Nama : Andreasc Christoper
    Nim : 17202075
    Kelas : 4M2
    Jurusan: Teknik Mesin
    Matkul : Pengendalian Lingkungan Industri

    Menurut pendapat saya :

    Dalam kehidupan sehari hari energi sangatlah berperan bagi semua mahluk hidup untuk kemampuan melakukan suatu pekerjaan.Energi sangatlah bermanfaat dalam menjalankan suatu benda hidup maupun benda mati,untuk itu bisa dikatakan energi adalah suatu kekuatan yang sangat berpengaruh bagi kelangsungan hidup semua orang,karena jika seseorang berada dalam keadaan kurang sehat berarti energinya dalam keadaan lemah,atau tidak stabil.

    Terima Kasih.

    ReplyDelete
  20. Nama : Riko Gustian
    Nim : 16 202 063
    M.Kuliah : Audit Efisiensi Energi

    Assalamualaikum warahmatullahiwabarokatuh

    Menurut Pendapat Saya
    Energi adalah sesuatu yang dibutuhkan oleh benda agar benda dapat melakukan usaha. dalam kenyataannya setiap dilakukan usaha selalu ada perubahan. Sehingga usaha juga didefiniskan sebagai kemampuan untuk menyebabkan perubahan.

    Energi merupakan besaran yang kekal, artinya energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan, tetapi dapat diubah dari bentuk satu ke bentuk yang lain. Menurut KBBI energi didefiniskan sebagai daya atau kekuatan yang diperlukan untuk melakukan berbagai proses kegiatan. Energi merupakan bagian dari suatu benda tetapi tidak terikat pada benda tersebut. Energi bersifat fleksible artinya dapat berpindah dan berubah.

    Dari berbagai pengertian dan definisi energi diatas dapat disimpulkan bahwa secara umum energi dapat didefinisikan sebagai kekuatan yang dimilki oleh suatu benda sehingga mampu untuk melakukan kerja.
    Pada bab ini saya akan lebih menjuru kepada pembahasan mengenai energi panas dan listrik.
    Energi di dalam setiap kehidupan makhluk hidup yang ada di muka bumi ini sangat diperlukan keberadaannya baik untuk beraktivitas ataupun untuk bertahan hidup. Salah satu sumber energi terbesar bagi kelangsungan hidup makhluk hidup di muka bumi ini adalah matahari yang menghasilkan energi panas atau kalor.

    Dengan pentingnya energi yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, maka pemanfaatan energi penting untuk dijaga. Karena jumlah dari energi yang terbatas, harus pintar dalam mengelola energi atau mencari sumber energi baru untuk menunjang kehidupan di muka bumi ini. Berikut beberapa hal yang perlu dimanfaatkan dari beberapa macam energi yang kita ketahui, antara lain adalah:
    Pemanfaatan Energi Listrik dan Panas
    1. Energi listrik
    Energi listrik merupakan salah satu energi yang terjadi karena adanya arus listrik yang menyebabkan terjadinya energi. Dalam kehidupan sehari-hari kita menggunakan energi listrik, contohnya adalah untuk memasak apabila menggunakan kompor listrik, menyetrika dengan menggunakan setrika, mencuci pakaian dengan menggunakan mesin cuci, mendengarkan radio dan lain sebagainya.
    Pemanfaatan energi listrik sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan kita. Nyalakan lampu pada malam hari, dan matikan lampu ketika pagi telah menjelang. Atau, ketika menonton televisi lebih baik gunakan satu TV untuk digunakan bersama-sama, daripada menggunakan beberapa TV yang akhirnya membuat listrik menjadi boros. Cermat memanfaatkan energi akan menyelamatkan alam dari kekurangan energi.

    2. Energi kalor atau energi panas
    Energi panas merupakan salah satu energi yang penting dalam kehidupan manusia. Salah satu sumber energi panas terbesar adalah matahari yang menghangatkan bumi setiap harinya. Panas matahari ini bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi dengan berubah menjadi energi listrik melalui sumber listrik tenaga surya, yang bisa dijadikan sebagai energi baru.
    Akan tetapi, selain matahari ada sumber energi panas lainnya yang memiliki jumlah yang tidak terbatas. Kita juga harus jeli dan hemat dalam pemanfaatan energi panas. Contoh sumber energi panas lainnya adalah batu bara yang bisa dijadikan sebagai sumber pemanas ruangan atau sebagai bahan bakar memasak. Keberadaan batu bara dalam jumlah terbatas harus dimanfaatkan secara bijak, gunakan energi panas yang telah dirubah menjadi energi lain seperlunya sehingga dapat mengurangi kerusakan alam yang berlebihan.
    Bijak dalam pemanfaatan energi, serta selalu mencari energi baru yang lebih inovatif dalam rangka pemenuhan energi yang menopang kehidupan makhluk hidup yang ada di muka bumi ini.

    Mari kita sama-sama Bijak dalam menggunakan Energi. Manusia diciptakan Tuhan dibumi untuk tidak Apatis, mulailah sadar dalam menggunakan energi berlebihan yang sifatnya pemborosan.
    Salam Lingkungan

    ReplyDelete
  21. Nama : JEPRI J SIMBOLON
    Nim : 17202243
    Kelas: 4M5
    M.kuliah : Pengendalian Lingkungan Industri

    Menurut pendapat saya:

    Energi adalah sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai proses kegiatan seperti bahan bakar, listrik, energi mekanik dan energi panas. Sebagian besar energi dihasilkan dari sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi, air, batu bara, panas bumi, gambut, biomassa dan sebagainya, baik dihasilkan secara langsung maupun secara tidak langsung sehingga dapat dimanfaatkan sebagai energi.Pada saat ini energi makin berkurang untuk itu kita disarankan memanfaatkan energi terbarukan.Dan kita diharapkan dalam menggunakan energi hanya untuk keperluannya saja demi menghemat energi untuk masa berikutnya.
    sekian dan terimakasih..

    ReplyDelete

  22. Nama: deby syahputra
    Nim:17 202 018
    Kelas:4M1
    Mata Kuliah:Penelitian Lingkungan Industri


    Assalamualaikum, wr.wb

    Menurut pendapat saya

    Energi adalah bentuk dari suatu zat, substansi atau kekuatan/kemampuan yang sifatnya abstrak, susah untuk dibuktikan tetapi kemampuannya dapat kita rasakan, dengan kata lain energi adalah kemampuan untuk menghasilkan kerja. Avability adalah kemampuan suatu sistem untuk menghasilkan kerja yang berguna sehingga keberadaanya lebih realistik, mudah dibuat dan dapat dirasakan kegunaanya.

    Energi adalah sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai proses kegiatan seperti bahan bakar, listrik, energi mekanik dan energi panas. Sebagian besar energi dihasilkan dari sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi, air, batu bara, panas bumi, gambut, biomassa dan sebagainya, baik dihasilkan secara langsung maupun secara tidak langsung sehingga dapat dimanfaatkan sebagai energi

    Waalaikumsalam wr.wb

    ReplyDelete
  23. Nama : Aldy Azmi Fadhilah
    Nim: : 17202008
    Kelas : 4M1
    MK : PLI



    Energi adalah sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai proses kegiatan seperti bahan bakar, listrik, energi mekanik dan energi panasBentuk transisional dari energi mekanik disebut kerja. Energi mekanik dapat disimpan dalam bentuk energi potensial maupun energi kinetik. Energi potensial adalah energi yang diperoleh oleh material tertentu sebagai akibat dari posisinya dalam suatu medan gaya. Termasuk di dalamnya energi medan gravitasi, energi yang berkaitan dengan suatu fluida yang terkornpressi, energi yang berkaitan dengan posisi suatu bahan lerromagnetik dalam suatu medan magnit, clan energi yang berkaitan dengan regangan elastis seperti pada pegas dan batang puntiran (torsion bars). Energi kinetik adalah energi yang berkaitan dengan massa material tertentu akibat gesekan relatifnya terhadap benda lain

    ReplyDelete
  24. NAMA :DWIKI PRABOWO
    Nim :17 202 016
    KELAS :4M1
    Matkul:Pengendalian Lingkungan Industri

    Assalamualiku Wr.Wb

    Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja. Adapun kerja adalah transfer energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Dalam istilah praktis, energi adalah segala sesuatu yang kita gunakan untuk memanipulasi dunia di sekitar kita.manusia sangat membutuhkan enrgi dalam kehidupan sehari-harinya,Wilayah Indonesia memang sangat luas dan terkandung sumber daya alam dan potensi enegi yang berlimpah, baik di dalam tanah atau di permukaan tanah. Beberapa di antaranya dapat dikembangkan menjadi energi alternative atau energi terbarukan contohnya energi matahari, air, angin dan sampah sebagai pengganti ataua alternative lain dari bahan bakar minyak yang setiap tahun terus menurun dan menyusut persediaanya.Sebagian besar energi dihasilkan dari sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi, air, batu bara, panas bumi, gambut, biomassa dan sebagainya, baik dihasilkan secara langsung maupun secara tidak langsung sehingga dapat dimanfaatkan sebagai energi.

    ReplyDelete
  25. Nama:NOFRENDY ADSMOND
    Nim :17 202 017
    Kelas:4M1
    Matkul:Pengendalian Lingkungan Industri

    Asalamaualaikum We.Wb

    Menurut saya:
    nergi adalah bentuk dari suatu zat, substansi atau kekuatan/kemampuan yang sifatnya abstrak, susah untuk dibuktikan tetapi kemampuannya dapat kita rasakan, dengan kata lain energi adalah kemampuan untuk menghasilkan kerja. Avability adalah kemampuan suatu sistem untuk menghasilkan kerja yang berguna sehingga keberadaanya lebih realistik, mudah dibuat dan dapat dirasakan kegunaanya.


    Energi adalah sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai proses kegiatan seperti bahan bakar, listrik, energi mekanik dan energi panas. Sebagian besar energi dihasilkan dari sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi, air, batu bara, panas bumi, gambut, biomassa dan sebagainya, baik dihasilkan secara langsung maupun secara tidak langsung sehingga dapat dimanfaatkan sebagai energi.
    Sekian pendapat dari saya.Terima kasih.

    ReplyDelete
  26. Nama:RIZKY RAMADHAN
    Nim :17202076
    Kelas:4M2
    Mata kuliah:Pengendalian Lingkungan industri
    Dalam istilah praktis, energi adalah segala sesuatu yang kita gunakan untuk memanipulasi dunia di sekitar kita.manusia sangat membutuhkan enrgi dalam kehidupan sehari-harinya,Wilayah Indonesia memang sangat luas dan terkandung sumber daya alam dan potensi enegi yang berlimpah, baik di dalam tanah atau di permukaan tanah

    ReplyDelete
  27. Nama : Oloantanama G. Siagian
    Nim : 17202056
    Kelas : 4M2
    Mata Kuliah : Pengendalian Lingkungan Industri

    Menurut pendapat saya,
    Kesehatan lingkungan sebagai bagian dari dispilin ilmu kesehatan masyarakat sebenarnya memiliki relevansi tersendiri. kesehatan lingkungan pada hakikatnya adalah suatu kondisi atau keadaan lingkungan yang optimum sehingga berpengaruh positif terhadap terwujudan status kesehatan yang optimum pula. Ruang lingkup kesehatan lingkungan tersebut, antara lain mencakup penyediaan air bersih, pembuangan sampah, pembuangan air kotor (limbah),pembuangan kotoran manusia (tinja), dan sebagainya. Sementara usaha kesehatan lingkungan adalah suatu usaha untuk memperbaiki atau mengoptimalkan lingkungan hidup manusia agar merupakan media yang baik untuk terwujudnya kesehatan yang optimum bagi manusia yang hidup didalamnya. Air limbah merupakan sisa dari hasil aktifitas yang dilakukan manusia sebagai makhluk hidup, individu maupun makhluk social. Kehidupan manusia yang dominan dan menentukan terjadinya perubahan dari berbagai aspek kehidupan, sedang lingkungannya dituntut untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya.

    Sekian Pendapat Saya Terima Kasih.

    ReplyDelete
  28. NAMA :Mades sinaga
    Nim :17 202 151
    KELAS :4M2
    Matkul:Pengendalian Lingkungan Industri

    Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja. Adapun kerja adalah transfer energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Dalam istilah praktis, energi adalah segala sesuatu yang kita gunakan untuk memanipulasi dunia di sekitar kita.manusia sangat membutuhkan enrgi dalam kehidupan sehari-harinya,Wilayah Indonesia memang sangat luas dan terkandung sumber daya alam dan potensi enegi yang berlimpah, baik di dalam tanah atau di permukaan tanah. Beberapa di antaranya dapat dikembangkan menjadi energi alternative atau energi terbarukan contohnya energi matahari, air, angin dan sampah sebagai pengganti ataua alternative lain dari bahan bakar minyak yang setiap tahun terus menurun dan menyusut persediaanya.Sebagian besar energi dihasilkan dari sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi, air, batu bara, panas bumi, gambut, biomassa dan sebagainya, baik dihasilkan secara langsung maupun secara tidak langsung sehingga dapat dimanfaatkan sebagai energi.

    ReplyDelete
  29. Nama : Fernando Malau
    Nim : 17202179
    Kelas: 4M4
    M.kuliah : Pengendalian Lingkungan Industri

    Menurut pendapat saya:

    Energi adalah sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai proses kegiatan seperti bahan bakar, listrik, energi mekanik dan energi panas. Sebagian besar energi dihasilkan dari sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi, air, batu bara, panas bumi, gambut, biomassa dan sebagainya, baik dihasilkan secara langsung maupun secara tidak langsung sehingga dapat dimanfaatkan sebagai energi.Pada saat ini energi makin berkurang untuk itu kita disarankan memanfaatkan energi terbarukan.Dan kita diharapkan dalam menggunakan energi hanya untuk keperluannya saja demi menghemat energi untuk masa berikutnya.
    sekian dan terimakasih..

    ReplyDelete
  30. Nama : Jiswil bastian naibaho
    Nim : 17202092
    Kelas: 4M2
    M.kuliah : Pengendalian Lingkungan Industri

    Menurut pendapat saya:

    Energi adalah sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai proses kegiatan seperti bahan bakar, listrik, energi mekanik dan energi panas. Sebagian besar energi dihasilkan dari sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi, air, batu bara, panas bumi, gambut, biomassa dan sebagainya, baik dihasilkan secara langsung maupun secara tidak langsung sehingga dapat dimanfaatkan sebagai energi.Pada saat ini energi makin berkurang untuk itu kita disarankan memanfaatkan energi terbarukan.Dan kita diharapkan dalam menggunakan energi hanya untuk keperluannya saja demi menghemat energi untuk masa berikutnya.
    sekian dan terimakasih..

    ReplyDelete
  31. Nama :Gurgur Aldorado Pasaribu
    Nim : 17202057
    Kelas: 4M2
    M.kuliah : Pengendalian Lingkungan Industri

    Menurut Pendapat saya,
    Energi adalah sebuah sumber tenaga yg setiap manusia memilikinya dan juga semua mahkluk hidup pasti memilikinya.istilah praktisnya adalah energi yaitu segala sesuatu yang kita gunakan untuk memanipulasi dunia di sekitar kita.manusia sangat membutuhkan enrgi dalam kehidupan sehari-harinya,Wilayah Indonesia memang sangat luas dan terkandung sumber daya alam dan potensi enegi yang berlimpah, baik di dalam tanah atau di permukaan tanah.


    ReplyDelete
  32. Nama :Darlin Lumban Gaol
    Nim :17202148
    Kelas :4M3
    Mata Kuliah :Pengendalian Lingkungan Industri


    Menurut pendapat saya,Energi adalah kemampuan untuk melakukan suatu usaha.
    seperti tulisan yang tertulis di atas tentang dasar -dasar Energi, tentang kebutuhan energi suatu daerah/sebuah Negara. contohnya Indonesia memang sangat perlu,namun perlu juga penghematan ataupun, pembatasan karena suatu saat enrgi suatu Negara akan berkurang.Dalam istilah praktis, energi adalah segala sesuatu yang kita gunakan untuk memanipulasi dunia di sekitar kita.manusia sangat membutuhkan enrgi dalam kehidupan sehari-harinya,Wilayah Indonesia memang sangat luas dan terkandung sumber daya alam dan potensi enegi yang berlimpah, baik di dalam tanah atau di permukaan tanah. Beberapa di antaranya dapat dikembangkan menjadi energi alternative atau energi terbarukan contohnya energi matahari, air, angin dan sampah sebagai pengganti ataua alternative lain dari bahan bakar minyak yang setiap tahun terus menurun dan menyusut persediaanya.Sebagian besar energi dihasilkan dari sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi, air, batu bara, panas bumi, gambut, biomassa dan sebagainya, baik dihasilkan secara langsung maupun secara tidak langsung sehingga dapat dimanfaatkan sebagai energi.

    ReplyDelete
  33. Nama : Erwin Agustinus Siregar
    Nim : 17202096
    Kelas: 4M2
    M.kuliah : Pengendalian Lingkungan Industri

    Menurut saya:

    Energi adalah segala sesuatu yang kita gunakan untuk memanipulasi dunia di sekitar kita.manusia sangat membutuhkan energi dalam kehidupan sehari-harinya,seperti sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai proses kegiatan seperti bahan bakar, listrik, energi mekanik dan energi panas. Sebagian besar energi dihasilkan dari sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi, air, batu bara, panas bumi,dan sebagainya.Pada saat ini energi makin berkurang untuk itu kita disarankan memanfaatkan energi terbarukan Dan kita diharapkan dalam menggunakan energi hanya untuk keperluannya saja demi menghemat energi untuk masa berikutnya

    ReplyDelete
  34. Nama : Dhimas kurniawan
    Nim : 17202196
    Kelas: 4M4
    M.kuliah : Pengendalian Lingkungan Industri

    Menurut saya
    Dalam kehidupan sehari hari energi sangatlah berperan bagi semua mahluk hidup untuk kemampuan melakukan suatu pekerjaan.
    Energi adalah sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai proses kegiatan seperti bahan bakar, listrik, energi mekanik dan energi panas. Sebagian besar energi dihasilkan dari sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi, air, batu bara, panas bumi, gambut, biomassa dan sebagainya, baik dihasilkan secara langsung maupun secara tidak langsung sehingga dapat dimanfaatkan sebagai energi.Pada saat ini energi makin berkurang untuk itu kita disarankan memanfaatkan energi terbarukan.Dan kita diharapkan dalam menggunakan energi hanya untuk keperluannya saja demi menghemat energi untuk masa berikutnya.

    ReplyDelete
  35. Nama : Andri Muuliadi
    Nim : 17202053
    Kelas: 4M2
    M.kuliah : Pengendalian Lingkungan Industri

    Energi adalah sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai proses kegiatan seperti bahan bakar, listrik, energi mekanik dan energi panas. Sebagian besar energi dihasilkan dari sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi, air, batu bara, panas bumi, gambut, biomassa dan sebagainya, baik dihasilkan secara langsung maupun secara tidak langsung sehingga dapat dimanfaatkan sebagai energi.

    Jadi energi adalah sumber kekuatan yang paling penting dalam suatu kegiatan apapun

    ReplyDelete
  36. Nama:Panri banjarnahor
    Nim :17 202 162
    Kelas:4M4
    Matkul:Pengendalian Lingkungan Industri



    Menurut saya:
    nergi adalah bentuk dari suatu zat, substansi atau kekuatan/kemampuan yang sifatnya abstrak, susah untuk dibuktikan tetapi kemampuannya dapat kita rasakan, dengan kata lain energi adalah kemampuan untuk menghasilkan kerja. Avability adalah kemampuan suatu sistem untuk menghasilkan kerja yang berguna sehingga keberadaanya lebih realistik, mudah dibuat dan dapat dirasakan kegunaanya.

    ReplyDelete
  37. Nama :Herbet Darusman Sihite
    Nim :17202065
    Mata Kuliah :Penendalian Lingkungan Indutri


    Menurut Pendapat Saya,

    Energi adalah kemampuan melakukan kerja.Alasannya adalah karena setiap kerja yang dilakukan sekecil apapun pasti akan menghasilkan energi.Energi adalah segala sesuatu yang kita gunakan untuk memanipulasi dunia di sekitar kita.Energi sebagai daya atau kekuatan yang diperlukan untuk melakukan berbagai proses kegiatan.Energi merupakan bagian dari suatu benda tetapi tidak terikat pada benda tersebut.Energi juga dapat berpindah atau berubah(fleksibel).

    Sebagian besar energi dihasilkan dari sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi,air,atu bara,panas bumi,gambut,biomassa dan sebagainya.Beberapa diantaranya dapat dikembangkan menjadi energi alternatif atau energi terbarukan contohnya energi matahari,energi listrik,energi kinetik,energi panas,energi nuklir,energi kimia dan lain lain.Kita sebagai makhluk sosial atau sebagai makhluk yang memiliki akal dan pikiran tentunya harus memperhatikan dampak dari segala aktivitas kita, jangan sampai merusak lingkungan agar energi yang ada tidak menjadi rusak untuk generasi berikutnya.

    ReplyDelete
  38. Nama :Magelius p v sinurat
    Nim : 17202079
    Kelas:4m2

    ReplyDelete
  39. Nama: Rinto pardomuan harahap
    Nim:17 202 190
    Kelas:4M4
    Mata Kuliah:Penelitian Lingkungan Industri




    Menurut pendapat saya

    Energi adalah bentuk dari suatu zat, substansi atau kekuatan/kemampuan yang sifatnya abstrak, susah untuk dibuktikan tetapi kemampuannya dapat kita rasakan, dengan kata lain energi adalah kemampuan untuk menghasilkan kerja. Avability adalah kemampuan suatu sistem untuk menghasilkan kerja yang berguna sehingga keberadaanya lebih realistik, mudah dibuat dan dapat dirasakan kegunaanya.

    Energi adalah sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai proses kegiatan seperti bahan bakar, listrik, energi mekanik dan energi panas. Sebagian besar energi dihasilkan dari sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi, air, batu bara, panas bumi, gambut, biomassa dan sebagainya, baik dihasilkan secara langsung maupun secara tidak langsung sehingga dapat dimanfaatkan sebagai energi.

    ReplyDelete
  40. Nama :Niko Romegahdo Girsang
    Nim :17202144
    Kelas :4m3
    Mata Kuliah:penelitian Lingkungan Industri

    Menurut Pendapat Saya,


    energi adalah segala sesuatu yang kita gunakan untuk memanipulasi dunia di sekitar kita atau bentuk dari suatu zat, substansi atau kekuatan/kemampuan yang sifatnya abstrak, susah untuk dibuktikan tetapi kemampuannya dapat kita rasakan,dengan kata lain Energi adalah sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai proses kegiatan seperti bahan bakar, listrik, energi mekanik dan energi panas.Sebagian besar energi dihasilkan dari sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi,air,atu bara,panas bumi,gambut,biomassa dan sebagainya,baik dihasilkan secara langsung maupun secara tidak langsung sehingga dapat dimanfaatkan sebagai energi.

    ReplyDelete
  41. Nama : Ade Trianta Sembiring
    Nim : 15 202 216
    Jurusan : Teknik Mesin
    Menurut saya:
    Perkembangan zaman sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Pada jaman digital ini energy sangat banyak berkembang di bidang perindustrian. Oleh karena itu semakin lama maka energy juga dapat habis melihat kebutuhan manusia yang tidak terbatas lagi.
    Energi adalah sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai proses kegiatan seperti bahan bakar, listrik, energi mekanik dan energi panasBentuk transisional dari energi mekanik disebut kerja. Energi mekanik dapat disimpan dalam bentuk energi potensial maupun energi kinetik. Energi potensial adalah energi yang diperoleh oleh material tertentu sebagai akibat dari posisinya dalam suatu medan gaya.
    Energi adalah bentuk dari suatu zat, substansi atau kekuatan/kemampuan yang sifatnya abstrak, susah untuk dibuktikan tetapi kemampuannya dapat kita rasakan, dengan kata lain energi adalah kemampuan untuk menghasilkan kerja. Avability adalah kemampuan suatu sistem untuk menghasilkan kerja yang berguna sehingga keberadaanya lebih realistik, mudah dibuat dan dapat dirasakan kegunaanya.

    ReplyDelete



  42. Nama:Ahmad Dai Robi
    Nim:17202261
    Kelas:4M6
    M.kuliah:pengendalian lingkungan industri

    Menurut pendapat saya

    Energi adalah bentuk dari suatu zat, substansi atau kekuatan/kemampuan yang sifatnya abstrak, susah untuk dibuktikan tetapi kemampuannya dapat kita rasakan, dengan kata lain energi adalah kemampuan untuk menghasilkan kerja. Avability adalah kemampuan suatu sistem untuk menghasilkan kerja yang berguna sehingga keberadaanya lebih realistik, mudah dibuat dan dapat dirasakan kegunaanya.

    Energi adalah sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai proses kegiatan seperti bahan bakar, listrik, energi mekanik dan energi panas. Sebagian besar energi dihasilkan dari sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi, air, batu bara, panas bumi, gambut, biomassa dan sebagainya, baik dihasilkan secara langsung maupun secara tidak langsung sehingga dapat dimanfaatkan sebagai energi

    ReplyDelete
  43. Nama : Edy irlambang
    Nim :17202063
    Kelas: 4m2
    Asalamualaikum wr.wb
    Pendapat saya Wilayah Indonesia memang sangat luas dan terkandung sumber daya alam dan potensi enegi yang berlimpah, baik di dalam tanah atau di permukaan tanah. Beberapa di antaranya dapat dikembangkan menjadi energi alternative atau energi terbarukan contohnya energi matahari, air, angin dan sampah sebagai pengganti ataualternative lain dari bahan bakar minyak yang setiap tahun terus menurun dan menyusut persediaanya.

    Indonesia mempunyai potensi yang sangat besar untuk mengembangkan energi terbarukan seperti tenaga surya, angin, air dan sampah. Namun penggunaan energi terbarukan di Indonesia masih sangat rendah sehingga diperlukan peningkatan dalam kegiatan studi dan penelitian yang berkaitan dengan semua jenis sumber daya energi terbarukan secara menyeluruh.

    Penelitian bisa dimulai dengan upaya perumusan standar rekayasa system konversi energi yang sesuai dengan Indonesia, pembuatan prototype yang sesuai dengan spesifikasi dasar dan standar rekayasanya, perbaikan penyedian energi listrik, dan pengumpulan pendapat dan tanggapan masyarakat tentang pemanfaatan dan pengembangan energi terbarukan. Pengembangan energi terbarukan perlu dilakukan supaya bisa mengatasi persoalan sumber energi fosil yang setiap hari kian menipis.

    Potensi energi terbarukan di Indonesia memang bermacam-macam contohnya matahari, air, angin dan sampah akan tetapi kendala muncul dari pemanfaatanya. Penyebabnya diantaranya adalah sumber daya manusia yang kurang ahli, teknologi, dan terdapat kesenjangan geografis lokasi-lokasi pasokan energi dan permintaan.

    ReplyDelete
  44. Nama:sayyid akbar
    Nim:17202168

    Semakin berkembangnya zaman dari masa kemasan kita tidak bisa lepas dari yang namanya kebutuha energi.mengingat hal itu kita harus bijak dalam menggunakan energi tersebut dimulai dari dirikata menghemat listrik seperti matikan lampu ,kipas angin dan lain lain yang tidak dibutuhkan .

    ReplyDelete
  45. Nama :Oka Ricardo Banjarnahor
    Nim :17202098
    Kelas :4M2
    Matkul:Pengendalian lingkungan industri

    Menurut pendapat saya,

    Energi adalah bentuk dari suatu zat, substansi atau kekuatan/kemampuan yang sifatnya abstrak, susah untuk dibuktikan tetapi kemampuanya dapat kita rasakan atau kata lain energy adalah kemampuan untuk menghasilkan kerja. Kehidupan manusia saat ini sangat bergantung terhadap energi, karena setiap kegiatan saat ini selalu menggunakan peralatan yang membutuhkan energi, contohnya seperti motor yang membutuhkan bensin sebagai bahan bakarnya dan handphone yang menggunakan listrik sebagai sumber energinya. Energi yang dihasilkan sebagian besar bersumber dari alam. Maka dari itu perlunya kesadaran dari kita untuk menggunakan energi yang ada dengan seperlunya saja demi menghemat energi untuk generasi berikutnya

    ReplyDelete
  46. Nama:Nurdiyanto sitorus
    Kelas:4M2
    Nim:17202083

    Pendapat saya adalah:
    Energi adalah sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai proses kegiatan seperti bahan bakar, listrik, energi mekanik dan energi panas. Sebagian besar energi dihasilkan dari sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi, air, batu bara, panas bumi, gambut, biomassa dan sebagainya, baik dihasilkan secara langsung maupun secara tidak langsung sehingga dapat dimanfaatkan sebagai energi.Pada saat ini energi makin berkurang untuk itu kita disarankan memanfaatkan energi terbarukan.Dan kita diharapkan dalam menggunakan energi hanya untuk keperluannya saja demi menghemat energi untuk masa berikutnya.

    ReplyDelete
  47. Nama:J.rodison simatupang
    Nim:17202102
    kelas:4M2
    pendapat saya adalah:
    Energi adalah bentuk dari suatu zat, substansi atau kekuatan/kemampuan yang sifatnya abstrak, susah untuk dibuktikan tetapi kemampuannya dapat kita rasakan, dengan kata lain energi adalah kemampuan untuk menghasilkan kerja. Avability adalah kemampuan suatu sistem untuk menghasilkan kerja yang berguna sehingga keberadaanya lebih realistik, mudah dibuat dan dapat dirasakan kegunaanya.

    ReplyDelete
  48. Nama : Josua Siregar
    Nim : 17202089
    Jurusan : Teknik Mesin
    Mata Kuliah : Pengendalian Lingkungan Industri

    Menurut Saya,
    Energi berperan penting dalam kehidupan Manusia dan sebaliknya Manusia membutuhkan sumber energi. Energi didapat dari proses energi surya dan energi buian. Energi juga berperan dalam kemajuan teknologi yang saat ini bisa dikatakan sangat berkembang. Apalagi energi didapatkan tidak dengan harga yang mahal dan bisa di dapatkan dan bisa dilihat proses nya disekeliling kita. Dengan adanya energi, kebutuhan manusia terbantu.
    Dan kita tidak menyadari karena terlalu banyak nya kita mengkonsumsi Energi di dalam kehidupan kita sehari-hari justru berakibatkan fatal terhadap bumi , terutama dapat merusak ekologi. Disini kita sesama manusia yang membutuhkan Energi kita harus pandai untuk mengatur pemakaian Energi apabila kita tidak ingin bumi pelan-pelan rusak.

    ReplyDelete
  49. Nama :Bayu Rahmat Saparudin
    Nim :17.202.266
    Kelas:4M6

    Tanggpan Saya,
    Energi kalor atau energi panas
    Energi panas merupakan salah satu energi yang penting dalam kehidupan manusia. Salah satu sumber energi panas terbesar adalah matahari yang menghangatkan bumi setiap harinya. Panas matahari ini bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi dengan berubah menjadi energi listrik melalui sumber listrik tenaga surya, yang bisa dijadikan sebagai energi baru.
    Akan tetapi, selain matahari ada sumber energi panas lainnya yang memiliki jumlah yang tidak terbatas. Kita juga harus jeli dan hemat dalam pemanfaatan energi panas. Contoh sumber energi panas lainnya adalah batu bara yang bisa dijadikan sebagai sumber pemanas ruangan atau sebagai bahan bakar memasak. Keberadaan batu bara dalam jumlah terbatas harus dimanfaatkan secara bijak, gunakan energi panas yang telah dirubah menjadi energi lain seperlunya sehingga dapat mengurangi kerusakan alam yang berlebihan.
    Bijak dalam pemanfaatan energi, serta selalu mencari energi baru yang lebih inovatif dalam rangka pemenuhan energi yang menopang kehidupan makhluk hidup yang ada di muka bumi ini.

    ReplyDelete
  50. NAMA :ROLAND JOSUA SITANGGANG
    Nim :17202161
    KELAS :4M4
    Matkul:Pengendalian Lingkungan Industri

    Menurut saya:
    Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja. Adapun kerja adalah transfer energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Dalam istilah praktis, energi adalah segala sesuatu yang kita gunakan untuk memanipulasi dunia di sekitar kita.manusia sangat membutuhkan enrgi dalam kehidupan sehari-harinya,Wilayah Indonesia memang sangat luas dan terkandung sumber daya alam dan potensi enegi yang berlimpah, baik di dalam tanah atau di permukaan tanah.

    ReplyDelete
  51. NAMA :Jody butar butar
    Nim :17 202 126
    KELAS :4M3
    Matkul:Pengendalian Lingkungan Industri

    Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja. Adapun kerja adalah transfer energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Dalam istilah praktis, energi adalah segala sesuatu yang kita gunakan untuk memanipulasi dunia di sekitar kita.manusia sangat membutuhkan enrgi dalam kehidupan sehari-harinya,Wilayah Indonesia memang sangat luas dan terkandung sumber daya alam dan potensi enegi yang berlimpah, baik di dalam tanah atau di permukaan tanah.

    ReplyDelete
  52. Nama:Ajib ramadan
    Kelas:4M3
    Nim:17202113

    Pendapat saya adalah:
    Energi adalah sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai proses kegiatan seperti bahan bakar, listrik, energi mekanik dan energi panas. Sebagian besar energi dihasilkan dari sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi, air, batu bara, panas bumi, gambut, biomassa dan sebagainya, baik dihasilkan secara langsung maupun secara tidak langsung sehingga dapat dimanfaatkan sebagai energi.Pada saat ini energi makin berkurang untuk itu kita disarankan memanfaatkan energi terbarukan.Dan kita diharapkan dalam menggunakan energi hanya untuk keperluannya saja demi menghemat energi untuk masa berikutnya.

    ReplyDelete
  53. Nama:Ajib ramadan
    Kelas:4M3
    Nim:17202113

    Pendapat saya adalah:
    Energi adalah sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai proses kegiatan seperti bahan bakar, listrik, energi mekanik dan energi panas. Sebagian besar energi dihasilkan dari sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi, air, batu bara, panas bumi, gambut, biomassa dan sebagainya, baik dihasilkan secara langsung maupun secara tidak langsung sehingga dapat dimanfaatkan sebagai energi.Pada saat ini energi makin berkurang untuk itu kita disarankan memanfaatkan energi terbarukan.Dan kita diharapkan dalam menggunakan energi hanya untuk keperluannya saja demi menghemat energi untuk masa berikutnya.

    ReplyDelete
  54. Nama : Zunedi Marbun
    Nim : 17202181
    Kelas : 4m4
    Mata kuliah : pengendalian lingkungan industri

    Menurut saya , Energi adalah bentuk dari suatu zat, substansi atau kekuatan/kemampuan yang sifatnya abstrak, susah untuk dibuktikan tetapi kemampuannya dapat kita rasakan, dengan kata lain energi adalah kemampuan untuk menghasilkan kerja. Avability adalah kemampuan suatu sistem untuk menghasilkan kerja yang berguna sehingga keberadaanya lebih realistik, mudah dibuat dan dapat dirasakan kegunaanya. Dalam istilah praktis, energi adalah segala sesuatu yang kita gunakan untuk memanipulasi dunia di sekitar kita.manusia sangat membutuhkan enrgi dalam kehidupan sehari-harinya,Wilayah Indonesia memang sangat luas dan terkandung sumber daya alam dan potensi enegi yang berlimpah, baik di dalam tanah atau di permukaan tanah.

    ReplyDelete
  55. Nama:Richard sihombing
    Nim:17202208
    Kelas:4M5
    M.kuliah:pengendalian Lingkungan Industri

    Mrnurut Pendapat Saya
    Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja. Adapun kerja adalah transfer energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Dalam istilah praktis, energi adalah segala sesuatu yang kita gunakan untuk memanipulasi dunia di sekitar kita.manusia sangat membutuhkan enrgi dalam kehidupan sehari-harinya,Wilayah Indonesia memang sangat luas dan terkandung sumber daya alam dan potensi enegi yang berlimpah, baik di dalam tanah atau di permukaan tanah. Beberapa di antaranya dapat dikembangkan menjadi energi alternative atau energi terbarukan contohnya energi matahari, air, angin dan sampah sebagai pengganti ataua alternative lain dari bahan bakar minyak yang setiap tahun terus menurun dan menyusut persediaanya.

    ReplyDelete
  56. Nama Budiman hutajulu
    Nim :17202183
    Kelas :4M4
    Matkul:Pengendalian lingkungan industri

    Menurut pendapat saya,

    Energi adalah bentuk dari suatu zat, substansi atau kekuatan/kemampuan yang sifatnya abstrak, susah untuk dibuktikan tetapi kemampuanya dapat kita rasakan atau kata lain energy adalah kemampuan untuk menghasilkan kerja. Kehidupan manusia saat ini sangat bergantung terhadap energi, karena setiap kegiatan saat ini selalu menggunakan peralatan yang membutuhkan energi, contohnya seperti motor yang membutuhkan bensin sebagai bahan bakarnya dan handphone yang menggunakan listrik sebagai sumber energinya. Energi yang dihasilkan sebagian besar bersumber dari alam. Maka dari itu perlunya kesadaran dari kita untuk menggunakan energi yang ada dengan seperlunya saja demi menghemat energi untuk generasi berikutnya

    ReplyDelete
  57. NAMA :Ferdyawan Subagyo
    Nim :17202222
    KELAS :4M5


    Menurut saya:
    Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja. Adapun kerja adalah transfer energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Dalam istilah praktis, energi adalah segala sesuatu yang kita gunakan untuk memanipulasi dunia di sekitar kita.manusia sangat membutuhkan enrgi dalam kehidupan sehari-harinya,Wilayah Indonesia memang sangat luas dan terkandung sumber daya alam dan potensi enegi yang berlimpah, baik di dalam tanah atau di permukaan tanah.

    ReplyDelete
  58. Nama:Benny Eri Irianto
    Kelas:4M5
    Nim:17202218

    Pendapat saya adalah:
    Energi adalah sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai proses kegiatan seperti bahan bakar, listrik, energi mekanik dan energi panas. Sebagian besar energi dihasilkan dari sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi, air, batu bara, panas bumi, gambut, biomassa dan sebagainya, baik dihasilkan secara langsung maupun secara tidak langsung sehingga dapat dimanfaatkan sebagai energi.Pada saat ini energi makin berkurang untuk itu kita disarankan memanfaatkan energi terbarukan.Dan kita diharapkan dalam menggunakan energi hanya untuk keperluannya saja demi menghemat energi untuk masa berikutnya.

    ReplyDelete
  59. NAMA :Abdul Malik Karim Amarullah
    Nim :17202193
    KELAS :4M4
    Matkul:Pengendalian Lingkungan Industri

    Assalamualiku Wr.Wb

    Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja. Adapun kerja adalah transfer energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Dalam istilah praktis, energi adalah segala sesuatu yang kita gunakan untuk memanipulasi dunia di sekitar kita.manusia sangat membutuhkan enrgi dalam kehidupan sehari-harinya,Wilayah Indonesia memang sangat luas dan terkandung sumber daya alam dan potensi enegi yang berlimpah, baik di dalam tanah atau di permukaan tanah. Beberapa di antaranya dapat dikembangkan menjadi energi alternative atau energi terbarukan contohnya energi matahari, air, angin dan sampah sebagai pengganti ataua alternative lain dari bahan bakar minyak yang setiap tahun terus menurun dan menyusut persediaanya.Sebagian besar energi dihasilkan dari sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi, air, batu bara, panas bumi, gambut, biomassa dan sebagainya, baik dihasilkan secara langsung maupun secara tidak langsung sehingga dapat dimanfaatkan sebagai energi.

    ReplyDelete
  60. Nama : irwan panjaitan
    Nim : 15202085
    Kelas : 8M2
    Menurut saya , energi adalah kemampuan melakukan kerja, disebut demikian karena setiap kerja yang dilakukan sekecil apapun demkia nseringan apanpun tetap membutuhkan energi.energi dalam setial kehidupan mhkluk hidup yang ada dimuka bumi sangat diperlukan keberadaannya baik untuk beraktifitas ataunpun untuk bertahan hidup.

    ReplyDelete
  61. Nama :magelius p v sinurat
    Nim :17202079
    Kelas :4m2

    Mrnurut Pendapat Saya
    Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja. Adapun kerja adalah transfer energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Dalam istilah praktis, energi adalah segala sesuatu yang kita gunakan untuk memanipulasi dunia di sekitar kita.manusia sangat membutuhkan enrgi dalam kehidupan sehari-harinya,Wilayah Indonesia memang sangat luas dan terkandung sumber daya alam dan potensi enegi yang berlimpah, baik di dalam tanah atau di permukaan tanah. Beberapa di antaranya dapat dikembangkan menjadi energi alternative atau energi terbarukan contohnya energi matahari, air, angin dan sampah sebagai pengganti ataua alternative lain dari bahan bakar minyak yang setiap tahun terus menurun dan menyusut

    ReplyDelete
  62. Nama : tomy hasan ginting
    Nim : 15 202 202
    Matakuliah PLI

    energi adalah hal yang harus dimanfaatkan keberadaannya baik itu energi yang sudah ada atau energi yang bisa kita ciptakan,pemanfaatakan energi terbarukan adalah hal yang sangat perlu kita kembangkan pada masa saat ini karena jika kita mengharapkan energi yang tersedia didalam bumi yang pada suatu saat pasti akan habis makan kita harus mencari energi alternatif melaui ebergi terbarukan, maka dari itu diperlukan riset yang dapat menciptakan solusi untuk pengganti energi tsb

    ReplyDelete
  63. Nama:gidion hutabarat
    Nim :17202186
    Kelas:4M4
    Mata kuliah:Pengendalian Lingkungan

    Energi adalah sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai proses kegiatan seperti bahan bakar, listrik, energi mekanik dan energi panas. Sebagian besar energi dihasilkan dari sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi, air, batu bara, panas bumi, gambut, biomassa dan sebagainya, baik dihasilkan secara langsung maupun secara tidak langsung sehingga dapat dimanfaatkan sebagai energi.

    ReplyDelete
  64. Nama:dandi saputra
    Nim :17202170
    Kelas:4M4
    Mata kuliah:Pengendalian Lingkungan

    Energi adalah sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai proses kegiatan seperti bahan bakar, listrik, energi mekanik dan energi panas. Sebagian besar energi dihasilkan dari sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi, air, batu bara, panas bumi, gambut, biomassa dan sebagainya, baik dihasilkan secara langsung maupun secara tidak langsung sehingga dapat dimanfaatkan sebagai energi.

    ReplyDelete
  65. Nama:Darno Haro Munthe
    Nim :16202093
    Mata kuliah:Audit Efisiensi Energi

    Assalamualaikum wr.wb

    Menurut pendapat saya
    Energi adalah kemampuan melakukan kerja.mengapa disebut demikian karena setiap kerja yang dilakukan sekecil apapun dan seringan apapun tetap membutuhkan energi.
    Menurut kbbi energi didefinisikan sebagai daya atau kekuatan yang diperlukan untuk melakukan berbagai proses kegiatan.
    Ada banyak bentuk energi,tetapi semua bentuk energi ini dapat dikelompokkan menjadi 2 kategori yaitu potensial dan kinetik.
    1. Energi potensial
    Energi potensial adalah energi yang tersimpan dan energi posisi hingga menjadi energi gravitasi.
    Bentuk-bentuk energi potensial sebagai berikut:
    a. Energi kimia
    Energi kimia adalah energi yang tersimpan dalam ikatan atom dan molekul. Cth:biomassa,minyak bumi, gas alam
    b. Energi mekanik
    Energi mekanik adalah energi yang tersimpan dalam objek dengan tegangan cth: pegas yang ditekan dan karet yang diregangkan.
    c. Energi nuklir
    Energi nuklir adalah energi yang tersimpan dalam dalam inti atom sampai energi yang menjaga inti tetap bersatu.
    d. Energi gravitasi
    Energi gravitasi adalah energi yang tersimpan dalam objek yabg tinggi dan berat suatu objek semakin banyak pula energi gravitasi yang tersimpan.
    e. Energi listrik
    Energi listrik energi yang disimpan dalam sebuah baterai, dan dapat digunakan untuk menyalakan sebuah telepon atau sebuah mobil.

    2. Energi kinetik
    Adalah gelombang,molekul-molekul,benda dan zat. Bentuk-bentuk dari energi kinetik sebagai berikut:
    a. Energi radiasi
    Energi elektromagnetik yang bergerak dalam gelombang transversal.
    b. Energi thermal
    Energi thermal adalah getaran dan gerakan dari suatu atom dan molekul didalam zat.
    d. Energi gerak
    Energi gerak adalah energi yang tersimpan dalam gerakan benda.
    e. Suara
    Adalah gerakan energi melalui zat dan gelombang longitudinal (kompresi/peregangan)

    ReplyDelete
  66. Nama :Chairul Maulidi
    NIM :16 202 230
    Mata Kuliah :Audit Efisiensi Energi
    Pengantar :Dasar-Dasar Energi

    Assalmualikum Wr.Wb

    Menurut pendapat saya:
    Ada dua jenis energi, energi yang tersimpan (Energi potensial) dan energi kerja (kinetik).
    Sebagai contoh, makanan yang kita makan mengandung energi kimia, dan tubuh kita menyimpan energi ini sampai kita melepaskannya ketika kita bekerja atau bermain.

    1) Energi Potensial
    Energi potensial adalah energi yang tersimpan dan energi posisi (gravitasi). Itu ada dalam berbagai bentuk.
    2) Energi Kimia
    Energi kimia adalah energi yang tersimpan dalam ikatan atom dan molekul. Biomassa, minyak bumi, gas alam, propana, dan batu bara adalah contoh energi kimia yang tersimpan.
    3) Energi Nuklir
    Energi nuklir adalah energi yang tersimpan dalam inti atom – energi yang menyatukan inti-inti atom. Inti atom uranium adalah contoh energi nuklir.
    4) Energi Mekanis Tersimpan
    Energi mekanik tersimpan adalah energi yang tersimpan pada benda-benda oleh penerapan gaya. Pegas yang terkompresi dan karet gelang membentang adalah contoh energi mekanik yang tersimpan.
    5) Energi Gravitasi
    Energi gravitasi adalah energi tempat atau posisi dan identik dengan energi potensial. Air di waduk di belakang bendungan pembangkit listrik tenaga air adalah contoh energi gravitasi. Ketika air dilepaskan untuk memutar turbin, ia menjadi energi gerak.
    6) Energi Kinetik
    Energi kinetik adalah energi dalam gerak- gerakan gelombang, elektron, atom, molekul, dan substansi. Itu ada dalam berbagai bentuk.
    7) Energi Radiasi
    Energi radiasi adalah energi elektromagnetik yang bergerak dalam gelombang transversal. Energi radiasi meliputi cahaya tampak, sinar-x, sinar gamma, dan gelombang radio. Energi matahari adalah contoh energi radiasi.
    8) Energi Termal
    Energi termal (atau panas) adalah energi internal dalam zat – getaran dan pergerakan atom dan molekul di dalam zat. Energi panas bumi adalah contoh energi panas.
    9) Gerak
    Pergerakan benda atau zat dari satu tempat ke tempat lain adalah gerakan. Angin dan tenaga air adalah contoh gerakan.
    10) Suara
    Suara adalah gerakan energi melalui zat dalam gelombang longitudinal (kompresi / penghalusan).
    11) Energi Listrik
    Energi listrik adalah pergerakan elektron. Petir dan listrik adalah contoh energi listrik.

    ReplyDelete
  67. Nama : Ristuan D Purba
    Nim : 16202111
    Judul: Dasar-Dasar Energi

    Menurut saya,Pada saat ini energi makin berkurang untuk itu kita disarankan memanfaatkan energi terbarukan.Dan kita diharapkan dalam menggunakan energi hanya untuk keperluannya saja demi menghemat energi untuk masa berikutnya.

    ReplyDelete
  68. Nama : Samuel Jogian Sinaga
    Nim : 16 202 128
    Judul : Dasar - Dasar Energi
    Menurut pendapat saya:
    Ada dua jenis energi, energi yang tersimpan (Energi potensial) dan energi kerja (kinetik).
    Sebagai contoh, makanan yang kita makan mengandung energi kimia, dan tubuh kita menyimpan energi ini sampai kita melepaskannya ketika kita bekerja atau bermain.

    1) Energi Potensial
    Energi potensial adalah energi yang tersimpan dan energi posisi (gravitasi). Itu ada dalam berbagai bentuk.
    2) Energi Kimia
    Energi kimia adalah energi yang tersimpan dalam ikatan atom dan molekul. Biomassa, minyak bumi, gas alam, propana, dan batu bara adalah contoh energi kimia yang tersimpan.
    3) Energi Nuklir
    Energi nuklir adalah energi yang tersimpan dalam inti atom – energi yang menyatukan inti-inti atom. Inti atom uranium adalah contoh energi nuklir.
    4) Energi Mekanis Tersimpan
    Energi mekanik tersimpan adalah energi yang tersimpan pada benda-benda oleh penerapan gaya. Pegas yang terkompresi dan karet gelang membentang adalah contoh energi mekanik yang tersimpan.
    5) Energi Gravitasi
    Energi gravitasi adalah energi tempat atau posisi dan identik dengan energi potensial. Air di waduk di belakang bendungan pembangkit listrik tenaga air adalah contoh energi gravitasi. Ketika air dilepaskan untuk memutar turbin, ia menjadi energi gerak.
    6) Energi Kinetik
    Energi kinetik adalah energi dalam gerak- gerakan gelombang, elektron, atom, molekul, dan substansi. Itu ada dalam berbagai bentuk.
    7) Energi Radiasi
    Energi radiasi adalah energi elektromagnetik yang bergerak dalam gelombang transversal. Energi radiasi meliputi cahaya tampak, sinar-x, sinar gamma, dan gelombang radio. Energi matahari adalah contoh energi radiasi.
    8) Energi Termal
    Energi termal (atau panas) adalah energi internal dalam zat – getaran dan pergerakan atom dan molekul di dalam zat. Energi panas bumi adalah contoh energi panas.
    9) Gerak
    Pergerakan benda atau zat dari satu tempat ke tempat lain adalah gerakan. Angin dan tenaga air adalah contoh gerakan.
    10) Suara
    Suara adalah gerakan energi melalui zat dalam gelombang longitudinal (kompresi / penghalusan).
    11) Energi Listrik
    Energi listrik adalah pergerakan elektron. Petir dan listrik adalah contoh energi listrik.

    ReplyDelete
  69. Nama : Roy Martin Sipayung
    Nim : 16202097
    M.Kuliah : Audit Efisiensi Energi
    Kelas : 6M2

    Dengan semakin banyaknya sumber-sumber energi baru yang ditemukan serta dengan semakin berkembangnya metoda konversi yang baru dan lebih baik, penggunaannya oleh manusia pun semakin meningkat. Sumber energi yang mula sekali digunakan ialah tenaga otot - mula-mula yang dipunyai oleh manusia sendiri, lalu belakangan dari binatang pekerja. Suatu waktu di awal evolusi, manusia belajar untuk menghasilkan energi dari pembakaran karbohidrat tumbuhan dan kayu).

    Masyarakat di Indonesia sebagian besar belum sadar dan butuh akan energi terbaru. Hal itu di karenakan sebagian besar masyarakat Indonesia berperilaku konsumtif. Dan disarankan kepada masyarakat agar menggunakan energi ciptaan terbaru ,karena dapat membantu pekerjaan menjadi lebih cepat selesai dengan mudah.
    Trimakasih.

    ReplyDelete
  70. Nama : Bayuga Ateta Nugerah Perangin-angin
    Nim : 16 202 119
    Jurusan : Teknik Mesin
    Kelas : 6M1
    Mata kuliah : Audit & Efisinsi Energi
    Judul : DASAR-DASAR ENERGI
    Asalamualaikum Wr.Wb
    Menurut pendapat saya:
    Kita tau bahwa semakin berkembangnya jaman, maka secara tidak sadar muncullah berbagai ide-ide untuk membuat suatu energi yang yang terbarukan, seperti negaara-negara lain kemudian bagaimana dengan negara indonesia tentunya? negara kita memang sangat mencukupi dasar-dasar untuk menciptakan atau membuat energi terbarukan tinggal kitalagi bagaimana memanfaatkan energi tersebuat salah satunya adalah memanfaatkan tenaga air pasang untuk memproduksi listrik, dapat kita lihat sebuah rancangan suatu sistem listrik air pasang berdaya 800 hingga 14.000 MWe di pantai Passamaquoddy. Sistem tersebut terdiri dari sebuah dam yang menghadap ke arah datangnya gelombang pasang dan dapat menyalurkan air keluar-masuk melalui sejumlah turbin air reversibel di dalam dam. Dua sistem listrik air pasang telah selesai dibangun. Rusia membangun sebuah pusat tenaga listrik air pasang kecil berdaya 2MWe di Kislaya Cuba, kira-kira 600 mil ke arah utara Murmanks. Prancis telah pula membangun sistem listrik air pasang ini di Rance Estuary di lepas pantai Channel-Island, Prancis, berdaya 240 MWe. Sistem yang menggunakan 24 turbin ini ditunjukkan pada Gambar 3, dan pusat pembangkit ini juga dipakai sebagai sebuah pumped storage system. Pada waktu kebutuhan daya rendah, unit-unit motor-generator dibalikkan dan air laut dipompakan ke dalam muara yang nantinya akan melepaskannya ke laut pada waktu kebutuhan daya mencapai puncak. Potensi total dari seluruh sistem tenaga air pasang dunia diperkirakan sekitar 64.000 MWe. Walaupun ini adalah daya yang sangat besar, namun bila dibandingkan dengan kapasitas pembangkit listrik di Amerika Serikat tahun 1970 yang sebesar 356.800 MWe itu, tentulah ini relatif kecil. Meskipun pemakaian tenaga air pasang bukanlah merupakan penyelesaian bagi kebutuhan energi dunia, namun sumber ini bersifat "tak terhabiskan" dan energi tersebut pada dasarnya adalah bebas polusi.
    Sekian dari saya, jikalau ada perkatan yang menyimpang di komentar ini saya mohon maaf.
    Akhir kata saya ucapakn terimakasi.


    ReplyDelete
  71. Nama :Edison simorangkir
    Nim :16202034
    M. Kuliah: audit dan efisiensi energi


    Menurut pendapat saya,Energi adalah kemampuan untuk melakukan suatu usaha.
    seperti tulisan yang tertulis di atas tentang dasar -dasar Energi, tentang kebutuhan energi suatu daerah/sebuah Negara. contohnya Indonesia memang sangat perlu,namun perlu juga penghematan ataupun, pembatasan karena suatu saat enrgi suatu Negara akan berkurang.Dalam istilah praktis, energi adalah segala sesuatu yang kita gunakan untuk memanipulasi dunia di sekitar kita.manusia sangat membutuhkan enrgi dalam kehidupan sehari-harinya,Wilayah Indonesia memang sangat luas dan terkandung sumber daya alam dan potensi enegi yang berlimpah, baik di dalam tanah atau di permukaan tanah. Beberapa di antaranya dapat dikembangkan menjadi energi alternative atau energi terbarukan contohnya energi matahari, air, angin dan sampah sebagai pengganti ataua alternative lain dari bahan bakar minyak yang setiap tahun terus menurun dan menyusut persediaanya.Sebagian besar energi dihasilkan dari sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi, air, batu bara, panas bumi, gambut, biomassa dan sebagainya, baik dihasilkan secara langsung maupun secara tidak langsung sehingga dapat dimanfaatkan sebagai energi.

    ReplyDelete
  72. Nama:Frengki U.P Napitupulu
    Nim:16202130
    M.Kuliah:audit Efisiensi Energi

    Pendapat saya adalah:
    Energi adalah sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai proses kegiatan seperti bahan bakar, listrik, energi mekanik dan energi panas. Sebagian besar energi dihasilkan dari sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi, air, batu bara, panas bumi, gambut, biomassa dan sebagainya, baik dihasilkan secara langsung maupun secara tidak langsung sehingga dapat dimanfaatkan sebagai energi.Pada saat ini energi makin berkurang untuk itu kita disarankan memanfaatkan energi terbarukan.

    ReplyDelete
  73. Nama : Fernandes
    Nim : 1620112
    MK : AUDIT
    Menurut saya: Energi adalah suatu bentuk kekuatan yang dihasilkan atau dimiliki oleh suatu benda. Sebagian besar energi dihasilkan dari sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi, air, batu bara, panas bumi, gambut, biomassa dan sebagainya, baik dihasilkan secara langsung maupun secara tidak langsung sehingga dapat dimanfaatkan sebagai energi.Pada saat ini energi makin berkurang untuk itu kita disarankan memanfaatkan energi terbarukan.Dan kita diharapkan dalam menggunakan energi hanya untuk keperluannya saja demi menghemat energi untuk masa berikutnya.

    ReplyDelete
  74. Nama: Frengki U.P Napitupulu
    Nim:16202130
    Mata Kuliah:Audit Efisiensi Energi



    Menurut pendapat saya

    Energi adalah bentuk dari suatu zat, substansi atau kekuatan/kemampuan yang sifatnya abstrak, susah untuk dibuktikan tetapi kemampuannya dapat kita rasakan, dengan kata lain energi adalah kemampuan untuk menghasilkan kerja. Avability adalah kemampuan suatu sistem untuk menghasilkan kerja yang berguna sehingga keberadaanya lebih realistik, mudah dibuat dan dapat dirasakan kegunaanya.

    Energi adalah sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai proses kegiatan seperti bahan bakar, listrik, energi mekanik dan energi panas. Sebagian besar energi dihasilkan dari sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi, air, batu bara, panas bumi, gambut, biomassa dan sebagainya, baik dihasilkan secara langsung maupun secara tidak langsung sehingga dapat dimanfaatkan sebagai energi

    ReplyDelete
  75. Nama: Rabin sirait
    Nim:16202096
    M.Kuliah: Audit dan Efisiensi Energi

    Menurut pendapat saya:
    Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja. Adapun kerja adalah transfer energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Dalam istilah praktis, energi adalah segala sesuatu yang kita gunakan untuk memanipulasi dunia di sekitar kita.manusia sangat membutuhkan enrgi dalam kehidupan sehari-harinya,Wilayah Indonesia memang sangat luas dan terkandung sumber daya alam dan potensi enegi yang berlimpah, baik di dalam tanah atau di permukaan tanah. Beberapa di antaranya dapat dikembangkan menjadi energi alternative atau energi terbarukan contohnya energi matahari, air, angin dan sampah sebagai pengganti ataua alternative lain dari bahan bakar minyak yang setiap tahun terus menurun dan menyusut persediaanya.Sebagian besar energi dihasilkan dari sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi, air, batu bara, panas bumi, gambut, biomassa dan sebagainya, baik dihasilkan secara langsung maupun secara tidak langsung sehingga dapat dimanfaatkan sebagai energi.
    Reply

    ReplyDelete
  76. NAMA :KIKI ANDRIAN
    NIM :17202041
    KELAS: EXTENTION

    Dalam kehidupan sehari hari energi sangatlah berperan bagi semua mahluk hidup untuk kemampuan melakukan suatu pekerjaan.
    Energi adalah sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai proses kegiatan seperti bahan bakar, listrik, energi mekanik dan energi panas. Sebagian besar energi dihasilkan dari sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi, air, batu bara, panas bumi, gambut, biomassa dan sebagainya, baik dihasilkan secara langsung maupun secara tidak langsung sehingga dapat dimanfaatkan sebagai energi.Pada saat ini energi makin berkurang untuk itu kita disarankan memanfaatkan energi terbarukan.Dan kita diharapkan dalam menggunakan energi hanya untuk keperluannya saja demi menghemat energi untuk masa berikutnya.


    ReplyDelete
  77. NAMA :RIDWAN PRATAMA
    NIM :17202088
    KELAS:EXTENTION

    Energi adalah bentuk dari suatu zat, substansi atau kekuatan/kemampuan yang sifatnya abstrak, susah untuk dibuktikan tetapi kemampuannya dapat kita rasakan, dengan kata lain energi adalah kemampuan untuk menghasilkan kerja. Avability adalah kemampuan suatu sistem untuk menghasilkan kerja yang berguna sehingga keberadaanya lebih realistik, mudah dibuat dan dapat dirasakan kegunaanya.

    Energi adalah sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai proses kegiatan seperti bahan bakar, listrik, energi mekanik dan energi panas. Sebagian besar energi dihasilkan dari sumber daya alam yang meliputi minyak dan gas bumi, air, batu bara, panas bumi, gambut, biomassa dan sebagainya, baik dihasilkan secara langsung maupun secara tidak langsung sehingga dapat dimanfaatkan sebagai energi.
    Sekian pendapat dari saya.Terima kasih.

    ReplyDelete
  78. NAMA :EKO NUR RAHMADY
    NIM :17202045
    KELAS :EXTENTION
    Jurusan teknik mesin
    Dampak jika pemborosan energi listrik

    1.Terjadinya peningkatan suhu global akibat dari panasnya energi listrik yang terlalu lama digunakan atau penggunaannya melebihi batas.
    2.Pemborosan energi listrik juga dapat menyebabkan kemungkinan cuaca ekstrim di suatu wilayah tertentu.
    3.Cadangan listrik untuk generasi di masa mendatang yang semakin berkurang, sehingga dapat menimbulkan kondisi darurat listrik.
    4.Terjadinya pemadaman bergilir yang diputuskan secara sepihak sebagai upaya penghematan energi listrik.
    5.Dan dampak buruk yang terakhir yaitu pengeluaran yang semakin membengkak karena tagihan akan meningkat.

    ReplyDelete
  79. Nama:Mikkael silaban
    Nim :15202083
    M kuliah:pengedalian lingkungan industri
    menurut pendapat saya
    energi adalah sumber daya yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai proses seperti listrik energi mekanik dan energi panas .dan energi sangat dibutuhkan oleh manusia untuk kehidupan sehari-hari .ada beberapa energi alternative seperti contohnya energi matahari ,air,angin dan udara dan kita diharapkan dalam menggunakan energi hanya untuk keperluan saja dan mengatur pemakaian energi agar bumi tidak rusak

    ReplyDelete
  80. NAMA : RONALDO JULIAN SIREGAR
    NIM : 15202076

    Energi sangatlah penting buat manusia dan seluruh mahluk yang ada di muka bumi
    Energi-energi tersebut bisa di manfaatkan guna membantu untuk mempermudah pekerjaan manusia

    Seperti energi surya
    Dimanfaatkan menjadi tenaga listrik
    Dimana listrik sangat berperan penting di lehidupan manusi guna membantu pekerjaan dan kebutuhan manusia
    Dan potensi energi lainya
    Seperti potensi energi udara dan juga energi sungai dan laut dimana energi-energi tersebut dapat di buat menjadi bahan atau alat yg bisa di robah guna membantu dan mempermudah kehidupan manusi
    Dan peran manusia siap menjaga potwnsi-potensi enwrgi tersebut,baik dari pencemaran dan yang lainya

    ReplyDelete
  81. Nama : Muhammad Dendy Agusdiandy
    Nim : 17 202 061
    Mata Kuliah : Audit dan Efisiensi Energi


    Menurut pendapat saya:

    Tulisan Bapak Dr. Ir. Hamzah Lubis, SH.,M.Si yang berjudul “Dasar Dasar Energi” ini sangatlah baik karena memberikan pemahaman dan pengajaran bagi siapa saja yang membacanya. Konsep dasar-dasar energi sangatlah diperlukan agar pengenalan yang sebenarnya apa itu energi dapat diartikan dengan baik dan benar.

    Energi sangat dibutuhkan untuk keberlangsungan kehidupan manusia dibumi, tanpa adanya energi manusia sulit bahkan tidak dapat hidup. Oleh karena itu, perlu adanya pola pikir yang cermat menangani cara pemanfaatan energi yang sesuai dan lebih baik. Energi yang ada itu bersifat kekal, sesuai dengan bunyi Hukum Kekekalan Energi, yakni “energi tidak dapat diciptakan dan juga dimusnahkan tetapi energi hanya dapat berubah bentuk, dari bentuk yang satu ke bentuk yang lainnya”.

    Kebutuhan energi disetiap negara semakin meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah populasi manusia di negara itu sendiri. Hal semacam itu, jika pengelolaan dan pemberdayaan energi tidak dapat dilakukan dengan baik dan benar maka dapat mengakibatkan peningkatan kebutuhan energi yang tidak efisien. Dampak buruk lainnya, akan menyebabkan terjadinya kerusakan ekologi.

    Jadi sebagai manusia haruslah berwawasan dan berfikir cerdas dalam pemanfaatan energi. Sehingga ketersedian energi dapat dikelola dengan baik dan benar.

    Sekian dan terimakasih.

    ReplyDelete
  82. Nama : Muhammad Hidayah
    Nim : 17 202 060
    Mata Kuliah : Audit dan Efisiensi Energi


    Pendapat saya :

    Tulisan mengenai Sumber Sumber Energi sangat lah baik dalam pemahaman, semoga menjadikan kepada pembacanya bisa mengolah ataupun pemanfaatan sumber energy dan bisa berguna kedepanya.

    konsumsi energi kelihatannya berhubungan langsung dengan tingkat kehidupan penduduk serta derajat industrialisasi suatu Negara untuk melakukan kerja. Adapun kerja adalah transfer energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya.

    Manusia sangat membutuhkan enrgi dalam kehidupan sehari-harinya,Wilayah Indonesia memang sangat luas dan terkandung sumber daya alam dan potensi enegi yang berlimpah, baik di dalam tanah atau di permukaan tanah. Beberapa di antaranya dapat dikembangkan menjadi energi alternative atau energi terbarukan seperti yang kita tahu energi matahari, air, angin dan sampah sebagai pengganti atau alternative lain dari suatu bahan bakar minyak yang setiap tahun terus menurun dan menyusut persediaanya.

    ReplyDelete
  83. Nama : Muhammad Dendy Agusdiandy
    Nim : 17 202 061
    Mata Kuliah : Audit dan Efisiensi Energi

    Jawaban:
    1.Energy blackmail merupakan pemerasan energi. Dengan adanya suplai energi berharga murah, digunakan pula kekayaannya itu sebagai senjata politik dan ekonomi yang potensial guna mencapai tujuan-tujuan politik yang tak akan tercapai dengan cara-cara diplomatik biasa.

    2.Hubungan antara produk nasional suatu negara terhadap konsumsi energinya dapat dilihat bahwa peningkatan konsumsi energi final seiring dengan meningkatnya pula produk nasional tersebut. Hal ini juga menunjukan bahwa sangat pentingnya peran energi dalam aktivitas perekonomian untuk menciptakan produk nasional.

    3.Hubungan massa dengan energi dan masa dengan energi kedepannya yakni dapat dilihat bahwa jumlah massa dan energi tetap kekal dalam setiap proses konversi energi. Bila persamaan ini dipakai, akan kelihatan bahwa sejumlah kecil massa yang benar-benar ada menghasilkan sejumlah besar energi. Jadi dengan adanya energi pada suatu massa, maka dengan hal itu energi akan tersedia. Untuk masa pemakaian energi dalam jangka panjang atau ketersediannya dimasa depan erat kaitan dengan cara pengelolaan dan pemberdayaannya yang baik.

    4.Hubungan yang erat antara pemakaian massa batu bara, minyak, dan nuklir salah satunya ialah pada dampak kerusakan atau efek yang ditimbulkan terhadap lingkungan hidup. Contohnya seperti batu bara untuk pembangkit listrik akan dapat meningkatkan emisi partikel, SO2, juga CO2. Sama halnya juga dengan massa minyak dan nuklir, masing-masing menimbulkan dampak pada keberlangsungan lingkungan. Untuk pemakaian massa batu bara terus mengalami peningkatan.

    5.Klasifikasi energi yang saya ketahui yakni:
    a.Energi panas yakni energi yang dapat mengakibatkan terjadinya perubahan suhu maupun perubahan
    wujud zat tertentu.
    b.Energi listrik merupakan energi yang timbul karena adanya perpindahan muatan-muatan
    listrik.
    c.Energi kimia adalah jenis energi yang dilepaskan selama proses reaksi kimia.
    d.Energi nuklir adalah jenis energi yang dihasilkan dari proses reaksi nuklir.
    e.Energi mekanik adalah energi yang dimiliki oleh setiap benda yang bergerak.

    6.Sumber-sumber energi dapat dikelompokkan dalam dua kategori umum yaitu energi perolehan (income energy) merupakan energi yang mencapai bumi dari angkasa luar, dan energi modal (capitai energy) merupakan energi yang telah ada pada, atau di dalam bumi. Energi perolehan termasuk di antaranya adalah energi surya dan energi bulan, sedangkan sumber-sumber energi modal di antaranya adalah sumber energi atom dan panas bumi (geotermal).
    a.Sumber energi angin memiliki permasalahan yakni energi angin ini kondisinya tidak stabil kadang
    bertiup sangat kencang dan dapat mengakibatkan kerusakan.
    b.Sumber energi geothermal memiliki permasalahan yakni dapat mencemari air. Proses ekstraksi termal
    bumi telah memobilisasinya sehingga mencemari air oleh zat terkandung seperti Arsen (As), Antimon
    (Sb) dan Boron (B).

    7.Pemanfaatan energi dari masing-masing sumber energi yang saya ketahui yakni:
    a.Panas bumi (Geotermal) dimanfaatkan sebagai sumber energi pembangkit listrik dengan memanfaatkan
    panas dari bumi tersebut.
    b.Angin dimanfaatkan sebagai media untuk menggerakkan kincir angin pembangkit, menggerakkan kapal
    layar, dan mempercepat pendingan benda panas.
    c.Matahari dimanfaatkan untuk berbagai pembangkit tenaga surya, sebagai
    alat pemanas, dan kesehatan makhluk hidup.
    Cadangan energi kedepan tentunya berharap pada sumber-sumber energi baru dan terbarukan (EBT)
    seperti air, panas bumi, surya, angin dan energi laut.

    8.Konsep energi yang akan saya terapkan ialah konsep energi yang ramah lingkungan atau terbarukan. Dengan mengendalikan pemakaian energi fosil secara berlebihan dengan mengambil langkah alternative lain untuk mengelola energi baru terbarukan seperti tenaga surya dan tenaga angin, agar tetap menjaga kelestarian lingkungan untuk masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  84. Nama : Samuel C F Purba
    Nim : 17 202 138
    Mata Kuliah : Audit dan Efisiensi Energi

    1.Energy blackmail merupakan pemerasan energi. Dengan adanya suplai energi berharga murah, digunakan pula kekayaannya itu sebagai senjata politik dan ekonomi yang potensial guna mencapai tujuan-tujuan politik yang tak akan tercapai dengan cara-cara diplomatik biasa.

    2.Hubungan antara produk nasional suatu negara terhadap konsumsi energinya dapat dilihat bahwa peningkatan konsumsi energi final seiring dengan meningkatnya pula produk nasional tersebut. Hal ini juga menunjukan bahwa sangat pentingnya peran energi dalam aktivitas perekonomian untuk menciptakan produk nasional.

    3.Hubungan massa dengan energi dan masa dengan energi kedepannya yakni dapat dilihat bahwa jumlah massa dan energi tetap kekal dalam setiap proses konversi energi. Bila persamaan ini dipakai, akan kelihatan bahwa sejumlah kecil massa yang benar-benar ada menghasilkan sejumlah besar energi. Jadi dengan adanya energi pada suatu massa, maka dengan hal itu energi akan tersedia. Untuk masa pemakaian energi dalam jangka panjang atau ketersediannya dimasa depan erat kaitan dengan cara pengelolaan dan pemberdayaannya yang baik.

    4.Hubungan yang erat antara pemakaian massa batu bara, minyak, dan nuklir salah satunya ialah pada dampak kerusakan atau efek yang ditimbulkan terhadap lingkungan hidup.

    5.Klasifikasi energi yang saya ketahui yakni:
    -Energi Mekanik Didefiniskan sebagai suatu energi yang dapat digunakan untuk mengangkat (menggerakkan) suatu benda, dalam bentuk transisional (perpindahan) disebut dengan kerja.
    -Energi Listrik merupakan Jenis energi yang berkaitan dengan arus dan akumulasi elektron
    -Energi Elektromagnetik adalah Suatu bentuk energi yang berkaitan dengan radiasi elektromagnetik
    -Energi kimia merupakan energi yang keluar sebagai hasil interaksi elektron di mana dua atau lebih atom dan/ atau molekul-molekul berkombinasi menghasilkan senyawa kimia yang stabil.
    -Energi nuklir merupakan bentuk energi yang ada sebagai energi tersimpan yang bisa dilepas akibat interaksi partikel dengan di dalam inti atom
    - Energi Panas (Termal) adalah Bentuk energi dasar dengan arti kata, semua bentuk energi lain dapat dikonversi secara penuh ke energi ini.

    6.Sumber-sumber energi dapat dikelompokkan dalam dua kategori umum yaitu energi perolehan (income energy) merupakan energi yang mencapai bumi dari angkasa luar, dan energi modal (capitai energy) merupakan energi yang telah ada pada, atau di dalam bumi. Energi perolehan termasuk di antaranya adalah energi surya dan energi bulan, sedangkan sumber-sumber energi modal di antaranya adalah sumber energi atom dan panas bumi (geotermal).

    7 .Pemanfaatan energi dari masing-masing sumber energi yang saya ketahui yakni:
    -Panas bumi (Geotermal) dimanfaatkan sebagai sumber energi pembangkit listrik dengan memanfaatkan panas dari bumi tersebut.
    -Angin dimanfaatkan sebagai media untuk menggerakkan kincir angin pembangkit, menggerakkan kapal layar, dan mempercepat pendingan benda panas.
    -Matahari dimanfaatkan untuk berbagai pembangkit tenaga surya, sebagai
    alat pemanas, dan kesehatan makhluk hidup.
    Cadangan energi kedepan tentunya berharap pada sumber-sumber energi baru dan terbarukan (EBT)seperti air, panas bumi, surya, angin dan energi laut.

    8.Konsep energi yang akan saya terapkan ialah konsep energi yang ramah lingkungan atau terbarukan. Dengan mengendalikan pemakaian energi fosil secara berlebihan dengan mengambil langkah alternative lain untuk mengelola energi baru terbarukan seperti tenaga surya dan tenaga angin, agar tetap menjaga kelestarian lingkungan untuk masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  85. Nama : Afif Nugraha Arfandi
    Nim. : 17202141
    Mata Kuliah : Audit dan Efisiensi Energi

    1. Energy blackmail Adalah Pemerasan energi karena konsumsi(penggunaan) energi yang kelihatannya berhubungan langsung dengan tingkat kehidupan penduduk serta derajat industrialisasi suatu negara.

    2. Hubungan antara produk nasional suatu negara terhadap konsumsi energinya adalah apabila keinginan konsumen meningkat maka sudah di pastikan penggunaan jumlah energi yang diinginkan pun meningkat dan diikuti pula dengan meningkatnya nilai produksi yang di hasilkan

    3. jumlah massa dan energi mesti tetap kekal dalam setiap proses konversi energi. Bila persamaan ini  dipakai, akan kelihatan bahwa sejumlah kecil massa yang benar-benar ada menghasilkan sejumlah besar energi.


    4. Hubungan yang erat antara pemakaian massa batu bara, minyak, dan nuklir salah satunya ialah pada dampak kerusakan atau efek yang ditimbulkan terhadap lingkungan hidup

    5. A. energi mekanik : energi yang dimiliki oleh sebuah benda karena gerakannya
    B. energi listrik : energi utama yang dibutuhkan bagi peralatan listrik / energi yang tersimpan dalam arus listrik
    C. energi elektromagnetik :gelombang yang memancar tanpa media rambat yang membawa muatan energi listrik dan magnet (elektro magnetik)
    D. energi kimia : energi yang terdapat dalam senyawa-senyawa kimia
    E. energi nuklir : energi yang terdapat dalam senyawa-senyawa kimia potensial yang terdapat pada partikel di dalam nukleus atom. 
    F. energi panas (termal) : semua kemampuan yang terjadi akibat adanya pengaruh panas. matahari merupakan sumber energi utama di bumi.

    6. Sumber-sumber energi dapat dikelompokkan ke dalam dua kategori umum – energi celestial atau energi perolehan (income energy), yakni energi yang mencapai bumi dari angkasa luar, dan energi modal (capitai energy), yakni energi yang telah ada pada, atau di dalam bumi. 
    Contoh energi celestial : elektromagnetik bintang-bintang , bulan dan matahari

    Permasalahnnya : pengelolaan sumber energi yang kurang baik karen kurangnya sarana dan prasaran atau alat untuk memanfaatkan energi tersebut.Terbatasnya jumlah energi jika dipakai terusmenerus sprti batubara atau minyak bumi

    7. Energi celestia contohnya sperti matahari dapat digunakan sbagai sumber energi sel surya yang dapat mengubah Energi menjadi energi cahaya pada malam hari untuk penerangan

    Energi modal (yang ada di dalam bumi)dapat dimanfaatkan dalam mempermudah kehidupan sehari-hari contohnya sumber energi yang ada di bumi di jadikan bahan bakar,Pembangkit listrik dan lain-lain

    8. Konsep energi yang akan saya terapkan ialah konsep energi yang ramah lingkungan atau terbarukan yang tidak terlalu merusak keseimbangan alam dan menyesuaikan hasil produksi dengan konsumsi.dan mengelola energi baru terbarukan seperti tenaga surya dan tenaga angin, agar tetap menjaga kelestarian lingkungan untuk masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  86. NAMA : MICHAEL VIZAY SIAHAAN
    NIM : 18202098
    KELAS : 4M3
    TUGAS COMENT – PENGENDALIAN LINGKUNGAN INDUSTRI


    MK.AEE- 5. SUMBER-SUMBER ENERGI


    Menurut pendapat saya,
    Energi adalah sebuah sumber kekuatan atau tenaga yang sangat diperlukan bagi kehidupan manusia.Enegi ini memiliki banyak jenisnya seperti energi listrik, energi mekanik, energi potensial, energi nuklir dll.Pada hakekatnya manusia juga membutuhkan energi untuk dapat melakukan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari,dan itu berasal dari dalam tubuh manusia.
    Dan kita tahu banyak sumber energy yang bias menerangi malammu, sampah pun bias ! yang berupa
    1.Nuklir sejauh ini energy nuklir masih menjadi sumber energi yang paling padat dari semua sumber energi di alam ini yang bisa di kembangkan manusia
    2.Minyak
    3.energi Gelombang
    4.Sumber Energi angin
    5.batu bara
    6.Hidro Elektrik
    7.panas bumi
    9.tenaga surya

    Konsep energi yang akan saya terapkan ialah konsep energi yang ramah lingkungan atau terbarukan yang tidak terlalu merusak keseimbangan alam dan menyesuaikan hasil produksi dengan konsumsi.dan mengelola energi baru terbarukan seperti tenaga surya dan tenaga angin, agar tetap menjaga kelestarian lingkungan untuk masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  87. Nama : Bintang Kelana Putra.
    NIM : 17 202 116.
    MKE : Audit dan Efisiensi Energi.

    1. pemerasan energi (Energy blackmail) yaitu pengadaan suplai energi berharga murah, yang digunakan pula keadaan itu sebagai senjata politik untuk mencapai tujuan-tujuan politik.

    2.Hubungan antara produk nasional suatu negara terhadap konsumsi energinya dapat dilihat bahwa meningkatnya produk produk nasional ditandai dengan meningkatpula konsumsi energinya,
    Hal ini jelas produk nasional negara memiliki hubungan terhadap konsumsi energinya.

    3.Hubungan massa dengan energi dan masa dengan energi kedepannya yakni dapat dilihat bahwa jumlah massa dan energi tetap kekal dalam setiap proses konversi energi.
    Bila persamaan ini dipakai, akan memperlihatkan bahwa sejumlah kecil massa yang benar-benar ada menghasilkan sejumlah besar energi. Jadi dengan adanya energi pada suatu massa, maka dengan hal itu energi akan tersedia. Untuk masa pemakaian energi dalam jangka panjang atau ketersediannya dimasa depan erat kaitan dengan cara pengelolaannya.

    4.Hubungan antara pemakaian massa batu bara, minyak, dan nuklir salah satunya ialah pada dampak atau efek yang ditimbulkan terhadap lingkungan . Contohnya seperti batu bara untuk pembangkit listrik akan dapat meningkatkan emisi partikel, juga CO2. Sama halnya juga dengan massa minyak dan nuklir, masing-masing menimbulkan dampak pada keberlangsungan lingkungan.

    5.Klasifikasi energi yang saya ketahui yakni:
    a. Energi Mekanik digunakan untuk mengangkat atau menggerakkan suatu benda, dalam bentuk perpindahan atau kerja.
    b. Energi Listrik merupakan Jenis energi yang berkaitan dengan arus dan akumulasi elektron.
    c. Energi Elektromagnetik adalah Suatu bentuk energi yang berkaitan dengan radiasi elektromagnetik.
    d. Energi kimia merupakan energi yang keluar sebagai hasil interaksi elektron di mana dua atau lebih atom atau molekul-molekul menghasilkan senyawa kimia yang stabil.
    e. Energi nuklir merupakan bentuk energi yang ada sebagai energi tersimpan yang bisa dilepas akibat interaksi partikel dengan di dalam inti atom.

    6.Sumber-sumber energi dapat dikelompokkan dalam dua kategori umum yaitu
    a. energi perolehan (income energy) merupakan energi yang mencapai bumi dari angkasa luar, Energi perolehan termasuk di antaranya adalah energi surya dan energi bulan.
    Permasalahannya adalah Sumber energi surya memiliki permasalahan yakni energi surya ini
    Pannya tidak stabil karena pengaruh cuaca.
    b. energi modal (capitai energy) merupakan energi yang telah ada pada, atau di dalam bumi. energi modal di antaranya adalah sumber energi atom dan panas bumi (geotermal).
    Permasalahannya adalah Sumber energi nuklir memiliki permasalahan yakni dapat mencemari lingkungan akibat limbah radioaktifnya.

    7.Pemanfaatan energi dari masing-masing sumber energi yang saya ketahui yakni:
    a. Angin dimanfaatkan sebagai media untuk menggerakkan kincir angin pembangkit (turbin angin).
    b. Matahari dimanfaatkan untuk berbagai pembangkit tenaga surya, dan kesehatan makhluk hidup.
    c. Panas bumi (Geotermal) dimanfaatkan sebagai sumber energi pembangkit listrik dengan memanfaatkan panas dari bumi tersebut.
    Cadangan energi kedepan tentunya berharap pada sumber energi baru dan terbarukan seperti air, panas bumi, surya, angin dan energi gelombang air laut.

    8.Konsep energi yang akan saya terapkan adalah energi yang ramah lingkungan,dan terbarukan yang mengurangi pemakaian bahan bakar fosil,dengan mengelolah secara maksimal sumber energi yang terbarukan secara maksimal berdasarkan letak geografis negara kita.

    ReplyDelete
  88. Nama : Andri Muliadi
    Nim : 17 202 053
    Mata Kuliah : Audit dan Efisiensi Energi


    1.Energy blackmail merupakan pemerasan energi. Dengan adanya suplai energi berharga murah, digunakan pula kekayaannya itu sebagai senjata politik dan ekonomi yang potensial guna mencapai tujuan-tujuan politik yang tak akan tercapai dengan cara-cara diplomatik biasa.

    2. Hubungan antara produk nasional suatu negara terhadap konsumsi energinya adalah apabila keinginan konsumen meningkat maka sudah di pastikan penggunaan jumlah energi yang diinginkan pun meningkat dan diikuti pula dengan meningkatnya nilai produksi yang di hasilkan

    3. Hubungan massa dengan energi dan masa dengan energi kedepannya yakni dapat dilihat bahwa jumlah massa dan energi tetap kekal dalam setiap proses konversi energi. Bila persamaan ini dipakai, akan kelihatan bahwa sejumlah kecil massa yang benar-benar ada menghasilkan sejumlah besar energi. Jadi dengan adanya energi pada suatu massa, maka dengan hal itu energi akan tersedia. Untuk masa pemakaian energi dalam jangka panjang atau ketersediannya dimasa depan erat kaitan dengan cara pengelolaan dan pemberdayaannya yang baik.

    4. 4.Hubungan yang erat antara pemakaian massa batu bara, minyak, dan nuklir salah satunya ialah pada dampak kerusakan atau efek yang ditimbulkan terhadap lingkungan hidup.

    5. Klasifikasi energi yang saya ketahui yakni:
    a.Energi panas yakni energi yang dapat mengakibatkan terjadinya perubahan suhu maupun perubahan
    wujud zat tertentu.
    b.Energi listrik merupakan energi yang timbul karena adanya perpindahan muatan-muatan
    listrik.
    c.Energi kimia adalah jenis energi yang dilepaskan selama proses reaksi kimia.
    d.Energi nuklir adalah jenis energi yang dihasilkan dari proses reaksi nuklir.
    e.Energi mekanik adalah energi yang dimiliki oleh setiap benda yang bergerak.

    6. Sumber-sumber energi dapat dikelompokkan ke dalam dua kategori umum – energi celestial atau energi perolehan (income energy), yakni energi yang mencapai bumi dari angkasa luar, dan energi modal (capitai energy), yakni energi yang telah ada pada, atau di dalam bumi.
    Contoh energi celestial : elektromagnetik bintang-bintang , bulan dan matahari

    7. Pemanfaatan energi dari masing-masing sumber energi yang saya ketahui yakni:
    a.Panas bumi (Geotermal) dimanfaatkan sebagai sumber energi pembangkit listrik dengan memanfaatkan
    panas dari bumi tersebut.
    b.Angin dimanfaatkan sebagai media untuk menggerakkan kincir angin pembangkit, menggerakkan kapal
    layar, dan mempercepat pendingan benda panas.
    c.Matahari dimanfaatkan untuk berbagai pembangkit tenaga surya, sebagai
    alat pemanas, dan kesehatan makhluk hidup.
    Cadangan energi kedepan tentunya berharap pada sumber-sumber energi baru dan terbarukan (EBT)
    seperti air, panas bumi, surya, angin dan energi laut.

    8. Konsep energi yang akan saya terapkan ialah konsep energi yang ramah lingkungan atau terbarukan. Dengan mengendalikan pemakaian energi fosil secara berlebihan dengan mengambil langkah alternative lain untuk mengelola energi baru terbarukan seperti tenaga surya dan tenaga angin, agar tetap menjaga kelestarian lingkungan untuk masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  89. Nama : Herbet Darusman Sihite
    Nim : 17 202 065
    Mata Kuliah : Audit dan Efisiensi Energi


    1.Energy blackmail merupakan pemerasan energi. Dengan adanya suplai energi berharga murah, digunakan pula kekayaannya itu sebagai senjata politik dan ekonomi yang potensial guna mencapai tujuan-tujuan politik yang tak akan tercapai dengan cara-cara diplomatik biasa.

    2. Hubungan antara produk nasional suatu negara terhadap konsumsi energinya adalah apabila keinginan konsumen meningkat maka sudah di pastikan penggunaan jumlah energi yang diinginkan pun meningkat dan diikuti pula dengan meningkatnya nilai produksi yang di hasilkan

    3. Hubungan massa dengan energi dan masa dengan energi kedepannya yakni dapat dilihat bahwa jumlah massa dan energi tetap kekal dalam setiap proses konversi energi. Bila persamaan ini dipakai, akan kelihatan bahwa sejumlah kecil massa yang benar-benar ada menghasilkan sejumlah besar energi. Jadi dengan adanya energi pada suatu massa, maka dengan hal itu energi akan tersedia. Untuk masa pemakaian energi dalam jangka panjang atau ketersediannya dimasa depan erat kaitan dengan cara pengelolaan dan pemberdayaannya yang baik.

    4. 4.Hubungan yang erat antara pemakaian massa batu bara, minyak, dan nuklir salah satunya ialah pada dampak kerusakan atau efek yang ditimbulkan terhadap lingkungan hidup.

    5. Klasifikasi energi yang saya ketahui yakni:
    a.Energi panas yakni energi yang dapat mengakibatkan terjadinya perubahan suhu maupun perubahan
    wujud zat tertentu.
    b.Energi listrik merupakan energi yang timbul karena adanya perpindahan muatan-muatan
    listrik.
    c.Energi kimia adalah jenis energi yang dilepaskan selama proses reaksi kimia.
    d.Energi nuklir adalah jenis energi yang dihasilkan dari proses reaksi nuklir.
    e.Energi mekanik adalah energi yang dimiliki oleh setiap benda yang bergerak.

    6. Sumber-sumber energi dapat dikelompokkan ke dalam dua kategori umum – energi celestial atau energi perolehan (income energy), yakni energi yang mencapai bumi dari angkasa luar, dan energi modal (capitai energy), yakni energi yang telah ada pada, atau di dalam bumi.
    Contoh energi celestial : elektromagnetik bintang-bintang , bulan dan matahari

    7. Pemanfaatan energi dari masing-masing sumber energi yang saya ketahui yakni:
    a.Panas bumi (Geotermal) dimanfaatkan sebagai sumber energi pembangkit listrik dengan memanfaatkan
    panas dari bumi tersebut.
    b.Angin dimanfaatkan sebagai media untuk menggerakkan kincir angin pembangkit, menggerakkan kapal
    layar, dan mempercepat pendingan benda panas.
    c.Matahari dimanfaatkan untuk berbagai pembangkit tenaga surya, sebagai
    alat pemanas, dan kesehatan makhluk hidup.
    Cadangan energi kedepan tentunya berharap pada sumber-sumber energi baru dan terbarukan (EBT)
    seperti air, panas bumi, surya, angin dan energi laut.

    8. Konsep energi yang akan saya terapkan ialah konsep energi yang ramah lingkungan atau terbarukan. Dengan mengendalikan pemakaian energi fosil secara berlebihan dengan mengambil langkah alternative lain untuk mengelola energi baru terbarukan seperti tenaga surya dan tenaga angin, agar tetap menjaga kelestarian lingkungan untuk masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  90. Nama : Oloantanama G Siagian
    Nim : 17202056
    M.Kuliah : Audit dan Efesiensi Energi

    Jawab :

    1)Energy blackmail merupakan pemerasan energi. Dengan adanya suplai energi berharga murah, digunakan pula kekayaannya itu sebagai senjata politik dan ekonomi yang potensial guna mencapai tujuan-tujuan politik yang tak akan tercapai dengan cara-cara diplomatik biasa.

    2)Hubungan antara produk nasional suatu negara terhadap konsumsi energinya dapat dilihat bahwa peningkatan konsumsi energi final seiring dengan meningkatnya pula produk nasional tersebut. Hal ini juga menunjukan bahwa sangat pentingnya peran energi dalam aktivitas perekonomian untuk menciptakan produk nasional.

    3)Hubungan massa dengan energi dan masa dengan energi kedepannya yakni dapat dilihat bahwa jumlah massa dan energi tetap kekal dalam setiap proses konversi energi. Bila persamaan ini dipakai, akan kelihatan bahwa sejumlah kecil massa yang benar-benar ada menghasilkan sejumlah besar energi. Jadi dengan adanya energi pada suatu massa, maka dengan hal itu energi akan tersedia. Untuk masa pemakaian energi dalam jangka panjang atau ketersediannya dimasa depan erat kaitan dengan cara pengelolaan dan pemberdayaannya yang baik.

    4)Hubungan yang erat antara pemakaian massa batu bara, minyak, dan nuklir salah satunya ialah pada dampak kerusakan atau efek yang ditimbulkan terhadap lingkungan hidup. Contohnya seperti batu bara untuk pembangkit listrik akan dapat meningkatkan emisi partikel, SO2, juga CO2. Sama halnya juga dengan massa minyak dan nuklir, masing-masing menimbulkan dampak pada keberlangsungan lingkungan. Untuk pemakaian massa batu bara terus mengalami peningkatan.

    5)Klasifikasi energi yang saya ketahui yakni:
    a.Energi panas yakni energi yang dapat mengakibatkan terjadinya perubahan suhu maupun perubahan
    wujud zat tertentu.
    b.Energi listrik merupakan energi yang timbul karena adanya perpindahan muatan-muatan
    listrik.
    c.Energi kimia adalah jenis energi yang dilepaskan selama proses reaksi kimia.
    d.Energi nuklir adalah jenis energi yang dihasilkan dari proses reaksi nuklir.
    e.Energi mekanik adalah energi yang dimiliki oleh setiap benda yang bergerak.

    6)Sumber-sumber energi dapat dikelompokkan dalam dua kategori umum yaitu energi perolehan (income energy) merupakan energi yang mencapai bumi dari angkasa luar, dan energi modal (capitai energy) merupakan energi yang telah ada pada, atau di dalam bumi. Energi perolehan termasuk di antaranya adalah energi surya dan energi bulan, sedangkan sumber-sumber energi modal di antaranya adalah sumber energi atom dan panas bumi (geotermal).
    a.Sumber energi angin memiliki permasalahan yakni energi angin ini kondisinya tidak stabil kadang
    bertiup sangat kencang dan dapat mengakibatkan kerusakan.
    b.Sumber energi geothermal memiliki permasalahan yakni dapat mencemari air. Proses ekstraksi termal
    bumi telah memobilisasinya sehingga mencemari air oleh zat terkandung seperti Arsen (As), Antimon
    (Sb) dan Boron (B).

    7)Pemanfaatan energi dari masing-masing sumber energi yang saya ketahui yakni:
    a.Panas bumi (Geotermal) dimanfaatkan sebagai sumber energi pembangkit listrik dengan memanfaatkan
    panas dari bumi tersebut.
    b.Angin dimanfaatkan sebagai media untuk menggerakkan kincir angin pembangkit, menggerakkan kapal
    layar, dan mempercepat pendingan benda panas.
    c.Matahari dimanfaatkan untuk berbagai pembangkit tenaga surya, sebagai
    alat pemanas, dan kesehatan makhluk hidup.
    Cadangan energi kedepan tentunya berharap pada sumber-sumber energi baru dan terbarukan (EBT)
    seperti air, panas bumi, surya, angin dan energi laut.

    8)Konsep energi yang akan saya terapkan ialah konsep energi yang ramah lingkungan atau terbarukan. Dengan mengendalikan pemakaian energi fosil secara berlebihan dengan mengambil langkah alternative lain untuk mengelola energi baru terbarukan seperti tenaga surya dan tenaga angin, agar tetap menjaga kelestarian lingkungan untuk masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  91. Nama : Gopit Hutasoit
    Nim : 17 202 153
    Mata Kuliah : Audit dan Efisiensi Energi

    1.Energy blackmail merupakan pemerasan energi. Dengan adanya suplai energi berharga murah, digunakan pula kekayaannya itu sebagai senjata politik dan ekonomi yang potensial guna mencapai tujuan-tujuan politik yang tak akan tercapai dengan cara-cara diplomatik biasa.

    2.Hubungan antara produk nasional suatu negara terhadap konsumsi energinya dapat dilihat bahwa peningkatan konsumsi energi final seiring dengan meningkatnya pula produk nasional tersebut. Hal ini juga menunjukan bahwa sangat pentingnya peran energi dalam aktivitas perekonomian untuk menciptakan produk nasional.

    3.Hubungan massa dengan energi dan masa dengan energi kedepannya yakni dapat dilihat bahwa jumlah massa dan energi tetap kekal dalam setiap proses konversi energi. Bila persamaan ini dipakai, akan kelihatan bahwa sejumlah kecil massa yang benar-benar ada menghasilkan sejumlah besar energi. Jadi dengan adanya energi pada suatu massa, maka dengan hal itu energi akan tersedia. Untuk masa pemakaian energi dalam jangka panjang atau ketersediannya dimasa depan erat kaitan dengan cara pengelolaan dan pemberdayaannya yang baik.

    4.Hubungan yang erat antara pemakaian massa batu bara, minyak, dan nuklir salah satunya ialah pada dampak kerusakan atau efek yang ditimbulkan terhadap lingkungan hidup.

    5.Klasifikasi energi yang saya ketahui yakni:
    -Energi Mekanik Didefiniskan sebagai suatu energi yang dapat digunakan untuk mengangkat (menggerakkan) suatu benda, dalam bentuk transisional (perpindahan) disebut dengan kerja.
    -Energi Listrik merupakan Jenis energi yang berkaitan dengan arus dan akumulasi elektron
    -Energi Elektromagnetik adalah Suatu bentuk energi yang berkaitan dengan radiasi elektromagnetik
    -Energi kimia merupakan energi yang keluar sebagai hasil interaksi elektron di mana dua atau lebih atom dan/ atau molekul-molekul berkombinasi menghasilkan senyawa kimia yang stabil.
    -Energi nuklir merupakan bentuk energi yang ada sebagai energi tersimpan yang bisa dilepas akibat interaksi partikel dengan di dalam inti atom
    - Energi Panas (Termal) adalah Bentuk energi dasar dengan arti kata, semua bentuk energi lain dapat dikonversi secara penuh ke energi ini.

    6.Sumber-sumber energi dapat dikelompokkan dalam dua kategori umum yaitu energi perolehan (income energy) merupakan energi yang mencapai bumi dari angkasa luar, dan energi modal (capitai energy) merupakan energi yang telah ada pada, atau di dalam bumi. Energi perolehan termasuk di antaranya adalah energi surya dan energi bulan, sedangkan sumber-sumber energi modal di antaranya adalah sumber energi atom dan panas bumi (geotermal).

    7 .Pemanfaatan energi dari masing-masing sumber energi yang saya ketahui yakni:
    -Panas bumi (Geotermal) dimanfaatkan sebagai sumber energi pembangkit listrik dengan memanfaatkan panas dari bumi tersebut.
    -Angin dimanfaatkan sebagai media untuk menggerakkan kincir angin pembangkit, menggerakkan kapal layar, dan mempercepat pendingan benda panas.
    -Matahari dimanfaatkan untuk berbagai pembangkit tenaga surya, sebagai
    alat pemanas, dan kesehatan makhluk hidup.
    Cadangan energi kedepan tentunya berharap pada sumber-sumber energi baru dan terbarukan (EBT)seperti air, panas bumi, surya, angin dan energi laut.

    8.Konsep energi yang akan saya terapkan ialah konsep energi yang ramah lingkungan atau terbarukan. Dengan mengendalikan pemakaian energi fosil secara berlebihan dengan mengambil langkah alternative lain untuk mengelola energi baru terbarukan seperti tenaga surya dan tenaga angin, agar tetap menjaga kelestarian lingkungan untuk masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  92. Nama :fandy ramadhan
    Nim :17202109

    1. Energy blackmail Adalah Pemerasan energi karena konsumsi(penggunaan) energi yang kelihatannya berhubungan langsung dengan tingkat kehidupan penduduk serta derajat industrialisasi suatu negara.

    2. Hubungan antara produk nasional suatu negara terhadap konsumsi energinya adalah apabila keinginan konsumen meningkat maka sudah di pastikan penggunaan jumlah energi yang diinginkan pun meningkat dan diikuti pula dengan meningkatnya nilai produksi yang di hasilkan

    3. jumlah massa dan energi mesti tetap kekal dalam setiap proses konversi energi. Bila persamaan ini dipakai, akan kelihatan bahwa sejumlah kecil massa yang benar-benar ada menghasilkan sejumlah besar energi.


    4. Hubungan yang erat antara pemakaian massa batu bara, minyak, dan nuklir salah satunya ialah pada dampak kerusakan atau efek yang ditimbulkan terhadap lingkungan hidup

    5. A. energi mekanik : energi yang dimiliki oleh sebuah benda karena gerakannya
    B. energi listrik : energi utama yang dibutuhkan bagi peralatan listrik / energi yang tersimpan dalam arus listrik
    C. energi elektromagnetik :gelombang yang memancar tanpa media rambat yang membawa muatan energi listrik dan magnet (elektro magnetik)
    D. energi kimia : energi yang terdapat dalam senyawa-senyawa kimia
    E. energi nuklir : energi yang terdapat dalam senyawa-senyawa kimia potensial yang terdapat pada partikel di dalam nukleus atom.
    F. energi panas (termal) : semua kemampuan yang terjadi akibat adanya pengaruh panas. matahari merupakan sumber energi utama di bumi.

    6. Sumber-sumber energi dapat dikelompokkan ke dalam dua kategori umum – energi celestial atau energi perolehan (income energy), yakni energi yang mencapai bumi dari angkasa luar, dan energi modal (capitai energy), yakni energi yang telah ada pada, atau di dalam bumi.
    Contoh energi celestial : elektromagnetik bintang-bintang , bulan dan matahari

    Permasalahnnya : pengelolaan sumber energi yang kurang baik karen kurangnya sarana dan prasaran atau alat untuk memanfaatkan energi tersebut.Terbatasnya jumlah energi jika dipakai terusmenerus sprti batubara atau minyak bumi

    7. Energi celestia contohnya sperti matahari dapat digunakan sbagai sumber energi sel surya yang dapat mengubah Energi menjadi energi cahaya pada malam hari untuk penerangan

    Energi modal (yang ada di dalam bumi)dapat dimanfaatkan dalam mempermudah kehidupan sehari-hari contohnya sumber energi yang ada di bumi di jadikan bahan bakar,Pembangkit listrik dan lain-lain

    8. Konsep energi yang akan saya terapkan ialah konsep energi yang ramah lingkungan atau terbarukan yang tidak terlalu merusak keseimbangan alam dan menyesuaikan hasil produksi dengan konsumsi.dan mengelola energi baru terbarukan seperti tenaga surya dan tenaga angin, agar tetap menjaga kelestarian lingkungan untuk masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  93. Nama : Muhammad Andika
    NIM. : 17 202 130
    M.Kuliah: Audit dan Efisiensi Energi

    1. Energy blacmail adalah Pemerasan Energi,dimana Penggunaan Energi yang dimiliki untuk Mencapai tujuan-tujuan politik yang tidak akan tercapai dengan cara-cara diplomatik biasa.

    2. Hubungan antara produk nasional suatu negara dengan terhadap konsumsi energinya yaitu berbanding lurus dimana apabila produk nasional suatu negara meningkat maka konsumsi energi negara tersebut akan meningkat,dan apabila produk nasional suatu negara menurun maka konsumsi energi negara tersebut akan menurun pula.

    3. Hubungan massa dengan energi dan masa depan dengan energi kedepan adalah jumlah massa dan energi mesti tetap kekal dalam setiap proses konversi energi,Maka sejumlah massa akan Menghasilkan energi yang akan berguna untuk masa depan energi kedepan.

    4. Perbandingan antara pemakaian masa batubara, minyak dan unklir untuk daya pembangkit yang sama yaitu memiliki keuntungan Dan kerugiannya masing Masing,dimana lebih mengarah kepada kerusakan lingkungan apabila penanganan nya tidak tepat,apabila penggunaan batu bara dan minyak akan merusak kualitas udara dan efek rumah kaca ,sedangkan pemakaian massa batu bara akan menimbulkan kerusakan lingkungan akibat bahan" atomnya.

    5. Klasifikasi energi ada enam :
    1. Energi mekanik,
    Energi mekanik ialah merupakan suatu energi total yang dimiliki suatu benda dimana merupakan penjumlahan antara energi potensial dengan energi kinetik. 
    2. Energi listrik, 
    Energi listrik adalah energi yang timbul akibat pergerakan elektron bermuatan negatif pada suatu penghantar
    3. Energi elektromagnetik,
    Energi elektromagnetik adalah energi yang memancar tanpa media rambat yang membawa muatan energi listrik dan magnet (elektromagnetik). 
    4. Energi kimia,
    Energi kimia adalahenergi yang dihasilkan dikarenakan reaksi suatu zat yang menghasilkan energipanas, kinetik atau energi potensial. 
    5.  Energi nuklir dan
    Energi nuklir adalah energi yang terdapat pada partikel di dalam nukleus atom. 
    6.  Energi panas (termal).
    energi panas adalah semua kemampuan yang terjadi akibat adanya pengaruh panas. 

    6. Sumber-sumber energi dapat dikelompokkan ke dalam dua kategori umum yaitu
    a. energi celestial atau energi perolehan (income energy), yakni energi yang mencapai bumi dari angkasa luar, dan
    b. Energi modal (capitai energy), yakni energi yang telah ada pada, atau di dalam bumi.

    Permasalahan Sumber energi tersebut yaitu untuk menghasilkan energi tersebut dari sumber energinya,masih blum terkontrol dengan baik,yang akan memberikan dampak-dampak negatif terhadap lingkungan.


    7. Pemanfaatan energi dari masing-masing sumber energinya :
    1.Energi celestial atau energi perolehan
    Dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi seperti energi Surya untuk menghasilkan listrik.
    2. Energi modal (capitai energy)
    Dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan manusia,seperti penggunaan batu bara, Penggunaan minyak bumi dan lain"

    8. Konsep energi yang akan saya terapkan adalah Konsep dimana dalam proses dan pemanfaatan energi tersebut harus mengarah kepada dampak-dampak positif yang Akan ditimbulkan,baik dalam bidang Ekonomi dan terhadap lingkungan.

    ReplyDelete
  94. Nama : Chandro Dicky Laoli
    Nim : 18202097
    M . Kuliah : Audit dan efisiensi energi

    1 . Energi Blacmail adalah pemerasan energi (Energy blackmail) yaitu pengadaan suplai energi berharga murah, yang digunakan pula keadaan itu sebagai senjata politik untuk mencapai tujuan-tujuan politik.

    2 . Hubungan antara produk nasional suatu negara terhadap konsumsi energinya dapat dilihat bahwa peningkatan konsumsi energi final seiring dengan meningkatnya pula produk nasional tersebut. Hal ini juga menunjukan bahwa sangat pentingnya peran energi dalam aktivitas perekonomian untuk menciptakan produk nasional.

    3. Hubungan massa dengan energi dan masa dengan energi kedepannya yakni dapat dilihat bahwa jumlah massa dan energi tetap kekal dalam setiap proses konversi energi. Bila persamaan ini dipakai, akan kelihatan bahwa sejumlah kecil massa yang benar-benar ada menghasilkan sejumlah besar energi. Jadi dengan adanya energi pada suatu massa, maka dengan hal itu energi akan tersedia. Untuk masa pemakaian energi dalam jangka panjang atau ketersediannya dimasa depan erat kaitan dengan cara pengelolaan dan pemberdayaannya yang baik.

    4 . Hubungan yang erat antara pemakaian massa batu bara, minyak, dan nuklir salah satunya ialah pada dampak kerusakan atau efek yang ditimbulkan terhadap lingkungan hidup. Contohnya seperti batu bara untuk pembangkit listrik akan dapat meningkatkan emisi partikel, SO2, juga CO2. Sama halnya juga dengan massa minyak dan nuklir, masing-masing menimbulkan dampak pada keberlangsungan lingkungan. Untuk pemakaian massa batu bara terus mengalami peningkatan.

    5 . Klasifikasi Energi :
    * energi listrik : energi utama yang dibutuhkan bagi peralatan listrik / energi yang tersimpan dalam arus listrik
    *energi elektromagnetik :gelombang yang memancar tanpa media rambat yang membawa muatan energi listrik dan magnet (elektro magnetik)
    * energi kimia : energi yang terdapat dalam senyawa-senyawa kimia
    * energi nuklir : energi yang terdapat dalam senyawa-senyawa kimia potensial yang terdapat pada partikel di dalam nukleus atom.
    * energi panas (termal) : semua kemampuan yang terjadi akibat adanya pengaruh panas. matahari merupakan sumber energi utama di bumi.

    6 . Sumber-sumber energi dapat dikelompokkan dalam dua kategori umum yaitu energi perolehan (income energy) merupakan energi yang mencapai bumi dari angkasa luar, dan energi modal (capitai energy) merupakan energi yang telah ada pada, atau di dalam bumi. Energi perolehan termasuk di antaranya adalah energi surya dan energi bulan, sedangkan sumber-sumber energi modal di antaranya adalah sumber energi atom dan panas bumi (geotermal).
    * Sumber energi angin memiliki permasalahan yakni energi angin ini kondisinya tidak stabil kadang
    bertiup sangat kencang dan dapat mengakibatkan kerusakan.
    * Sumber energi geothermal memiliki permasalahan yakni dapat mencemari air. Proses ekstraksi termal. bumi telah memobilisasinya sehingga mencemari air oleh zat terkandung seperti Arsen (As), Antimon (Sb) dan Boron (B).

    7 . Pemanfaatan energi dari masing-masing sumber energi yang saya ketahui yakni:
    * Panas bumi (Geotermal) dimanfaatkan sebagai sumber energi pembangkit listrik dengan memanfaatkan panas dari bumi tersebut.
    * Angin dimanfaatkan sebagai media untuk menggerakkan kincir angin pembangkit, menggerakkan kapal layar, dan mempercepat pendingan benda panas.
    * Matahari dimanfaatkan untuk berbagai pembangkit tenaga surya, sebagai
    alat pemanas, dan kesehatan makhluk hidup.
    * Cadangan energi kedepan tentunya berharap pada sumber-sumber energi baru dan terbarukan (EBT)seperti air, panas bumi, surya, angin dan energi laut.

    8 . Konsep energi yang akan saya terapkan ialah konsep energi yang ramah lingkungan atau terbarukan yang tidak terlalu merusak keseimbangan alam dan menyesuaikan hasil produksi dengan konsumsi.dan mengelola energi baru terbarukan seperti tenaga surya dan tenaga angin, agar tetap menjaga kelestarian lingkungan untuk masa yang akan datang.



    ReplyDelete